alexa-tracking

Sekte Saksi Yehova di Medan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeea15312e25779088b4580/sekte-saksi-yehova-di-medan
Sekte Saksi Yehova di Medan
Sekte Saksi Yehova di Medan

Nasaruddin Umar

Sekte Saksi Yehova di Medan

(Foto: Istimewa)


SEKTE kepercayaan Saksi Yehova atau Sakasi Yehuwa di Medan pertama kali dikembangkan seorang misionaris Australia, Fran Rice, pada Juli 1931 di beberapa wilayah tertentu di Indonesia. Saksi Yehuwa adalah suatu denominasi Kristen, milenarian, restorasionis yang dahulu bernama Siswa-Siswa Alkitab hingga pada 1931.

Agama ini sesungguhnya berasal dari negeri Barat kemudian masuk ke Indonesia dengan menggunakan nama Jehovah's Witnesses atau Jehovas Zeugen. Para penganjurnya mencoba merebut pengaruh di dalam masyarakat dengan berbagai cara, termasuk di antaranya menolak doktrin Tri Tunggal karena dalam kitab suci mereka tidak memaparkan keberadaan Tri Tunggal tersebut. Tentu saja komunitas gereja lain yang tidak sefaham dengannya merasa tersinggung karena Tri Tunggal itu merupakan ajaran dasar yang tidak boleh dihilangkan.

Banyak tokoh gereja keberatan dengan keberadaan Saksi Yehuwa ini dan meminta pemerintah untuk segera membekukan dan membatasi kegiatan-kegiatannya di dalam masyarakat. Ajaran-ajarannya dianggap banyak yang menyimpang dan dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan kelompok mayritas.

Atas dasar keberatan ini maka Saksi Yehuwa dibekukan pada 1976. Tidak lama kemudian masa reformasi muncul, kemudian pemerintah kembali mengizinkan Saksi Yehuwa beroperasi. Perkembangannya kemudian saksi Yehuwa semakin besar terutama di kota Medan dan kota-kota besar lainnya di wilayah Sumatera Utara.

Kelihatannya Saksi Yehuwa banyak diminati oleh kelompok umur remaja dan pemuda. Karena penggeraknya adalah umumnya orang-orang berusia muda, maka wajar jika aliran ini memiliki banyak kreasi yang justru tidak lagi banyak ditemukan di dalam gereja-gereja lain. Aktifitas dakwah mereka lakukan dengan face to face atau dari rumah ke rumah, mirip dengan aliran tarekat Naqsyabandi. Mereka memiliki media sosial yang amat kuat dan kelihatannya ditangani secara professional.




Strategi gerakan Saksi Yehuwa menurut hasil penelitian Puslitbang Keagamaan Kementerian Agama (2012), mencatat sejumlah strategi yaitu: 1) Melakukan adaptasi kepada calon penganut Saksi Yehuwa, 2) melakukan pendekatan secara individu calon penganut. Pendekatan ini bisa langsung bisa juga berkorespondensi melalui media-media sosial yang on-line,

Kemudian, 3) membuka diri kepada siapapun di dalam bahasa pergaulan, melakukan bimbingan tes gratis, kursus atau les privat bahasa Inggeris dan pelajaran lainnya, 4) melakukan proses indoktrinasi terhadap para kader yang sudah bergabung dengan dirinya, 5) menyebarkan undangan secara terbuka untuk mengikuti seminar dan acara-acara lainnya, 6) kader yang sudah didoktrin ditugasi untuk menggaet anggota, dan 7) membuat ikatan batin dengan para anggota baru dengan cara membaptis secara khusus.

Strategi tersebut rupanya sangat efektif dan cukup jitu untuk meraih anggota baru. Banyak di antara mereka anak-anak muda yang mempunyai hoby dalam bidang IT ikut terekrut dan mereka inilah yang memberikan penguatan aliran ini. Wilayah yang jauh tidak lagi menjadi masalah dalam masyarakat dewasa ini.

Aliran Saksi Yehuwa dikenal di dunia Barat sebagai kelompok yang datang dari rumah ke rumah untuk mengabarkan berita Kerajaan Yehuwa dan selalu menggunakan Alkitab Kitab Suci Terjemahan Dunia Baru sebagai pedoman tertinggi mereka.

Kini diperkirakan jumlah penyiar saksi-saksi Yehuwa di seluruh dunia lebih dari 7.965.954 penyiar dan berada di 113.823 sidang yang tersebar di 239 negara di dunia per 1 September 2013. Trend ini memang sangat signifikan, wajar jika sejumlah pemerintah dan pejabat berhati-hati mengani persoalan ini, karena termasuk sensitif, hampir sama sensitifnya menangani omas-ormas agama tertentu. [*]

http://m.inilah.com/news/detail/2205...ehova-di-medan
jadi teringat Michael Jackson
image-url-apps
yesus memang ga pernah ngajarin trinitas kok,bahkan di alkitab pun tidak ada secuilpun kata "trinitas"

coba pelajari dulu sejarah gereja,kalau pendeta/pastor anda berani jujur mereka pun mengakui bahwa hanya manusia biasa bernama tertulian yg mencetuskan ide dogma trinitas

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Tertullian

dr mn ide trinitas tertulian? dari pengaruh budaya yunani



KASKUS Ads
image-url-apps
wow pikiranku terbuka.... luar biasa sekali.... aku percaya.....
image-url-apps
bebas ajah ku pikri masing2 dengan pengakuan masing2
Quote:


Jauh sebelum si tertullian exists, trinitas dah ada om, cem POV-nya santo Athenagoras

".... kita mengakui satu Tuhan, dan PuteraNya yang adalah Sabda-Nya, dan Roh Kudus yang bersatu dalam satu kesatuan, –Allah Bapa, Putera dan Roh Kudus.” ((St. Athenagoras, A Plea for Christians, Chap. 24, ibid., 148))

Santo Irenaeus
“Sebab bersama Dia (Allah Bapa) selalu hadir Sabda dan kebijaksanaan-Nya, yaitu Putera-Nya dan Roh Kudus-Nya, yang dengan-Nya dan di dalam-Nya, …Ia menciptakan segala sesuatu, yang kepadaNya Ia bersabda, “Marilah menciptakan manusia sesuai dengan gambaran Kita.” (( St. Irenaeus, Against Heresy, Bk. 4, Chap.20, Ibid., 148))

“Sebab Gereja, meskipun tersebar di seluruh dunia bahkan sampai ke ujung bumi, telah menerima dari para rasul dan dari murid- murid mereka iman di dalam satu Tuhan, Allah Bapa yang Mahabesar, Pencipta langit dan bumi dan semua yang ada di dalamnya; dan di dalam satu Yesus Kristus, Sang Putera Allah, yang menjadi daging bagi keselamatan kita, dan di dalam Roh Kudus, yang [telah] mewartakan melalui para nabi, ketentuan ilahi dan kedatangan, dan kelahiran dari seorang perempuan, dan penderitaan dan kebangkitan dari mati dan kenaikan tubuh-Nya ke surga dari Kristus Yesus Tuhan kita, dan kedatangan-Nya dari surga di dalam kemuliaan Allah Bapa untuk mendirikan kembali segala sesuatu, dan membangkitkan kembali tubuh semua umat manusia, supaya kepada Yesus Kristus Tuhan dan Allah kita, Penyelamat dan Raja kita, sesuai dengan kehendak Allah Bapa yang tidak kelihatan, setiap lutut bertelut dari semua yang di surga dan di bumi dan di bawah bumi ….” ((St. Irenaeus, Against Heresies, I:10:1 [A.D. 189])).

di alkitab emang gak ada bilang kata Trinitas sih, tapi Yesus pernah bilang gini

Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa…” (Yoh 14:9)
“Aku dan Bapa adalah satu” (Yoh 10:30)

bahkan para rasul juga gitu pengajarannya, contohnya:

1 Yoh 5:7
"Bapa, Firman (yang adalah Yesus Kristus), dan Roh Kudus adalah satu".

Mampir aja kesini buat dapat pencerahan ajaran kristen, http://www.katolisitas.org om kalau mau mendalami atau sekedar dapat info, hati2 loh hoax ada dimana mana jangan sampai hoax buster kemakan hoax emoticon-Big Grin ane sih bukan katolik emoticon-Big Grin
Problemnnya dengan ini aliran adalah trinitas itu emoticon-Ngakak tapi katanya nggak boleh hormat ke bendera juga yah ane dengar2 sih gitu, makanya di band di beberapa negara emoticon-Ngakak tapi unik juga sih emoticon-Big Grin
image-url-apps
ajaran sesat
Quote:


sama aja nih kek kristen sekte mormon
bedanya kristen sekte mormon itu misionaris garis depannya cewe2 bule biar bisa mikat dan minimalisir resiko emoticon-Big Grin.
makslap bacanya sekte seksi emoticon-Malu (S)
×