alexa-tracking

Harga Tiket Pesawat Poso-Makassar Melambung, Penumpang Mengeluh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aefe4eaa2c06ec6688b4567/harga-tiket-pesawat-poso-makassar-melambung-penumpang-mengeluh
Harga Tiket Pesawat Poso-Makassar Melambung, Penumpang Mengeluh
POSO, KOMPAS.com - Tingginya harga tiket pesawat terbang Wings Air rute Poso-Makassar dalam dua pekan terakhir membuat penumpang mengeluh.

Untuk menghindari harga tiket yang tinggi jika berangkat dari Poso, penumpang ada yang memilih berangkat melalui Bandara Mutiara di Palu.

Harga tiket pesawat untuk Poso-Makassar sejak pertengahan April hingga awal Mei 2018 tembus Rp 1.449.000, sedangkan dari Makassar–Poso mencapai Rp 1.500.000.

Nurmiati (30), penumpang asal Poso, mengatakan bahwa tingginya harga tiket rute Poso-Makassar membuatnya harus menunda perjalanan sambil menunggu harga tiket kembali normal. Biasanya, kata dia, harga tiket Poso-Makassar lebih kurang Rp 600.000.

Namun, jika tak dapat menunda atau harus segera ke Makassar, Nurmiati akan naik mobil travel ke Palu dan terbang melalui Bandara Mutiara.

Sebab, harga tiket ke Makassar dari Palu jauh lebih murah, yakni Rp 400.000 ditambah tarif sewa travel Rp 110.000.

"Ini sudah keterlaluan,harga tiket pesawat di Poso sudah sangat mahal, sedangkan kalau di Palu harga tiketnya jauh lebih murah tiga kali lipat meskipun harus naik mobil dulu, tetapi kalau lagi tidak ada uang ya, terpaksa harus lewat Palu saja," ujar Nurmiati.

Baca juga : Antisipasi Harga Tiket Pesawat Tidak Wajar, Dishub Papua Buka Pos Pengaduan

Sementara itu, Manajer Wings Air Poso, Firdaus, Minggu (6/5/2018), membenarkan adanya kenaikan harga yang cukup signifikan dalam dua pekan terkahir untuk tiket pesawat Poso-Makassar.

Menurut dia, harga tiket pesawa Wings Air untuk Poso–Makassar mencapai angka Rp 1.449.000, sedangkan harga normal pada kisaran Rp.600.000.

‘’Kami di perusahaan hanya menjalankan apa yang menjadi kebijakan dari pimpinan pusat. Nah itulah yang kami terapkan berdasarkan petunjuk yang ada, kalau penyebab kenaikan sendiri saya belum tau pasti, namun kalau dari perusahaan masih sementara dievaluasi termasuk salah satunya masalah biaya bahan bakar yang mengalami kenaikan,’’ ujar Firdaus.

Ia juga menyampaikan, terjadi penurunan jumlah penumpang yang signifikan, yakni 70 persen hingga 80 persen setelah kenaikan harga tiket.

Ia mengakui, sejak kenaikan harga tiket rute Poso–Makassar, banyak penumpang yang memilih terbang melalui Bandara Mutiara Palu mengingat harga tiket Palu–Makassar hanya berkisar Rp 400.000


‘’ Saya sudah melaporkan penurunan penumpang ini kepada pimpinan pusat, kita tinggal menunggu kapan dan apakan akan kembali normal harga tiket Poso-Makassar atau sebaliknya mengingat musim libur mudik tinggal satu bulan lebih,’’ kata dia.

Pihak Wings Air cabang Bandara Kasiguncu Poso berharap, kenaikan harga yang cukup signifikan dalam dua pekan terakhir secepatnya bisa kembali normal. Jika hal tersebut bertahan hingga liburan mudik Lebaran, tidak menutup kemungkinan warga Poso memilih jalur penerbangan yang lebih murah yaitu Palu-Makassar.

https://regional.kompas.com/read/201...mpang-mengeluh

Teman teman aku heran deh. Ini apakah wings air yg kebanyakan slot izin dari menhub apa emang garuda yg malas explore daerah daerah perintis Indonesia? Rute rute perintis Indonesia hampir 90% dikuasai wings air lho. Kenapa Garuda ga mau ambil rute perintis seperti wings air juga ya? Seperti bajawa kupang, ende kupang, manokwari fakfak dan lain lain. Wings air ada dimana mana emoticon-Matabelo
image-url-apps
pinjam becak listrik anies sandi aja
image-url-apps
Bukan jalur flight gemuk kali
Liat aja singapore, jalurnya padat maka otomatis harga tiket rendah, segitu udah dapet geruda emoticon-Wink
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Tapi agan bayangin rute selayar makassar misalnya, cuma dilayanin wings dan itupun jadwalnya 1 kali sehari. Apa ga untung banget ya wings air? Invasi Lion Group emang gila gilaan nih emoticon-Hammer2
image-url-apps
Strateginya garuda emang gak jelas. Dulu awal mula mendirikan citilink itu kan sebenernya mau dijadiin seperti wing air nya lion, melayani penerbangan kota2 kecil. Tapi sekarang citilink manajemennya berdiri sendiri dan garuda malah beli ATR untuk melayani kota kecil, itupun ngga se masif wings dan yg pasti harganya kurang kompetitif.
image-url-apps


Quote:


katanya denger2 ni ya, si liong group dpt uang byk bs beli ratusan pswt tu krn dukungan Singapor Airlines bt ngerusak bisnis garuda.
Singapor pny bisnis pswt murah macam liong tp g berkembang krn g kompetitif, melihat pasar indonesia sgt enak tp g bs masuk krn hrs org lokal yg boleh main di indonesia, makanya pake lah liong.

Garuda juga terlalu ambisus, setelah dpt skytrack bintang 5 mereka go eropa, buka first class dan mw buka rute jakarta tokyo los angles
eh keteteran mereka skg, pdhl pemain2 besar sekelas SIA, JAL, BA, LH mulai geser business class yg dlu kelas kedua jd kelas paling top dan kelas business dganti premium ekonomi, hilangin first class krn dr 6 kursi terkadang maximal cm 1-2 penumpang it pun g tiap penerbang. pemborosan.
garuda malah ngenalin first class..rugi lah
makanya daerah timur g bs dgarap maximal, krn manajemen hrs efisiensi, buka rute butuh biaya. aplg garuda kelas premium, maka klo ad customer premium hrs dksh tempat khusus (lounge) dan butuh biaya lbh besar drpd si liong
×