alexa-tracking

Bubar, 5 Grup K-Pop ini Rilis Lagu Perpisahan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeec433dc06bd000a8b4575/bubar-5-grup-k-pop-ini-rilis-lagu-perpisahan
Bubar, 5 Grup K-Pop ini Rilis Lagu Perpisahan
Bubar, 5 Grup K-Pop ini Rilis Lagu Perpisahan

Bukan hal yang asing jika sebuah grup boyband atau girlband K-Pop, memilih untuk bubar dan menjalani karier mereka masing-masing. Kebersamaan selama bertahun-tahun tak selalu jadi alasan bagi para idola K-Pop untuk terus bersama selamanya.

Beberapa grup idola yang resmi bubar juga memiliki cara yang berbeda-beda untuk menyampaikan pesan perpisahan mereka kepada para penggemarnya. Mulai dari menulis surat hingga merilis lagu. 

Berikut ini tim kumparanK-Pop telah merangkum lima grup K-Pop yang merilis lagu sebagai ucapan perpisahan mereka.



1. 2NE1 - 'Goodbye'

Grup yang resmi bubar pada 24 November 2017 lalu ini merilis lagu berjudul 'Goodbye' sebagai ucapan perpisahan mereka. Lagu ini awalnya akan dirilis sebagai lagu solo dari sang mantan leader CL, yang juga ikut serta menuliskan lirik lagunya. 

Diawal lagu para pendengar akan dihibur dengan petikan gitar akustik. Liriknya bercerita mengenai kepedihan CL setelah Minzy memutuskan untuk keluar 2NE1. Ia juga mengatakan setelah 2NE1 resmi dibubarkan semua anggota akan merasakan hal yang berbeda. 

Dengan mengusung konsep monokrom, video klip lagu ini semakin membuat suasan sedih. Dalam video klipnya 2NE1 menampilkan potongan-potongan video kebersamaan para anggota 2NE1 saat melakukan konser dan melangsungkan comeback. Namun sayangnya, Minzy tak ikut berpartisipasi dalam lagu ini.



2. JBJ - 'Just Be Stars'

'Just Be Stars' merupakan salah satu lagu yang ada dalam album terakhir JBJ, yang bertajuk 'New Moon'. Mengusung genre ballad, 'Just Be Stars' terasa makin spesial karena keenam anggota terlibat langsung dalam penulisan liriknya. Lirik lagu tersebut merupakan cerminan dari perasaan JBJ kepada fans mereka, Joyful. Meskipun hanya debut dalam waktu singkat, JBJ mengungkapkan rasa bahagia mereka bisa menghabiskan waktu yang berharga bersama Joyful. 

Selain itu, para anggota juga mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan yang telah mereka peroleh selama ini. Meskipun JBJ telah bubar, para anggota berharap Joyful akan terus mengingat dan merayakan kenangan yang telah mereka ciptakan bersama. 

Sesuai dengan makna liriknya, video klip 'Just Be Stars' menampilkan semua aktivitas JBJ selama tujuh bulan berkarier. Mulai dari proses pemotretan untuk konser pertama hingga cuplikan keseruan di balik proses pembuatan video klip 'My Flower' dan 'Call Your Name'.

3. Wonder Girls - 'Draw Me'

Video klip lagu ini menceritakan perjalanan karier Wonder Girls selama 10 tahun di industri K-Pop. Mulai dari debut hingga penampilan terakhir para anggotanya sebagai anggota grup. Lagu ini juga dirilis pada 10 Februari 2017 lalu, tepat di hari ulang tahun Wonder Girls yang ke-10.

Dalam video klipnya para anggota juga menyisipkan pesan yang mendalam kepada semua penggemar Wonder Girls yang mereka sebut dengan Wonderful. Resmi bubar pada 25 Januari 2017 lalu, lagu ini menjadi salam perpisahan serta ucapan para anggota kepada Wonderful yang selalu mendukung mereka.



4. I.O.I - 'Downpour'

Setelah setahun berkarier bersama I.O.I resmi dibubarkan pada Januari 2017 lalu karena kontrak yang habis. Kesebelas anggota akhirnya kembali ke agensi masing-masing dan melanjutkan karier masing-masing.

Untuk mengenang perjalanan kariernya, I.O.I pun merilis lagu terakhir berjudul 'Downpour'. Lagu ini dibuat oleh salah satu anggota boyband Seventeen yaitu Woozi beserta dengan 3 orang komposer lainnya. Dengan mengusung genre lagu ballad, lagu ini memiliki sentuhan melodi sedih didalamnya.

Video klip dari 'Downpour' pun dirilis tepat pada tanggal 18 Januari 2017 lalu pukul 24.00 waktu Korea Selatan. Dalam video klip tersebut, penonton bisa melihat perjalanan para anggota I.O.I beserta para trainee yang sudah tereliminasi dalam ajang Produce 101. 

Lagu ini pun dapat dikatakan sebagai lagu perpisahan dari I.O.I kepada para fansnya dan juga kepada masing-masing dari anggota atas satu tahun kebersamaan mereka di panggung musik Kpop.



5. Sistar - 'Lonely'

Tahun 2017 merupakan tahun terpahit bagi industri K-Pop. Pasalnya pada tahun ini banyak grup-grup K-Pop yang bubar, salah satunya girlband Sistar. 

Grup yang diidentik dengan musim panas ini mengumumkan kebubaran mereka pada Juni 2017 lalu. Melalui akun YouTube resminya, Starship Entertainment merilis sebuah video yang diberi judul 'Thank You, Good-bye SISTAR'. 

Sistar memberi pesan pada Star1 (fans Sistar) agar tak bersedih karena keputusan mereka. Dalam MV tersebut, Sistar membuat sebuah puisi dari nama grup mereka. 

"See you again/ It's not goodbye/ Separate ways we may go/ To achieve new dreams/ All the memories together/ Remember and cherish forever," demikian bunyi pesan yang tampil di sepanjang video.

Pada video berdurasi 51 detik tersebut, terlihat anggota Sistar berada dalam situasi yang berbeda-beda. Namun pada akhir video, Dasom, Soyu, Hyorin dan Bora berkumpul dan bercengkrama bersama. Video spesial tersebut diunggah menjelang perilisan album terakhir SISTAR sebelum resmi berpisah. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparank-pop/...agu-perpisahan

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Bubar, 5 Grup K-Pop ini Rilis Lagu Perpisahan Bubar, 5 Grup K-Pop ini Rilis Lagu Perpisahan

- Bubar, 5 Grup K-Pop ini Rilis Lagu Perpisahan 5 Penampilan Solo dan Kolaborasi dari Baekhyun 'EXO'

- Bubar, 5 Grup K-Pop ini Rilis Lagu Perpisahan Rayakan Hari Anak, Sehun 'EXO' Lakukan Aksi Sosial

×