alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menghargai perbedaan, Sederhana namun Tak Mudah
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee586dd44f9f2a498b4568/menghargai-perbedaan-sederhana-namun-tak-mudah

Menghargai perbedaan, Sederhana namun Tak Mudah

Tanpa kita sadari sepenuhnya, hidup kita selalu di hiasi keanekaragaman dan perbedaan. Mulai dari suku, bangsa, bahasa, agama dan juga yang lainnya ada di sekeliling kita. Tak semua orang memiliki latar belakang yang sama, karena nasib setiap manusia tidaklah serupa. Perbedaan tak bisa terelakkan lagi dalam kehidupan ini, karena dengan adanya perbedaan inilah hidup ini terasa indah.

Menghargai perbedaan, Sederhana namun Tak Mudah

Credit : kompasiana.com

Ibaratnya warna, satu objek warna yang terlihat lama kelamaan akan terasa monoton. Berbeda dengan banyaknya objek warna yang terlihat semuanya terasa lebih indah untuk dipandang seperti pemandangan alam yang terlihat oleh mata dengan berbagai warna dan kontras yang membuatnya begitu indah. Seperti itulah dengan kehidupan, jika semua orang sama semua baik dari segi sikap atau bahkan hal-hal lainnya pasti  kehidupan ini tidak akan seru untuk dijalani.

Kita terlahir ke dunia ini dengan dikelilingi berbagai persamaan dan perbedaan, dua hal yang selalu ada dalam hidup. Tentang perbedaan, ia bagaikan dua sisi mata koin yang bisa juga menguatkan dan juga bisa juga menghancurkan, tergantung bagaimana cara memandangnya. Jika memandang perbedaan dari sudut yang benar maka itu akan baik kedepannya begitu juga sebaliknya.

Setiap orang memandang setiap peristiwa tidak selalu sama dan seringkali terjadi silang pendapat, ibaratnya seperti kita sedang berdiri di hadapan cermin melihat bayangan diri kita, jika kita melihatnya dari berbagai sudut pandang maka akan menghasilkan tampilan gambaran diri kita yang berbeda, ada yang terlihat begitu jelas bayangan kita sepenuhnya di cermin dan ada juga yang terlihat sebagian bayangannya.
Menghargai perbedaan, Sederhana namun Tak Mudah

Credit : thefederalist.com

Perbedaan-perbedaan yang ada seharusnya jangan terlalu diperselisihkan, apalagi sampai menumpahkan darah. Perlu adanya kedewasaan sikap untuk menyikapi perbedaan, sikap toleransi dan tenggang rasa harus ada dalam setiap diri kita. Perbedaan tidaklah perlu kita risaukan, sikapi dengan positif agar tidak tercipta konflik-konflik yang tidak perlu.

Berbeda pilihan itu wajar, toh itu tidak sampai membuat merugikan orang lain. Kita tidak dapat memaksa orang lain memiliki pandangan dan pilihan yang sama, setiap orang memiliki standar penilaian tersendiri akan kehidupan. Jadi jangan sampai ngotot dan memaksa orang lain untuk berpikiran sama, hidup ini memang terkadang saling mempengaruhi, namun bukan berarti hidup ini tanpa toleransi.

Negeri kita pun berdiri dengan berbagai keberagamannya. keberagaman suku, bangsa, ras dan agama membuat negeri ini indah dan di segani oleh negara lain. Sudah seharusnya kita jaga keanekaragaman ini dengan tidak merusaknya dengan intolerasi, pemaksaan kehendak, hingga bentuk perdebatan yang tak berkesudahan. Kita pastinya ingin sekali membuat negara kita maju dan menjadi yang terbaik di negara lain, sudah seharusnya kita hentikan segala kegaduhan karena perbedaan yang membawa pada jurang kelam di masa depan, buang segala rasa ego dalam diri dan mari kita bersama bangun negeri ini menjadi lebih baik lagi.
Menghargai perbedaan, Sederhana namun Tak Mudah

Credit : hipwee.com

Bertoleransilah selama itu dalam konteks kebaikan, jangan pedulikan dengan perbedaan-perbedaan yang kecil yang berujung dengan perselisihan, hempaskan ego dan kepentingan diri untuk kehidupan di masa depan yang lebih baik lagi. Eratkan tangan-tangan kita untuk sebuah persatuan tanpa terlalu memandang sebuah perbedaan untuk bisa terus maju ke depan. Agan dan sista punya pandangan lain terkait perbedaan? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini pribadi dan inspirasi dari kehidupan
Sumber gambar via google images


Quote:





Diubah oleh tafakoer
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
reserved
emoticon-Leh Uga
wani piro? emoticon-Big Grin
Perbedaan=saling melengkapi=salingterkait=saling membutuhkan=biar ente skalian yg melengkapi....emoticon-2 Jempol


emoticon-Cool
Quote:


Setuju banget gan emoticon-Big Grin
Quote:


emoticon-Salaman
Quote:


Yoi gan emoticon-Salaman
seharusnya dengan peebedaan terbentuklah kesatuan, kalo semua sama, gak enak gak ada variasi
ya memang tidak mudah. untuk itulah negara-negara ada.
Quote:


Quote:


nah itu.. setuju banget emoticon-Big Grin
Menghargai perbedaan, Sederhana namun Tak Mudah
Hmmm 😃

Saling berbagi, saling mengingatkan, saling mendukung.

what a wonderful world .

di jalan, senggol bacot/bacok emoticon-Ngacir
The highest result of education is tolerance
emoticon-Traveller
He..he..ini mah seringnya mbilangin yg tua gan...jadinya nggurui lagi ane...tapi iya...ditempat ane perbedaan masih ada yg belum bisa ngerti..kalo itu INDAH
biasanya yg bikin panas itu perbedaan gaji ditempat kerja dg teman 1 outlet atau 1 section
Just simple emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh harmagedon77
setuju banget , alangkah baiknya mulai dari diri kita sendiriemoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
Jadi inget sang bapak humanis Gus Dur.... 😁😁
Ke sebelah bre... Pejwan abis 😎
mudah kok
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di