alexa-tracking

Surabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari China

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed965f6208818d248b4569/surabaya-dapat-kiriman-bawang-putih-24-ribu-ton-dari-china
Surabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari China
Surabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari China
Mei 4, 2018 13:49

Surabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari China

Surabaya, Aktual.com – Pada awal bulan Ramadhan 2018, permintaan bawang putih diprediksi bakal mengalami kenaikan sekitar 10 hingga 20 persen. Demikian disampaikan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia (APBPI), Kuswanto Setiawan.
Menurut dia, kebutuhan masyarakat terhadap bawang putih mengalami peningkatan. “Stok bawang putih di awal Ramadhan sampai Hari Raya Idul Fitri dipastikan aman. Sebab, pada 8 Mei besok akan datang 800 kontainer atau setara 24 ribu ton bawang putih dari China,” kata Koesawanto saat di pasar Pabean, Surabaya, Jumat (4/5).

Kuswanto menjelaskan, harga bawang putih untuk saat ini mencapai Rp 11 ribu per kilogram di tingkat distributor. Dan ketika sampai ke konsumen harganya tidak lebih Rp 20 ribu per kg.
Untuk saat ini, bawang putih import memang masih mendominasi. Selain murah, umbinya lebih besar dan murah. Sementara untuk bawang putih lokal harganya diperkirakan Rp 36.000 sampai Rp 40.000 per kg.
Sehingga, Koeswanto, bila dibandingkan dengan bawang import sangat berbeda baik kualitas maupun harganya.

http://www.aktual.com/surabaya-dapat-kiriman-bawang-putih-24-ribu-ton-dari-china/



Harga Bawang Putih Bergejolak, Pedagang Pasar Mengadu ke DPR
10 April 2018 19:52


Surabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari China

Jakarta, CNBC Indonesia - Siang tadi, Asosiasi Pedagang Bawang Putih menemui Komisi IV DPR. Mereka mengeluhkan tidak pastinya suplai bawang putih ke pasar sehingga menyebabkan harga melambung tinggi.  

Izin impor yang tidak pasti, baik dari sisi waktu maupun prosedur, menjadi kambing hitam penyebab terhambatnya pasokan. Hal ini menyebabkan spekulan mendapat celah untuk memainkan harga. 

"Harga bawang putih bisa melesat cepat sekali. Di tingkat distributor, harga Januari Rp 13.000/kg, Februari Rp 20.000/kg, dan sekarang sudah berkisar antara Rp 25.000 - 30.000/kg. Kalau saya nggak beli, takut nanti naik lagi. Kalau saya beli, nanti tiba-tiba izin keluar dan harga anjlok. Serba salah jadinya," ungkap Siti Khairul, pedagang bawang putih Pasar Induk Kramat Jati di depan anggota DPR, Selasa (10/4/2018). 

Menurut Siti, saat dulu importasi bawang putih masih bebas, harga bawang putih murni dikendalikan oleh hukum pasar dan resiko gejolak harga sangat kecil. Dengan demikian, pedagang memperoleh kepastian suplai dan spekulan tidak bisa bermain. 

"Sejak dikendalikan dengan kuota, sudah bergejolak 3-4 kali dalam beberapa bulan terakhir. Informasinya, harga bawang putih impor dari China untuk sampai ke Jakarta atau Surabaya modalnya Rp 9.000/kg, tapi sekarang harga jual sudah di atas Rp 20.000/kg. Selisih lebih dari Rp 10.000 ini sangat menggiurkan. Coba saja dikalikan dengan impor 400 ribu ton setahun, ada Rp 4 triliun," jelasnya. 


Kewajiban importir untuk menanam bawang juga dianggap kontraproduktif. Harga bibit dapat mencapai Rp 70.000/kg, sementara harga bawang konsumsi sekitar Rp 20.000/kg. Importir juga tidak memiliki pengetahuan dalam menanam bawang putih. 

Adapun hasil panen bawang putih lokal ukurannya kecil dan tidak diminati oleh pembeli. Selain itu, modalnya bisa lebih dari Rp 30.000/kg dengan hasil panen hanya sekitar 9 ton per hektar basah sehingga tidak akan mampu bersaing dengan bawang putih impor. Sebagai informasi, saat ini kebutuhan bawang putih nasional 95% dipenuhi oleh impor. 

"Ini faktor iklim Indonesia yang tidak cocok untuk tanam bawang putih. Mau lahan berapa banyak juga percuma. Lain halnya dengan bawang merah," kata Siti. 

Menanggapi hal ini, Pimpinan Komisi IV DPR berjanji akan mengadakan rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan kementerian terkait seperti Kementerian Pertanian, Satgas Pangan, Badan Urusan Logistik (Bulog), dan Kementerian Perdagangan pada pekan depan.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20180410193525-4-10475/harga-bawang-putih-bergejolak-pedagang-pasar-mengadu-ke-dpr

------------------------------

Coba di cek ... itu yang ngadu ke DPR soal harga bawang putih mahal, pake gelang atau nggak? Terus yang kemudian ditunjuk jadi importir bawang putih dari China itu, pake gelang yang sama dengan pengadu ke DPR itu?


emoticon-Wkwkwk

klo ga impor, maka kebutuhan ga mencukupi
akhirnya bawang putih naik harga

lalu protes macam orang bego bin tolol

--------------------------------------------------------------
di impor biar kebutuhan tercukupi
sehingga harga bawang putih tetap stabil

tetap di protes macam orang bego bin tolol

emoticon-Traveller
Ternyata 97 Persen Bawang Putih RI Diimpor dari China
Harus diakui, Indonesia memang belum bisa memproduksi komoditas bawang putih.
https://www.viva.co.id/berita/bisnis...por-dari-china


Bawang Putih China Kuasai Pasar Lokal
Komoditas bawang putih lokal makin ditinggalkan oleh konsumen. Mereka lebih memilih membeli bawang putih impor asal Tiongkok.
https://www.balipuspanews.com/bawang...sar-lokal.html
KASKUS Ads
image-url-apps
Kementan bilang swasembada bawang putih 2019, deket-deket pilpres buat ngayakin suara petani dengan janji-janji manis..

Soalnya empat tahun ke belakang swasembada kecebong..
kapan nih indonesia swasembada bawang putih ?
image-url-apps
Quote:


LALU YG SWASEMBADA ITU MAKSUDNYA APA.... CUMA BACOT DOANG KAH?
Quote:

mksdnya ini?
Surabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari China


tau arti target?
image-url-apps
Quote:


HAHAHA... TARGET TOH... LALU YG TAHUN KEMARIN SWASEMBADA BERAS, TAPI KOK TETAP IMPOR BERAS. GOBLOK GAK?
image-url-apps
Ini negara kalau mau maju sdh dr dulu. Intinya kagak mau maju. 70 thn merdeka semua pada import. Apa kata dunia.emoticon-Entahlah
Quote:


https://www.merdeka.com/uang/5-fakta...wasembada.html

baca sendiri de
males gw jelasin panjang x lebar
cem otak nasbung bisa masuk saja

emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Karena banyak org tolol dan pemalas kaya loe beranak kaya tikus....
image-url-apps
Trus apa kerjanya kementan n mahosiswa pertanian?
swasembada pangan....kibulan maut scorpion king emoticon-Leh Uga:
image-url-apps
fitnah merajalela menjelang menjelang 2019 hanya demi menjatuhkan jokowiSurabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari ChinaSurabaya Dapat Kiriman Bawang Putih 24 Ribu Ton dari China
image-url-apps
Quote:


HAHAHAA... GA BISA JAWAB LALU BICARA NGACO
image-url-apps
Quote:


FAKTA SWASEMBADA KOK NGIMPOR... NGEKSPOR SEKALIAN... WKWK
image-url-apps
Quote:


Caps rusak? Or mata dah rabun?

Lu tanya lah ma ketua lu dulu menteri perhutani dr psk, lahan hutan dibuka brp banyak buat sawit sampe kontrak puluhan tahun

Paling gampang yah org2 tolol kaya lu kaga berkembang biak kaya tikus n dibiarin tanpa pendidikan n gizi yg cukup (plus diajarin displin kaga males kaya skr.... Akhirnya jadi pelacur online demi makan)
bawang putih mahal

jangan makan bawang putih

emoticon-Ngakak
image-url-apps


Quote:

Klo sampe skrg msh import 97% kpn mw swasembada bray...

Ap cukup 1,5 thn swasembada bawang?


Optimis boleh tp harus realistis


Gw ngasih KPI k mentan 0,5 bray dari 4
image-url-apps
rakyat harus diajarin berani nawar....
×