alexa-tracking

Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak Akan Diganti

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee78a5e0522724618b456f/banyak-tank-marinir-tua-dan-tak-layak-akan-diganti
Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak Akan Diganti
Banyak Tank Marinir Tua Dan Tak Layak
Akan Diganti

Salah satu tank AMX Marinrir yang jarang di gunakan dan berusia tua [Marinir]

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mendatangi Markas Korps Marinir TNI AL di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (3/5). Selain memberikan pembekalan terhadap ratusan prajurit Marinir, Ryamizard juga memeriksa kesiapan dan kesiagaan pasukan serta alutsista.

"Saya melakukan kunjungan kerja ke Mako Korps Marinir untuk mengecek kesiapan, baik personel, alutsista dan asramanya. Kalau ada yang kurang, kami usahakan akan dipenuhi," ujar Ryamizard yang memakai seragam Marinir dengan baret ungu didampingi Dankormar Mayjen (Mar) Bambang Suswantono.

Ryamizard mengungkapkan, hasil inspeksi yang dilakukannya menemukan adanya alutsista yang sudah berusia puluhan tahun dan perlu diremajakan. Pihaknya akan menampung usulan penggantian itu. "Di Marinir banyak tank yang sudah tua dan tak layak untuk digunakan. Tank-tank ini akan diganti," ujar Ryamizard tidak merinci tank jenis apa yang akan diganti.

Sebelumnya, Ryamizard juga menyinggung tentang tugas Kemenhan yang mengurus pertahanan negara. Dia menuturkan, ada dua hal bagaimana postur TNI dibutuhkan dalam hakikat pertahanan negara. Kondisi itu tentu salah satunya harus didukung alutsista yang mumpuni dan bisa digunakan oleh prajurit.

"Alutsista kita beli bukan aur-auran. Apalagi rekanan mengatur. Tidak boleh rekanan mengatur pembelian alustsista. Yang menentukan pembelian alutsista adalah Menhan dan tugas Menhan," kata Ryamizard.

✈ Republika


Votr for ZTD05
image-url-apps
Udah sedang berjalan, kan...
BMP3F - > Gantiin PT-76
BT3F - > Gantiin BTR-50

AMX-10P gantiin BMD-4M aja, atau sama BMP3F lagi sekalian, kalo ga ada rencana mau bikin Airborne Marine Unit.
BVP-2 gantiin sama Arhanud swagerak yg lebih layak...
image-url-apps
All BMP-3 family, dah bener itu emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
Yang ini masih lanjut terus kan.

alutsista marinir nggak mahal mahal amir pak ....
nggak perlu satu tahun lah kalau untuk nambah bmp-3f
kalau memang niat sih
image-url-apps
g mau jajal mbt (medium battle tank) kan g mulu maiin dipantai walau g bisa ampibi, wong usmc aja punya abraham.
image-url-apps
menurut ane study dulu kenegara yg marinirnya telah berkembang berikut teknologi yg digunakan
image-url-apps
^^^
Semua itu terhalang budget constrain.
Marinir kan dapat recehan AL
Tp setidaknya All BMP3F family lebih cocok
image-url-apps
Quote:


Laen skalanya... USMC sudah merupakan angkatan ke-4 nya di US Armed Forces, dan sudah mencapai level of maturity di operasi trimatra nya. Unit2 lapis bajanya sudah diproyeksikan utk dukungan pergerakan infantri/batalyon, maupun utk manuver lapis baja terpisah. Skala dan keperluan ofensifnya juga berbeda, dan bukan utk dibandingkan dg Kormar TNI-AL saat ini.
Quote:
Abrams, bukan Abraham. Juga seperti yang di ucapkan di atas, skalanya sudah berbeda, USMC itu sudah angkatan ke 4 dan juga punya air-wing sendiri, nggak bisa di samain juga. Kalau untuk KorMar dari pada MBT lebih baik SPAAG dan SPH/SPM di prioritaskan di luar pengganti APC/Light tank untuk Kav KorMar. Yo moso itu BVP di jadiin SPAA, dulu sempat ada interest buat KorMar untuk ambil Vena SPG/M, masih jadi kah? Barang ok tuh.

image-url-apps
Usmc Punya au sendiri lhd sendiri sampe f35
image-url-apps
Quote:


kalo level of maturity itu dasarnya apa om? Selain batasan budget, gelar personel, kenapa itu ga bisa dilakukan?

Kalo ga salah doktrin usmc dan korps marinir hampir sama "menusuk jauh ke dalam" kan ya.. Pastinya butuh kemandirian..
image-url-apps
Quote:


USMC itu budgetnya terkecil lho, dari matra lainnya... Mereka sudah dilibatkan di dua perang dunia, organisasinya sudah sampai level MAGTF (Marine Air Ground Task Force). Punya wing udara transport, attack, fighter, sampe mobile air unit sendiri, punya air assault unit sendiri, sampe ada kapal LHD nya sendiri yg dedicated utk operasi2 lintas cakrawalanya sendiri. Jadi secara organisasi, operasi, dll, ya sudah lebih masif dari marinir manapun di dunia. Lebih jauh lagi, doktrin proyeksi kekuatannya sudah level global offence...sudah disiapkan kalo perlu, untuk menyerbu ke negara manapun didunia ini. Itu baru sekelumit dari apa yg sudah dijalani oleh Korps tsb. Kalo mau ngomongin MBT, apa sebetulnya yg mendasari pandangan bahwa Kormar TNI-AL perlu unit MBT? Sejauh mana Indonesia mau menggelar perang yg masif, hingga Korps Marinirnya yg harus turun menghadapi armour unitnya lawan dg MBT? Coba dilihat dulu keperluannya... Inventory Amphibious Tank dan APC/Artillery Carrier yg dimiliki Kormar saat ini sudah betul arahnya. Betul, Marinir kita punya kapabilitas utk menusuk kedalam, tapi harus dilihat dulu mau segede apa skalanya, dan gimana doktrin pertahanan kita. Kalo Amerika sih, udah jelas ofensif. Perlu mainan2 yg sesuai dg level lawan yg akan dihadapi, utk mendukung setiap operasinya.
image-url-apps
Quote:


Oiya om ternyata disitu letak maturity level nya.. Organisasi berjalan sebagaimana pengalaman yg yg sudah dilewati. Bukan harga yg murah. Dan itu sejalan sama "blueprint" negara.. Dan saat ini korps marinir mungkin baru di level remaja dgn penyempurnaan menjadi 3 pasmar. Peremajaan alutsista ya..

Kalo mau di mature kan mungkin harus ngerubah haluan negara dulu, baru penyempurnaan organisasi beserta melengkapi alutsista
image-url-apps
medium batle tank alias kaplan MT bukan mbt leo. untuk spaag ma sph ane setuju lagian 105mm hp milik kaplan juga lumayan untuk bantuan artileri dillapangan mengingat jangkauan non direct hitnya 10km.
image-url-apps
Zbd 05 dong
image-url-apps
zbd 05 ama bmp 3f udah onpar mending terusin bmp ama akuisisi bt3. kalo untuk main main kedalam ane vote pindad mt aja karena level proteksi, canon yang mumpuni + fleksibel dan yang utama cintailah ploduk ploduk indonesia.
Saya lihat Kormar kita preferensinya masih ke Ranpur yg berkemampuan amfibi. Mereka tidak mau ambil resiko bergantung pada Landing Craft untuk pendaratan dan boarding balik ke kapal. Saya rasa ini pilihan yg baik untuk menjaga peluang pendaratan ranpur Marinir utk tetap tinggi. BMP-3F bisa berenang dilaut sampe kondisi sea state 3 selama hampir 7 jam non-stop, dan mereka tetap punya opsi untuk menjalankan fungsi rapid assault, direct & indirect fire, juga fungsi anti personnel. Dari segi proteksi yg sekalipun dibawah Medium Tank, BMP-3F memang harus memanfaatkan baik2 daya tembak dan manuver yg dimilikinya. Bobot tempurnya pun hanya setengahnya MT, jadi load kepada kapal pengangkutnya juga lebih rendah. Sama halnya dengan Medium Tank, dia bukan untuk head-on dgn MBT lawan. Kalo kebetulan digempur sama RPG, apalagi ATGM, even sekelas MBT pun bisa dijebol. Jadi IMO pilihan Korps Marinir utk keperluan saat ini memang sudah optimum.
image-url-apps
Tugas marinir ga cuma mendarat di pantai doang.... Tapi terus ngebut ke dalam wilayah, biar daerah beaching bener bener bebas dari jangkauan tembakan musuh
Quote:

HHmm membuka opini perlu MBT buat proteksi marinir....emoticon-Big Grin
×