alexa-tracking

Mendikbud: Nilai UN Bisa Kembali Menjadi Syarat Kelulusan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeebb921854f7a2138b4567/mendikbud-nilai-un-bisa-kembali-menjadi-syarat-kelulusan
Mendikbud: Nilai UN Bisa Kembali Menjadi Syarat Kelulusan
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tidak menutup kemungkinan akan mengembalikan Ujian Nasional (UN) sebagai syarat kelulusan siswa. Wacana tersebut digulirkan oleh Mendikbud, sebagai respon atas penurunan nilai UN tahun 2018.

"Bisa saja (UN jadi pertimbangan kelulusan), Itu kita evaluasi nanti (evaluasi tentang UN jadi syarat kelulusan lagi)," kata Muhadjir di Jakarta, Jumat (4/5).

Muhadjir menerangkan, ada beberapa faktor mengapa tahun ini ada beberapa mata pelajaran yang nilai UN nya turun. Salah satunya, kata dia, dimungkinkan karena motivasi siswa dalam mengerjakan soal UN menurun.

"Salah satunya (alasan turunnya nilai UN) mungkin itu (nilai UN tidak jadi syarat kelulusan). Jadi siswa motivasinya tidak terlalu serius. Bisa juga itu," kata Muhadjir.

Kendati begitu, dia menyatakan, untuk kemampuan siswa sebetulnya tidak mengalami penurunan. Sebab, tahun ini standar soal yang dirancang pemerintah telah meningkat. Yaitu, dengan mulai diberlakukannya instrumen soal bernalar tinggi atau High Thinking Order Skill (HOTS).

Selain itu, kata dia, penurunan nilai UN juga dimungkinkan karena adanya perubahan dsri Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pulpen (UNKP) ke Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Yang mana, perubahan itu dinilai mempengaruhi integritas siswa.

"Terutama sekolah yang semula menggunakan kertas kemudian komputer, ini tingkat integritas naik," jelas dia.

Ke depan, Muhadjir mengaku akan fokus meningkatkan standar pendidikan di Indonesia dengan standar pendidikan skala internasional. Selain itu, dia juga akan mendorong dan berupaya agar tahun depan pelaksanaan UNBK bisa 100 persen. Sehingga nilai integritas bisa terus meningkat.

http://republika.co.id/berita/pendid...arat-kelulusan

Baguslah, biar anak-anak rajin belajar.
4x mentri pendidikan telo kabeh

bongkar pasang aturan pada seenak udel,. dan hasilnya? emoticon-Big Grin

Ini karena gaberner pecatan rubah2 aturan demi keberpihakan

Mendikbud: Nilai UN Bisa Kembali Menjadi Syarat Kelulusan
lihatlah ke sekolah-sekolah bapak menteri. guru akan membagikan kunci jawaban sebelum mulai, jika belum ada maka setelah 1 jam mengerjakan kuncinya baru dikasih.
Jadiin aja. emoticon-Traveller
Quote:


kalau UNBK nyaris gak mungkin, soal ada 3 paket, tiap komputer acak soal. kemungkinan soal sama dengan teman sekelas untuk nomor yg sama 1:1000
Quote:


jangan-jangan gara-gara ini makanya nilainya pada turun
emoticon-Leh Uga
Kalo perlu kenaikan pemerintah yg atur aja sistem komputer (tpi benahin dlu kualitas pendidikan daerah biar merata)....
kembali ke zaman purba
nasbung goblok
Indonesia semakin meroket emoticon-Selamat

🚀💥🌋
WAJAR AJA KALO TURUN.

NARGET NAIK
TAPI GAJI GURU 4 TAHUN GA PERNAH NAIK
BURUH AJA NAIK GAJI PER TAHUN
Si anjir..


Syarat kelulusan jawab kuis nama-nama ikan saja!