alexa-tracking

Tips Atasi Migrain pada Ibu Hamil

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee78af9e7404f4658b4575/tips-atasi-migrain-pada-ibu-hamil
Tips Atasi Migrain pada Ibu Hamil
Tips Atasi Migrain pada Ibu Hamil

Ketika hamil, ada beragam gangguan kesehatan yang perlu Anda waspadai. Salah satunya, migrain. Sakit kepala sebelah biasanya disertai dengan rasa berdenyut hebat, mual dan muntah, mata kabur dan meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya serta kebisingan.

Singkatnya, terserang migrain apalagi saat sedang hamil bisa begitu menyiksa.  

Dikutip dari Mother and Baby, penelitian menunjukkan jika perubahan hormon saat hamil, seperti meningkatnya estrogen dapat memicu serangan migrain sebesar 80%. Meski demikian, Anda sebenarnya tak perlu khawatir, karena hormon endorfin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh juga lebih banyak diproduksi saat hamil. 

“Ada banyak perubahan fisik, biokimia, dan emosional pada kehamilan yang dapat menjelaskan peningkatan, termasuk peningkatan produksi obat penghilang rasa sakit alami yang dikenal sebagai endorfin,” kata Harley Street, ahli migrain di pusat penelitian Professor Anne MacGregor yang berbasis di London.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya? 

1. Makan Teratur

Makan teratur penting untuk menjaga agar kadar gula darah Anda tetap stabil. Hindari menunda-nunda makan yang bisa memperburuk migrain Anda. 

Jangan abaikan gaya ngemil Anda. Upayakan untuk mengonsumsi camilan yang sehat dari buah dan sayur dibandingkan cokelat atau permen. Kandungan gula yang terlalu tinggi, juga bisa menyebabkan potensi migrain cepat kambuh.

2. Istirahat Cukup

Jika perlu, luangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk tidur siang. Selain itu, pastikan Anda mengurangi begadang dan jadwal tidur yang berantakan. Ingat Moms, kurang tidur bisa menyebabkan potensi migrain meningkat. Maka, istirahatlah yang cukup dan berkualitas. 

3. Cari Udara Segar

Luangkan waktu minimal 20 menit sehari di luar ruangan Moms. Manfaatkan untuk menyegarkan pikiran dengan memandang hamparan hijau di sekitar rumah dan menghirup udara segar. Terlalu banyak berada di dalam ruangan bisa menyebabkan suhu tubuh Anda panas, pengap, dan mudah tersinggung. Nah, migrain bisa juga terjadi karena hal tersebut. 

4. Banyak Minum Air Putih

Penuhilah kebutuhan minum air putih ya Moms. Dehidrasi bisa menyebabkan migrain lebih mudah terjadi. Maka, penuhilah kebutuhan cairan harian dengan mengonsumsi setidaknya 8 gelas air mineral sehari, Moms. Tambahkan pula, konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung cairan yang bermanfaat bagi tubuh. 

5. Rileksasi

Lepaskan tekanan dan beban pikiran yang selama ini mengganggu. Anda bisa mengambil rehat sejenak di sela-sela mengerjakan tugas kantor, kemudian memijat leher dan kepala Anda. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Anda juga bisa melakukan meditasi.

Jika perlu, lakukanlah pijat atau spa untuk membuat tubuh dan kepala Anda lebih rileks.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanmom/ti...pada-ibu-hamil

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tips Atasi Migrain pada Ibu Hamil Tips Atasi Migrain pada Ibu Hamil

- Tips Atasi Migrain pada Ibu Hamil Pentingnya Imunisasi untuk Anak

- Tips Atasi Migrain pada Ibu Hamil Serunya Acara kumparanMOM Playdate with Morinaga Platinum

image-url-apps
ntapp
×