alexa-tracking

Holy Roman Empire 1155-1273 Bagian Ke II Hohenstaufen - Interregnum

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeee639a2c06ebc5d8b456a/holy-roman-empire-1155-1273-bagian-ke-ii-hohenstaufen---interregnum
icon-hot-thread
Holy Roman Empire 1155-1273 Bagian Ke II Hohenstaufen - Interregnum
Holy Roman Empire 1155-1273 Bagian Ke II Hohenstaufen - Interregnum

Kekaisaran Romawi Suci ( bahasa Latin : Sacrum Romanum Imperium ; Jerman : Heiliges Römisches Reich ) adalah sebuah kekaisaran yang diisi oleh bangsa-bangsa yang multi-etnis di Eropa Tengah dan berkembang selama Abad Pertengahan Awal dan berlanjut sampai pembubarannya pada tahun 1806. Wilayah terluas dari kekaisaran setelah tahun 962 adalah Kerajaan Jerman yang digabung dengan Kerajaan Bohemia , Kerajaan Burgundia , Kerajaan Italia , dan banyak wilayah lainnya.

Holy Roman Empire 1155-1273 Bagian Ke II Hohenstaufen - Interregnum

Wilayah Holy roman Emperor dibawah dinasty Hohenstaufen


Quote:


Spoiler for Naiknya Hohenstaufen dan Frederick Barbarossa:


Spoiler for Frederick II dan bangkitnya pangeran wilayah:


Spoiler for Golden Bull dan kekosongan tahta:


Selama masa dari Dinasty Hohenstaufen hingga kekosongan tahta, kaisar Romawi umumnya memiliki hubungan yang naik turun dengan gereja, masing-masing memiliki ambisi maupun kepentingannya masing-masing.
Periode ini pula menandakan awal dari akhir abad pertengahan, dimana kelak setelah abad pertengahan berakhir, akan muncul banyak reformasi, baik didalam kekaisaran HRE maupun tanah eropa dibelahan lainnya.

Sumber
Sumber
sumber
Ordo Teutonic juga membantu HRE kan dalam pertempuran di wilayah timur hingga rusia ??
Gimana sih detail hubungan ordo teutonic dengan HRE ? Apa mereka punya hak politik ? Kenapa bisa lenyap ordo teutonic ? Padahal diantara smua ordo militer, teutonic y paling kuat
Quote:


teutonic aslinya juga tentara jerman yang didirikan untuk membantu perang salib. kebanyakan awalny dibentuk secara sukarela.
pas tahun berapa ane lupa mereka dikasih wewenang buat mengelola tanah sendiri, beserta sistem monastik mereka sendiri, sempat memang dipake buat invansi militer oleh HRE, tapi seiring berjalannya zaman mereka mulai berkurang pengaruh militernya, belakangan malah jadi ordo yayasan amal.
Seberapa besar pengaruh teutonic utk HRE ? Hubungan HRE dengan teutonic gimana gan detail nya ?
Quote:


seberapa besar? membantu dalam melawan raja2 yg berselisih melawan HRE. Contohnya, lawan poland. Tapi akhirnya poland juga beraliansi dhmgn HRE sehingga teutonic kehilangan dukungan.
Mereka ini mirip mercenary, mercenary rasa duke karena punya wilayah yang luas, tapi di akhir waktunya, satu persatu wilayah hilang karena direbut dan mulai kehilangan hegemoni. Hingga akhirnya jd badan amal dan sekarang jadi organisasi murni religius
Quote:


lebih mirip fpi lah kalo sekarang, karena mereka gak dibayar dengan uang tapi hak untuk menyebarkan agama kristen dan mempersekusi pagan atau sekte yang mereka anggap sesat. Mereka juga kalah karena masih berperang dengan cara lama sedangkan bangsa eropa pada saat itu sudah mulai menggunakan bubuk mesiu
Quote:


mereka juga dapat economy dalam bentuk tanah maupun harta terima kasih dari pihak yg dibantu loh dan bisa mengusahakan tanah tsb, bahkan malah spt kerajaan loh, tapi ya tanpa raja dan tidak diakui, tapi mereka memiliki yuridiksi sendiri.
ane nyimak gan
Kalo teutonic awal nya buat kristenisasi orang scandinavia sama orang-orang di wilayah lithuania sekarang gan
nice thread gan. mau tanya fredrick barbarossa itu maju keperang salib salah satu faktornya karena berseteru dengan pope kah? dan sayang banget seorang raja tewas karena tenggelam..
Quote:


awalny dia mank berseteru dgn paus, tapi kemudian dia berdamai dgn alexander, baru maju perang salib, gabisa dikatakan barbarosa terpaksa, pada zaman itu, umum bagi raja eropa pergi berperang ke jerusalem, salah satunya ya karena motif agama.
Iya sayang bgt, matinya hanyut lagi, salah dia juga, berenang pake armor, gimana ga tenggelam...
Quote:


wajar lah, wong ke jerusalem lewat darat, panas bukan main, haus berhari hari. liat sungai ya kalap emoticon-Ngakak
Quote:


masih jauh dari jerusalem itu tkp nya.

itu karena takut dibokong oleh skirmisher negara tetangga yang usil sehingga ia terpaksa pakai armor. eh kudanya meleset. tragis nyemplung dan tewas. padahal banyak bodyguard tentunya di crossing. i guess ada harness yang nyangkut atau apa sehingga tidak bisa cepat-cepat diangkat ketika jatuh.
Quote:


Quote:


Takut dibokong, berarti disaat itu dia masih banyak musuhnya ya? Apa karena dia takut ditangkap dan dijadikan tebusan sperti richard si hati singa?
Quote:


well kemungkinan takut dipanah, or you know, hashashin attemp, etc.

cek di wiki deh itu di asia kecil dekat dengan kastil friendly juga. gak ada alasan pakai armor kecuali untuk alasan keamanan pribadi.
Quote:

lewat darat dan harus melalui constantinopel+asia kecil berarti melewati daerah musuhnya

persaingan kaisar barat vs kaisar timur, si fredie tahu Byzantine turut bantu city state italy membangkang thd HRE, juga Byzantine tahu musuh2nya (serbia-bulgar) menjalin kontak dg fredie. sejak masuk daerah byzantin di serbia, pasukan fredie uda berkali2 dipersulit oleh byzantin dari raid hingga ga dikasih nyebrang, juga aliansi rahasia isasc+saladin guna menghambat pergerakan pasukan fredie (Isacc melanggar janjinya melalui utusan yg bertemu fredie di Nurnberg). sampai asia kecil bertubi2 di raid Saljuk Rum (Saljuk Rum melanggar kesepakatan dg Fredie utk membiarkannya lewat) habis sudah kesabaran fredie & pasukannya serbu iconium.

klo Richard ditangkap karena permainan politiknya di tanah suci membuatnya banyak musuh.
terus terang HRE itu topik yg menarik bgt.. sistem kekasirannya unik... well ditunggu sampe tuntas gan tulisannya
Quote:


iya. pada akhirnya richard perang sendirian, pdhl saat itu digadang2 sbg perang salib terbesar dari yg sebelum2nya
Quote:


"Richard, [then] duke of Aquitaine, the son of the king of England, remained with Philip, the King of France, who so honored him for so long that they ate every day at the same table and from the same dish, and at night their beds did not separate them. And the king of France loved him as his own soul; and they loved each other so much that the king of England was absolutely astonished and the passionate love between them and marveled at it."

"In fact, Richard was engaged to Alice, Philip’s sister for a while. However, he ended up renouncing her and spreading a rumour that she was having an affair and had given birth to an illegitimate child. Richard also married his wife, Berengaria of Navarre, while he was still betrothed to Philip’s sister. "
Quote:


emoticon-Ngakak (S)
Pernah baca tentang ini emoticon-Ngakak (S)
Tapi ada yg bilang hal itu wajar saat itu sebagai bentuk pernyataan aliansi yang kuat, tapi ya gatau juga yak emoticon-Ngakak (S)
Bisa aja benar2 gay emoticon-Ngakak (S)