alexa-tracking

Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee62241a9975e63c8b457d/cerita-gateway-to-hell-dari-kastil-houska
Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska
Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska

Ceko selama ini dijuluki sebagai “Negeri Dongeng Seribu Kastil” karena keindahan dan banyaknya kastil. Ada sekitar 1600-an kastil di seluruh negeri. Namun, tahukah Anda bahwa Ceko ternyata juga mempunyai kastil dengan sejarah kelam yang paling tidak bermartabat bagi umat manusia?

Kastil Houska. Sumber: czechaudiotour.cz

Bertandang sekitar 1 jam dari ibukota Praha ke arah utara, pengunjung akan tiba di kastil Houska. Reputasinya tidak se-terkenal Kastil Praha atau Cesky Krumlov yang memancarkan aura ceria dengan tawa para turis. Sebaliknya, kastil Houska umumnya dikunjungi oleh paranormal dari Eropa dan Amerika dan termasuk sebagai salah satu kastil terangker di dunia.

Ada tiga hal yang menjadikan kastil ini berbeda dengan kastil pada umumnya. 

Pertama, tidak ada pagar tinggi (fortification) yang biasa menjadi ciri khas kastil pada umumnya. Fortification berfungsi sebagai benteng untuk melindungi penghuni dari serangan musuh.

Kastil Houska dilihat dari atas. Sumber: en.mapy.cz

Kedua, di dalam kastil, tidak ada saluran air dan dapur, yang lazim ditemui pada kastil pada umumnya sebagai tempat tinggal atau tempat persembunyian saat perang. 

Ketiga, lokasi kastil juga membuat kita mengernyitkan dahi. Kastil Houska dibangun di atas bukit, di tengah-tengah hutan lebat dan jauh dari pusat bisnis. Lokasi juga jauh dari sumber air. Intinya, jauh dari mana-mana. Hanya orang yang betul-betul niat yang akan datang ke kastil ini. 

Interior kastil Houska. Sumber: scarysideofeartch.com

Dari penampakan fisik luar, kastil Houska lebih mirip mansion atau rumah besar bertingkat dengan beberapa jendela. Penampilannya mirip dengan kebanyakan bangunan besar di Eropa pada umumnya. Pengunjung akan takjub ketika masuk dan merasakan aura di dalam bangunan. Yang paling terlihat adalah bahwa jendela-jendela kastil sebagian besar ‘palsu’. Jendela-jendela tersebut lebih berfungsi sebagai hiasan, dimana tembok permanen di bangun di belakang jendela. 

Pengunjung mungkin akan merinding melihat salah satu ruangan yang berisi alat torture zaman abad pertengahan.

Salah satu ruangan di dalam kastil Houska berisi alat torture. Sumber: http://realparanormalexperiences.com/

Kasil Houska dibangun oleh penguasa Bohemia, Ottokar II pada abad ke-13, antara tahun 1253-1278. Kastil Houska yang bergaya Gothic ini sebenarnya dibangun untuk menutupi lubang besar nan sangat dalam tanpa ada tangga menuju ke atas. Karena kedalaman lubang, tidak seorangpun dapat melihat dasarnya. 

Lubang besar itulah yang dijuluki “Gateway to Hell” karena manusia yang telah diceburkan akan meninggal secara perlahan. Kastil dibangun agar arwah yang telah meninggal tetap terperangkap di dalam dan tidak menganggu dunia luar.

Cerita rakyat yang beredar di masyarakat Ceko dapat membuat bulu kuduk merinding. Pada malam hari, penduduk di sekitar kastil beberapa kali melihat makhluk jelmaan hewan dan manusia yang memiliki sayap hitam, merengsek keluar dari lubang tersebut. 

Penduduk juga seringkali melihat seekor kuda tanpa kepala berlari kesana kemari, dengan darah bercucuran keluar dari lehernya. Penduduk juga menceritakan beberapa orang keluar dari lubang dengan luka yang mengenaskan dan memegang lehernya yang telah terluka parah karena gigitan anjing besar.

Saat pembangunan kastil, tahanan yang divonis hukuman mati diujicoba ke ‘lubang neraka’, dengan cara diturunkan dengan tali. Barang siapa yang ditarik ke atas dan dapat menceritakan kondisi di dalam lubang, akan diberikan pengampunan. 

Pada akhirnya, tidak ada tahanan yang dapat menceritakan kondisi di dalam lubang karena meninggal seketika saat diturunkan ke lubang. 

Seorang tahanan diceritakan berteriak histeris setelah beberapa saat diturunkan ke dasar lubang. Tahanan yang masih berusia 30-an tahun tersebut, ketika ditarik ke atas, menjadi renta, keriput dan berambut putih. Dua hari kemudian, tahanan tersebut meninggal dunia.

Pada masa pendudukan Nazi saat Perang Dunia Kedua, lubang “Gateway to Hell” benar-benar menjadi mimpi buruk. Lubang besar tersebut digunakan sebagai bagian dari eksperimen rahasia Nazi terhadap tubuh manusia. 

Selain melakukan eksperimen aneh kepada para tawanan perang, Nazi juga mengorbankan personilnya sebagai objek eksperimen. Objek eksperimen yang rusak langsung diceburkan ke dalam lubang.

Kastil Houska pernah tayang pada acara Ghost Hunters International dan Most Haunted Live di stasiun SyFy, saluran tv kabel Amerika Serikat yang mengkhususkan pada liputan fiksi-ilmiah. Tim paranormal Perancis yang tergabung dalam R.I.P recherches investigations paranormal juga pernah menginvestigasi kastil ini dan menyiarkannya lewat film dokumenter bertajuk “The Hell Gate” di saluran France 4.

Kastil Houska pada musim panas. Sumber : wikipedia.com

Terlepas dari cerita seramnya, kastil Houska merupakan kastil yang terawat dengan baik hingga saat ini. Interior kastil terdiri dari kapel Gothic, ruangan dengan lukisan bergaya Gothic dan ruang lukis ksatria zaman dahulu.



Sumber : https://kumparan.com/fitri-riduan/ce...-kastil-houska

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska

- Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska Heididorf : Desa Wisata yang Terinspirasi dari Dongeng Anak

- Cerita 'Gateway to Hell' dari Kastil Houska Mengubah Stres dengan Sukses