alexa-tracking

CFD tak lagi diganggu kegiatan politik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeec84ddad7701c068b457d/cfd-tak-lagi-diganggu-kegiatan-politik
CFD tak lagi diganggu kegiatan politik
CFD tak lagi diganggu kegiatan politik
Sejumlah warga beraktivitas saat berlangsung Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/4/2018).
Pekan lalu, pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day/CFD) di Jakarta, Minggu (29/4/2018) terjadi insiden bermuatan politik yang cukup menyita perhatian masyarakat.

Sebabnya, ada video viral yang memuat rekaman sekelompok orang yang memakai kaus bertuliskan "#2019GantiPresiden" melontarkan ejekan kepada seorang ibu dan anak lelakinya. Ibu tersebut menggunakan kaus bersablon "Dia Sibuk Kerja", yang menunjukkan dirinya adalah pendukung Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Peristiwa itupun mencoreng CFD yang pada awalnya diselenggarakan untuk mengurangi polusi udara serta mengajak warga untuk beraktivitas dengan bebas di jalan protokol Ibu Kota.

Guna mengantisipasi hal yang sama kembali terjadi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengambil langkah tegas.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengerahkan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI untuk menjaga dan mengawal kegiatan masyarakat di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat mulai Minggu (6/5/2018).

"Satpol PP kemarin sudah saya brief. Dishub DKI sebagaileading sector juga sudah saya brief. Jadi CFD tanggal 6 Mei, jadi ujian kita," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (4/5) seperti dikutip Beritasatu.

Alhasil, hari ini pengamanan ketat dari kepolisian Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat, dan Polres Jakarta Selatan terlihat di sepanjang jalan Patung Kuda hingga kawasan Bundaran HI.

Aparat kepolisian yang terdiri dari tiga dan empat orang, berada di pinggir jalan dengan jarak sekitar 10 meter.

Tak hanya berdiam diri, personel dari kepolisian tersebut juga berjalan dan mengamati setiap pejalan kaki yang melintas. Di sepanjang bundaran HI pun tak tampak ditemukan orang yang menggunakan kaus berbau politik. Para pengguna jalan juga beraktivitas seperti biasa seperti jalan santai, lari, atau bersepeda.

Terlihat juga para pedagang seperti biasa menjual barang-barang dagang mereka di area CFD.

Selain dilakukan di sejumlah titik di kawasan CFD, ada juga kepolisian yang berpatroli secara keliling, baik berjalan kaki maupun mengenakan sepeda. Bahkan, ada pula anggota kepolisian yang mengenakan pakaian biasa melakukan patroli di kawasan CFD, seperti anggota Polres Jakarta Selatan yang melakukan pengamanan sambil berolah raga.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pengamanan itu dilakukan agar massa #2019GantiPresiden tak memasuki kawasan Car Free Day yang ada di sepanjang Sudirman-Thamrin, Jakarta. Sebab, kegiatan CFD itu dilarang digunakan untuk kepentingan diluar ketentuan."Kita sudah kerahkan personel untuk melakukan pengamanan di CFD, kita harapkan CFD digunakan sebaik-baiknya sesuai ketentuannya," katanya pada wartawan, Minggu (6/5/2018).

Meski demikian, bukan berarti tak ada sama sekali simpatisan kelompok-kelompok tertentu yang terlihat selama CFD berlangsung hari ini.

Massa #2019GantiPresiden sempat memadati kawasan Patung Kuda, Jalan Silang Monas Barat Daya, Gambir, Jakarta Pusat untuk melakukan aksi deklarasinya. Namun, hal tersebut langsung ditangani oleh pihak keamanan.

Sedangkan kelompok relawan Jokowi yang baru akan menggelar senam sehat di area patung Kuda Arjuna Wiwaha, Monas, Jakarta Pusat, langsung dipindahkan oleh petugas.

"Kami digeser sama pihak kemanan ke depan Kedubes AS," kata Koordinator Relawan Jokowi Cecep Handoko pada Medcom.id, Minggu (6/52018).

Cecep menuturkan, semula relawan sudah siap melakukan senam sehat yang bertajuk #DILAN_jutkan 2019 itu di area CFD. Hanya saja pihak keamanan menghampiri dan meminta mereka pindah tempat dengan alasan keamanan.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang ditandatangani Gubernur DKI yang saat itu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kegiatan politik dilarang dilakukan dalam acara tersebut.

Dalam Pasal 7 Ayat 2 Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016 tentang HBKB menyebutkan, sepanjang jalur HBKB hanya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bertema lingkungan hidup, olahraga, serta seni dan budaya.
CFD tak lagi diganggu kegiatan politik


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...giatan-politik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- CFD tak lagi diganggu kegiatan politik Hoaks berulang menerpa PT Dirgantara Indonesia

- CFD tak lagi diganggu kegiatan politik Siswa dianggap kurang motivasi UN pun dievaluasi

- CFD tak lagi diganggu kegiatan politik Kiprah Amin Santono, anggota DPR berakhir di tahanan KPK

Cfd cfd aj jangan dibarengin sama politik
so what.. ini bukan prestasi, udah seharusnya demikian..
udah ada pergubnya dari jaman ahok gak boleh bawa politik ke cfd..
artinya kemaren2 itu duo bahlul kecolongan karena gak pernah baca dan ngejalanin pergub..
giliran ada masalah baru gradak gruduk nyari alesan..
ga bener..

emoticon-Blue Guy Bata (L)