alexa-tracking

Sejarah Lem Berasal dari Penemuan yang Gagal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee8113dad770da048b4568/sejarah-lem-berasal-dari-penemuan-yang-gagal
Sejarah Lem Berasal dari Penemuan yang Gagal
Sejarah Lem Berasal dari Penemuan yang Gagal

Sebelum dipatenkan pada tahun 1958, Dr Harry Coover, sang penemu, bahkan sempat mengabaikan temuannya tersebut

Seringkali benda-benda yang ada di sekitar kita ditemukan karena sebuah ketidaksengajaan, seperti halnya Dr. Harry Coover yang menemukan lem akibat kesalahan formulasi yang dibuatnya. 

Di tahun 1942, Coover mencoba untuk membuat pembidik senjata dari plastik bening yang akan diletakan pada senjata bagi para tentara dalam Perang Dunia II. Akan tetapi, formulasi yang dibuatnya tidak bekerja dengan baik pada senjata pembidik. Sebaliknya, formulasi tersebut mampu melekatkan ikatan dengan sangat cepat. Sayang, penemuan tersebut diabaikan oleh Coover karena tentu saja dianggap tidak sesuai dengan proyeknya saat itu. 

Uniknya, 9 tahun berselang, tepatnya di tahun 1951 Coover yang bekerja di Eastman Kodak mulai menyadari potensi polimer acrylate setelah rekannya Fred Joyner secara tidak sengaja menggunakan formulasi lem dari polimer acrylate yang sebelumnya diabaikan Coover. 

Mereka bermaksud mengembangkan polimer acrylate yang tahan panas untuk diaplikasikan pada kanopi jet. Joyner kemudian menguji projeknya tersebut dengan memberikan ethyl cyanoacrylate di antara sepasang prisma refraktometer. Alhasil prisma-prisma tersebut menjadi sangat lengket dan kaku.

Formulasi lem tersebut akhirnya dijual ke pasaran pada tahun 1958 oleh Eastman Kodak dengan merk “Eastman #910”. Karena dinilai kurang menarik, mereka kemudian mengubah nama lem tersebut menjadi Super Glue seperti yang kita kenal selama ini. Jadi jangan abaikan kegagalan yang kita alami, karena mungkin di sana ada temuan yang bisa kita manfaatkan.  



Sumber : https://kumparan.com/lampu-edison/le...ormula-polimer

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Sejarah Lem Berasal dari Penemuan yang Gagal Sesungguhnya, Manusia Bukan Makhluk yang Setia

- Sejarah Lem Berasal dari Penemuan yang Gagal Sejarah Lem Berasal dari Penemuan yang Gagal

- Sejarah Lem Berasal dari Penemuan yang Gagal Air Tidak Membuat Kita tersetrum