alexa-tracking

Tingkatkan Budaya Literasi Lewat Lomba Menulis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aee072adc06bdba498b4578/tingkatkan-budaya-literasi-lewat-lomba-menulis
Tingkatkan Budaya Literasi Lewat Lomba Menulis
Tingkatkan Budaya Literasi Lewat Lomba Menulis

Jakarta: DPP Garda Pemuda NasDem mengadakan lomba menulis esai bertajuk ‘Pemuda Menulis’ dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional. Perlombaan ini untuk mengajak mahasiswa se-Indonesia untuk menyalurkan pemikirannya secara kritis terhadap isu-isu terkini. 


Ketua Umum GP Nasdem Prananda Surya Paloh mengatakan pemuda menulis pada tahun ini mengusung tema 'Ketahanan Energi Indonesia, Tantangan dan Solusi dari Perspektif Kepemudaan'.


Kegiatan ini, lanjut dia, juga upaya mendorong kemajuan literasi nasional. Apalagi berdasarkan statistik UNESCO, masyarakat Indonesia yang memahami literatur hanya 0,01 persen.


'Dari semua penduduk yang bisa dan paham menulis sangat minim di Indonesia. Ini sangat mengkhawatirkan. Kita harus tahu membaca dan menulis adalah tonggak masa depan bagi generasi muda Indonesia,' kata Prananda di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Sabtu, 5 Mei 2018.


GP NasDem coba membuat stigma baru kepada para pemuda di Indonesia, yakni politik tidak selamanya berbicara tentang kekuasaan tetapi juga soal cara mengabdikan untuk negara. salah satunya dengan menuangkan gagasan-gagasan para pemuda yang bisa disalurkan melalui dunia menulis.


Melalui menulis, menurut dia, bisa meningkatkan daya saing dalam menyongsong globalisasi. Indonesia diprediksi akan menjadi jajaran negara dengan perekonomian terbaik di dunia.


'Lemah membaca atau lemah menulis membuat kita mungkin tidak bisa bersaing ditingkat globalisasi. Bagaimana kita mau bersaing di globalisasi kalau tingkat menulis membaca lemah,' jelas dia.


Acara pemuda menulis diawali dengan pendaftaran yang dibuka secara online melalui website pemudamenulis.com dari 27 Februari-19 April 2018. Peserta dari ajang ini sebanyak 1.784 dari 345 perguruan tinggi se-Indonesia.


Dewan Juri menyeleksi tulisan mereka terdiri dari akademisi, praktisi Kementerian ESDM dan pengamat.


Juara I akan mendapatkan hadiah Rp10 juta, Juara II Rp8 juta, Juara III Rp6 juta, Juara Harapan I Rp4 juta, Juara Harapan II Rp3 juta, Juara Harapan III Rp2 juta. Sementara Finalis 7, 8, 9 dan 10 masing-masing mendapatkan Rp1 juta. Selain hadiah, para pemenang juga mendapat pembinaan. 


Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...-lomba-menulis

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tingkatkan Budaya Literasi Lewat Lomba Menulis Menteri Muhadjir Minta Guru Selaraskan Pendidikan dan Kebudayaan

- Tingkatkan Budaya Literasi Lewat Lomba Menulis FSGI Kritisi Kesejahteraan Guru di Hardiknas

- Tingkatkan Budaya Literasi Lewat Lomba Menulis Jokowi akan Mendongeng di Hari Pendidikan Nasional

×