alexa-tracking

Aliran Among Tani Majapahit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee470556e6afd20b8b4596/aliran-among-tani-majapahit
Aliran Among Tani Majapahit
Aliran Among Tani Majapahit

Nasaruddin Umar

Aliran Among Tani Majapahit

(Foto: ilustrasi)

AMONG Tani Majapahit (ATM) sebuah aliran kepercayaan yang belum jelas secara pasti kapan, di mana, dan siapa pendirinya. Yang jelas, menurut hasil penelitian Kementerian Agama (2012), aliran ini sering dihubungkan dengan Soekarno, Presiden RI pertama, yang dianggap memperoleh ajaran ATM ketika berguru di daerah Gedeg Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Kerajaan Majapahit di masa silam dikenal sebagai kerajaan Hindu, terutama pada masa Hayam Wuruk menjadi raja dan Gajahmada sebagai mahapatihnya. Bekas dan pengaruh agama Hindu masih bisa ditemukan beberapa situs bersejarah di Trowulan, seperti candi, wihara, dan padepokan.

Hingga saat ini situs-situs tersebut masih ramai dikunjungi, bukan hanya untuk melihat dan mengenang kejayaan masa lampau Majapajit tetapi juga melakukan ritual-ritual tertentu, karena diyakini oleh sebagian orang tempat itu masih memiliki kekuatan mistis.

Disebut Among Tani karena aliran ini memberikan perhatian khusus kepada para petani. Kebetulan wilayah ini termasuk daerah pertanian yang penduduknya banyak yang menjadi buruh tani dan kehidupannya sederhana.

Aliran ini memberikan spirit dan motifasi kepada para warganya yang mayoritas petani untuk mengabdikan diri sebagai petani yang baik. ATM dianggap sejalan dengan dengan Islam yang juga menganjurkan keluhuran dan kearifan kepada para pemeluknya.




Kata Among itu sendiri berasal dari kata ngemong artinyamelindungi, merawat dan memelihara. Anak-anak ereka diajarkan keluhuran budi pekerti, sopan santun, dan kasih sayang, sehingga generasi tua dan generasi penerus terjalin kesatuan dan pewarisan nilai yang ideal.

Konon Soekarno memperkenalkan aliran ATM di sekitar wilayah Madiun, khususnya di dusun Babadan Desa Tawangrejo, Kecamatan Gemarang, Jawa Timur, kemudian meluas ke wilayah lain. Soekarno saat itu masih berumur 45 tahun dipandang memiliki ilmu linuwih (serba bisa), termasuk bisa menghilang, bisa terbang ke langit, dan bisa berkomunikasi dengan roh-roh yang telah meninggal. Bagi para pengikutnya, Soekarno adalah Ratu Adil, menjadi pemimpin besar. Setelah Soekarno menghilang akan hadir kembali memimpin dunia secara arif dan bijaksana.

Pokok ajaran ATM tidak jauh berbeda dengan ajaran Islam, bahkan mereka mengklaim diri mereka sebagai muslim, dan memang di antara mereka banyak sekali menjadi penganut muslim taat, bahkan ada yang sudah haji. Mereka mendasarkan kepercayaannya juga kepada Al-Quran. Mereka menjalankan syariah seperti puasa dan shalat lima waktu.

Memang ada sejumlah orang di antara mereka melakukan praktek syinkretis dan sering disebut sebagai panganut Islam Kejawen, terutama jika dilihat ritual sehari-hari mereka, sering melakukan praktek-praktek yang tidak umum dilakukan oleh umat Islam mainstream. Contoh ajaran ATM menziarahi kuburan leluhur malam Jumat Legi yang dianggap memiliki banyak keutamaan.

Mereka melakukan ritual tahunan yang biasa disebut Muharraman. Bulan Syuro dianggap memiliki banyak rahasia dan sangat penting artinya bagi mereka yang menginginkan berbagai keistimewaan. Mereka juga sering melakukan Semedi untuk hanyenyuwundumateng ingkang Maha Kuasa (memohon kekhususan dari Tuhan Yang Maha Kuasa).

Dalam melakukan praktek ritual, pengikut aliran ATM, baik laki-laki maupun perempuan, diharuskan membawa Bunga telon yang dibeli dipasar atau dipetik di halaman. Tidak boleh diadakan sesudah upacara selesai. Mereka sederet berdoa bersama tanpa suara di malam hari hingga fajar. Bunga telon yang sudah didoakan ditaburkan ke makam. Para pemilik Bunga telon akan diampuni dosanya oleh Tuhan dan dikaruniai rezki dan kemudahan urusan, dan hal-hal lain yang dimohon kepada Tuhan. [bersambung]

https://m.inilah.com/news/detail/219...tani-majapahit
image-url-apps
sayang nya anak anak generasi ATM itu saat ini lebih memilih untuk berternak bitcoin di alam astral bernama deep web

ketimbang menggarap sawah milik engkongnye
×