alexa-tracking

Benamkan Arema, Derbi Jawa Timur Milik Persebaya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeedaa6dcd770294a8b4568/benamkan-arema-derbi-jawa-timur-milik-persebaya
Benamkan Arema, Derbi Jawa Timur Milik Persebaya
Benamkan Arema, Derbi Jawa Timur Milik Persebaya

Persebaya Surabaya keluar sebagai pemenang dalam laga bertajuk 'Derbi Jawa Timur'. Menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo pada pekan ketujuh Go-Jek Liga 1, Minggu (6/5/2018), 'Bajul Ijo' menang dengan skor 1-0. 

Satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut dicetak oleh Misbakus Solikin pada menit ke-82. Tambahan tiga poin membuat Persebaya bertengger di peringkat ke-3 dengan koleksi 11 angka. Sedangkan, 'Singo Edan' tertahan di posisi ke-17 setelah mengemas 5 poin. 





Tribune Stadion Gelora Bung Tomo didominasi warna hijau. Sebelum pertandingan dimulai, di bawah teriknya matahari, puluhan ribu Bonek satu suara menyanyikan lagu kebanggaan sebagai bentuk dukungan bagi Persebaya dan teror untuk sang lawan.

Ambisi besar Arema untuk mencuri poin tercermin dalam daftar starting XI. Pelatih Joko Susilo memainkan skuat dan skema dasar yang sama ketika mereka mengalahkan Persipura Jayapura pada pekan sebelumnya. Pemain macam M. Rafli dan Rivaldi Bauwo turun sejak menit pertama. 

Sementara itu, Persebaya dilanda kesulitan manakala dua bek inti mereka, Octavio Dutra dan Rachmat Irianto, belum bisa dimainkan lantaran masih cedera. Maka itu, pelatih Alfredo Vera memilih duet M.Syaifuddin dan Fandry Imbiri di pos bek sentral. 

Yang paling vital adalah keputusan Vera menunjuk Rishadi Fauzi sebagai target man dan menyimpan pencetak gol terbanyak mereka, David da Silva, di bangku cadangan. 





Perubahan yang dilakukan Vera tidak membuat Persebaya kesulitan menekan Arema. Pada menit ke-10, mereka sudah mendapatkan peluang di dalam kotak penalti lewat aksi individual Ferinando Pahabol. Namun, tembakan kerasnya masih menggelinding di samping gawang.

Tiga menit berselang, Persebaya hampir mencetak gol andai tembakan Pahabol tidak bisa dihentikan oleh Utam Rusdiana. Setelah itu, Persebaya terus menebar ancaman di pertahanan Arema. Namun, dengan begitu baik, barisan bertahan Arema sanggup mengadang serangan-serangan lawannya.

Arema yang memutuskan bermain di kedalaman sulit untuk mengembangkan permainan. Mereka cuma mengandalkan serangan balik dan itu pun tidak terlalu efektif untuk menimbulkan prahara di pertahanan Persebaya.

Menginjak menit ke-42, Rishadi bisa melepaskan tembakan keras di sisi kiri pertahanan Arema. Tapi, Utam yang bermain spesial masih dapat menjangkau bola dengan tangannya. Skor 0-0 pun terpajang sampai babak pertama selesai.





Tidak ada perubahan yang dilakukan kedua pelatih saat memasuki babak kedua. Hal tersebut mengawetkan dominasi Persebaya atas Arema di atas lapangan. Distribusi umpan mengalir dengan baik ke pertahanan Arema dan serangan-serangan Persebaya pun makin lama makin tajam. 

Namun, rapatnya barisan Arema membuat Persebaya sulit mencetak gol. Demi mengakhiri kebuntuan, Vera memasukkan Silva dan Irfan Jaya. Keputusan tersebut terbukti mampu meningkatkan agresivitas serangan Rendi Irwan dan kolega. 

Peluang terbaik Persebaya tercipta pada menit ke-72. Robertino Pugliara dapat menguasai bola liar hasil sepakan Silva. Ketika sudah berhadapan satu lawan satu dengan Utam, Pugliara tidak bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Sepakan kerasnya masih melebar di atas gawang. 

Gol yang dinantikan Bonek baru datang di menit ke-82. Sodoran umpan silang Pugliara dari sisi kanan tidak bisa dihalau dengan sempurna oleh pemain belakang Arema. Bola yang menggelinding ke lini kedua dapat disambar oleh Misbakus lewat tembakan keras mendatar.

Skor 1-0 bagi Persebaya terpampang sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda laga berakhir. 





Sumber : https://kumparan.com/@kumparanbola/b...ilik-persebaya

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Benamkan Arema, Derbi Jawa Timur Milik Persebaya Benamkan Arema, Derbi Jawa Timur Milik Persebaya

- Benamkan Arema, Derbi Jawa Timur Milik Persebaya Tendang Pemain Persebaya, Arif Suyono Didenda Rp10 juta

- Benamkan Arema, Derbi Jawa Timur Milik Persebaya Gol Menit Akhir Hamka Bawa Sriwijaya Bungkam Bali United 4-3

×