alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Saat Vespa PX 150 Disulap Bergaya Scrambler
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee78a9dcd770e4788b4582/saat-vespa-px-150-disulap-bergaya-scrambler

Saat Vespa PX 150 Disulap Bergaya Scrambler

Saat Vespa PX 150 Disulap Bergaya Scrambler

Tren modifikasi bergaya retro seperti cafe racer, scrambler, jap tracker, chopper, dan yang lainnya memang sedang digandrungi di berbagai belahan dunia. Namun, biasanya para modifikator akan memanfaatkan motor-motor yang masuk ke dalam kategori sport touring naked untuk menjadi bahan dasarnya. Bukan tanpa alasan tentunya, sebab motor ini diklaim punya sasis yang cukup mudah untuk modifikasi bertemakan motor retro. 

Tapi nampaknya, hal tersebut tidak berlaku untuk rumah modifikasi yang satu ini. Rumah modifikasi yang bernama Butcher Garage punya ide untuk menghadirkan proyek modifikasi satu unit Vespa PX 150 ke dalam bentuk srambler.

Ya, Anda tidak salah dengar, rumah modifikasi yang berbasis di Saint Petersburg, Russia ini berniat merombak skutik yang populer di tahun 1960-an ini ke model sepeda motor segala medan --yang merupakan cikal bakal lahirnya model motor trail.

Untuk menyelesaikan proyeknya ini, mereka menggandeng SIP Scootershop, salah satu perusahaan yang menyediakan aksesori aftermarket khusus skuter asal Jerman, khusus untuk mendukung komponen-komponen yang diperlukan. 

Butcher Garage dan SIP memulai proyek ini sejak dua tahun silam. Kala itu konsep scrambler banyak dijadikan kiblat para pabrikan motor untuk mengangkat brand modifikasi pada produknya, seperti yang banyak dipamerkan di ajang EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) atau Milan Motorcycle Shows misalnya.

“Dari ajang itu, kami melihat adanya peluang untuk mencoba peruntungan dari tren yang sedang menjadi sorotan, dan memilih untuk menggarap Vespa dengan mengusung konsep serupa,” papar Alex, salah satu builder Butcher Garage. 

Vespa PSX 150 yang dimodifikasi ini mereka labeli dengan nama Escape—skuter bergaya Scrambler yang sengaja diplot untuk dapat melibas jalanan perkotaan dan off road. BikeExif melansir, Escape mengadopsi konsep motor-motor yang eksis di era 60-70an yang merujuk pada film Steve Macqueen 1963. 

Ubahan

Sudah jelas karena model Vespa yang sama sekali berbeda dengan konsep scrambler, bagian sasis menjadi bagian yang mendapatkan ubahan besar. Butcher merombak habis bagian rangka Vespa. 

Setelah bagian rangka dirasa sudah sesuai dengan konsep. lanjut ke bagian tangkinya. 

Mengingat Vespa tidak memiliki tangki, poin ini tentunya tidak boleh mereka abaikan. Tangkinya mengambil desain tangki Husqvarna 1970 yang diletakan di antara frame bagian depan dan pangkal jok. Kesan retro klasik juga mereka tampilkan lewat jok single yang tersemat sebagai dudukan. 

Soal jantung mekanis, mesin asli bawaan dari Vespa mereka lengserkan, lalu mereka ganti dengan mesin milik Pinasco dan silinder Parmakit dengan kubikasi 177 cc. Untuk menunjang performanya, ada beberapa komponen yang yang mereka pasangkan seperti blok katup, pengapian, kopling, dan juga driveshaft aftermarket. Tak ketinggalan ubahan pada bagian knalpot yang mereka ganti dengan knalpot balap keluaran SIP. 

Secara tampilan, seluruh komponen banyak disuplai oleh SIP. Seperti pada bagian papan nomor di bagian depan yang bertuliskan SIP, pelat persegi tersebut juga punya fungsi sebagai lampu depan. Sebab, mereka telah menyematkan lampu LED di bagian belakangnya. Tak hanya lampu bagian depan, mereka juga memasangkan lampu custom dari SIP untuk lampu belakangnya.

Terakhir, sebagai sumber informasi, mereka membubuhkan panel instrumen digital untuk menginformasikan pengendara soal kecepatan dan juga suhu.

So readers, mungkin motor ini bisa kamu jadikan contekan bagi kamu pemilik Vespa yang ingin merombak tunggangan kamu menjadi anti-mainstream. Selama mencoba! 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparanoto/sa...gaya-scrambler

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Saat Vespa PX 150 Disulap Bergaya Scrambler Saat Vespa PX 150 Disulap Bergaya Scrambler

- Saat Vespa PX 150 Disulap Bergaya Scrambler Mods: Subkultur yang Erat dengan Fashion, Musik dan Skuter

- Saat Vespa PX 150 Disulap Bergaya Scrambler Vespa Sprint dan Primavera Sekarang Punya Fitur Rem ABS

Urutan Terlama
kok lucu ya gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di