alexa-tracking

Siswa dianggap kurang motivasi UNBK pun dievaluasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee9e1dd675d4ee2e8b4571/siswa-dianggap-kurang-motivasi-unbk-pun-dievaluasi
Siswa dianggap kurang motivasi UNBK pun dievaluasi
Siswa dianggap kurang motivasi UNBK pun dievaluasi
Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2018 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Santo Tarcisius di Dumai, Riau, Senin (9/4).
Setelah melalui beberapa kendala sejak hari pertama dilaksanakannya, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) pun usai. Hasilnya juga telah diumumkan pada Kamis (3/5/2018).

Namun, hasil ujian para siswa secara menyuluruh dinilai menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong dilakukannya evaluasi menyeluruh agar para siswa mendapat nilai lebih baik di tahun mendatang. Menurut politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, evaluasi wajib dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Bamsoet juga meminta Komisi X DPR mendorong Kemendikbud memanfaatkan dana APBN untuk pendidikan sebesar 20 persen dengan baik, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.

Satu hal yang bakal dievaluasi adalah ide untuk kembali menjadikan ujian nasional (UN) sebagai syarat kelulusan.

"Itu kita evaluasi nanti. Bisa saja (jadi syarat kelulusan lagi)," sahut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kepada Kompas.com di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Pelaksanaan UNBK yang tidak dijadikan salah satu syarat kelulusan memang diduga jadi penyebab menurunnya nilai siswa peserta ujian tahun ini. Menurut Muhadjir, karena merasa tak akan memengaruhi kelulusannya, para siswa jadi tak termotivasi untuk belajar dan mengerjakan materi dengan serius.

Namun, lanjut Muhadjir, masih ada sejumlah faktor lain yang bisa jadi penyebab nilai rata-rata UN SMA turun. Salah satunya adalah diberlakukannya instrumen soal bernalar tinggi atau high thinking order skill (HOTS).

Penerapan jenis soal ini sebelumnya memang mendatangkan banyak keluhan dari para siswa. "Kalau kemampuan siswa sebetulnya tidak mengalami penurunan, tetapi, kan, norma yang kita berlakukan meningkat dengan instrumen HOTS," katanya.

Muhadjir menilai bahwa hasil ujian nasional tersebut tetap sejalan dengan beberapa hal positif, salah satunya adalah meningkatnya integritas siswa. "Dari segi integritas, kan jadi seratus persen," ucapnya.

Meskipun integritas siswa meningkat, tetapi penurunan nilai tetap akan menjadi perhatian.

"Kita apresiasi integritas dan kejujuran siswa dalam mengerjakan soal mengalami peningkatan. Tapi penurunan nilai ini juga tak bisa dikesampingkan. Ada apa dengan penurunan nilai ini?" kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/5/2018).

"Apalagi kemarin cukup ramai siswa mengeluh soal UN yang terlalu sulit. Apakah soalnya, atau apa. Perlu ada evaluasi menyeluruh."

Dalam pernyataan tertulisnya pada Sabtu (5/5/2018), Bamsoet pun menyampaikan tiga poin penting yang harus menjadi bahan evaluasi UNBK ke depannya.

Pertama adalah soal motivasi siswa. Menurutnya, meski tak lagi menjadi syarat kelulusan, tetapi para pengajar di sekolah harus tetap dapat memotivasi siswa agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Kedua, agar mulai dilakukan pemetaan nilai para siswa yang mengalami penurunan, lalu membuat program pendidikan agar siswa selalu siap mengerjakan soal apapun dengan UNBK.

Ketiga, Kemendikbud harus memastikan peningkatan kualitas guru dan tenaga pengajar.

Peningkatan kualitas guru tersebut juga penjadi pemikiran utama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Saiful Rachman. Jatim adalah salah satu daerah yang mengalami penurunan nilai UN cukup signifikan.

Anjloknya nilai unas jenjang SMA/SMK/MA di Jawa Timur membuat Saiful berencana melakukan mutasi guru dalam kota sehingga para guru bisa memulai sistem pembelajaran baru di lingkungan baru.

"Kalau bisa gurunya dipindah dari sekolah satu ke sekolah lain, jadi tidak ada guru yang manja. Semua harus berjuang lagi," tegasnya.

Di Jawa Timur, untuk tingkat setara SMA, dari total peserta UN yang mencapai 493.300 siswa, total peserta ujian yang nilainya di bawah 55 mencapai 78,88 persen. Jumlah itu lebih banyak daripada tahun lalu yang hanya 55,41 persen.

Menanggapi soal evaluasi ini, sejumlah pengamat pendidikan meminta Kemendikbud tidak melakukan praktik coba-coba dalam membuat kebijakan mengenai UN. Termasuk saat akan mengevaluasi tren menurunnya nilai ujian nasional selama dua tahun belakangan.

Pengamat Pendidikan dari Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY), Edy Suandi Hamid meminta Mendikbud dan jajarannya untuk berhati-hati dalam evaluasi. Edy juga menanggapi masih terbukanya kemungkinan UN untuk kembali menjadi syarat kelulusan siswa.

"Lakukan kajian mendalam dulu, jangan sampai UN dipakai coba-coba. Kasihan anak didik," tegas mantan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) ini.
Siswa dianggap kurang motivasi UNBK pun dievaluasi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...pun-dievaluasi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Siswa dianggap kurang motivasi UNBK pun dievaluasi Kiprah Amin Santono, anggota DPR berakhir di tahanan KPK

- Siswa dianggap kurang motivasi UNBK pun dievaluasi Ada waktu 30 menit untuk batalkan tiket kereta

- Siswa dianggap kurang motivasi UNBK pun dievaluasi Rambu Pilkada bagi PNS, hati-hati menulis status