alexa-tracking

Aksi politik di CFD bakal ditindak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed8914dac13ef1478b457c/aksi-politik-di-cfd-bakal-ditindak
Aksi politik di CFD bakal ditindak
Aksi politik di CFD bakal ditindak
Masyarakat berolah raga di ruas Jl. Sudirman-Thamrin di Jakarta, dalam acara car free day, Minggu (8/4/2018). Aktivitas politik dan SARA dilarang keras digelar dalam acara itu.
Kepolisian Polda Metro Jaya dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menindak aksi politik yang digelar di area Car Free Day (CFD). Mereka sepakat melarang kegiatan yang berbau politik dan SARA yang digelar tiap Minggu pagi itu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, menyatakan tindakan tegas ini menyusul dugaan persekusi yang dilakukan massa, Minggu (29/4/2018) lalu.

Pemerintah melarang publik menggelar acara berbau politik dalam CFD. Dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 12 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), kegiatan yang diperbolehkan hanya seputar seni dan olahraga.

"Pasal 7 ayat 2 dilarang disebutkan CFD tak bisa digunakan untuk bersifat politik, SARA, orasi yang mengandung ujaran kebencian dan bersifat menghasut," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Sigit Wijatmoko, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (5/5/2018).

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengumumkan Deklarasi Akbar Relawan Nasional #2019GantiPresiden batal digelar di sekitar patung kuda, lantaran masuk area CFD.

Mardani menyebut acara yang rencananya digelar Minggu (6/5) ini akan dipindah ke Taman Aspirasi, Jakarta Pusat, di dekat Istana Negara. Tapi polisi masih mengkaji izin pemindahan acara ini.

Pekan lalu, aksi persekusi atas pemakai kaus dengan tagar #DiaSibukKerja oleh pemakai kaus tagar #2019GantiPresiden ramai di linimasa.

Walau berbau politik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai aksi politik dalam CFD itu bukan pidana Pemilu.

"Karena sekarang belum masa kampanye, capresnya belum ada. Siapa yang menjadi calon presiden sekarang? Calon presiden kan ada setelah bulan Agustus nanti," ujar Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja, Sabtu (5/5/2018) seperti dipetik dari Kompas.com.

Relawan #2019GantiPresiden Mustofa Nahrawardaya berpendapat, sebenarnya penyebaran tagar #2019GantiPresiden adalah latihan kampanye pemilihan presiden, 2019 mendatang.

"Kampanye kan masih lama, ini sekarang latihan saja," ujar Mustofa di Jakarta Pusat, Sabtu (5/5/2018). Menurut Mustofa, latihan kampanye berdampak positif. Terutama bagi kelancaran rangkaian pemilihan presiden 2019 mendatang.

Bagja menilai, tagar #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja pada kaus dua kelompok massa di CFD itu bukan simbol politik, tapi bagian dari kebebasan berekspresi.

Nah, bullying atau ancaman atas kebebasan berekspresi, bukan kewenanangan Bawaslu. "Kalau bully, soal menghalang-halangi kebebasan berekspresi, itu wewenangnya Polri," lanjut dia.

Sehari setelah CFD, perempuan yang menjadi korban persekusi Susi Ferawati melaporkan kasus ini ke polisi. Pada Senin (30/4/2018) ia melayangkan [URL="https://megapolitan.kompas.com/read/2018/05/04/15523061/polisi-periksa-ibu-berkaus-diasibukkerja-yang-diduga-alami-persekusi-di. "]dua laporan[/URL].

Pertama laporan Direktorat Reserse dan Kriminal Umum mengenai perlindungan anak dan perbuatan tidak menyenangkan, disertai pengeroyokan. Laporan kedua ke Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus mengenai ancaman di media sosial.

Susi mengatakan, seorang bernama Mustofa Nahrawardaya melalui akun Twitter @NetizenTofa, telah melontarkan pernyataan provokatif kepadanya.
Aksi politik di CFD bakal ditindak


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...bakal-ditindak

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Aksi politik di CFD bakal ditindak Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes

- Aksi politik di CFD bakal ditindak Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan

- Aksi politik di CFD bakal ditindak KPK tangkap anggota DPR RI dan sita ratusan juta rupiah

×