alexa-tracking

Dua Siswa Kelas 5 SD Ciptakan Alat Deteksi Kebocoran Tabung Gas

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed5edede2cf211728b456f/dua-siswa-kelas-5-sd-ciptakan-alat-deteksi-kebocoran-tabung-gas
Dua Siswa Kelas 5 SD Ciptakan Alat Deteksi Kebocoran Tabung Gas
Dua Siswa Kelas 5 SD Ciptakan Alat Deteksi Kebocoran Tabung Gas

GRESIK, KOMPAS.com – Kejadian ledakan tabung gas elpiji terus saja terulang. Tidak hanya mengakibatkan rumah dan barang berharga terbakar, namun juga tak jarang membuat luka orang yang kebetulan sedang berada di sekitar area kejadian.

Rupanya kejadian tersebut menginspirasi dua siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 GKB, Gresik, yakni, Zevana Hamdan Zahuri Kisna dan Berliana Abidatillah Mumtazah, yang sama-sama masih duduk di bangku kelas lima, untuk menciptakan sebuah alat bantu.

Mereka berdua menciptakan alat peraga bernama BIAS (Botol Informasi Ambang Suhu Ruangan).

Alat ini dianggap mampu mendeteksi panas berlebihan yang ada dalam sebuah ruangan sehingga dapat mencegah resiko terjadinya kebakaran.

“Alasan yang mengilhami kami berdua menciptakan BIAS ini, karena kami sempat melihat ada salah satu dari orang tua siswa di sekolah ini yang terkena ledakan tabung elpiji,” tutur Hamdan, sapaan Zevana Hamdan Zahuri Kisna, Sabtu (5/5/2018).

Saat itu, Hamdan dan Berliana merasa prihatin melihat salah satu wali murid saat mengantar anaknya bersekolah dengan kondisi mengalami bekas luka bakar.

Ternyata, orang tua murid tersebut mengalami luka bakar itu akibat dari ledakan tabung elpiji 3 kilogram.

“Jadi kami kemudian menciptakan alat ini, dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dari lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Dalam praktek penggunaan BIAS, Hamdan maupun Berliana menggunakan tiga botol kaca yang sudah berisi air yang lantas saling dihubungkan dengan selang.

Botol air yang berada di tengah khusus diberikan warna merah dan tersambung dengan bel.

“Saat ada peningkatan panas di suatu ruangan, maka air yang ada di dalam botol akan memuai. Coba dibayangkan seperti orang masak air, semakin suhunya panas kan mendidih. Dengan air yang memuai itu, akan masuk pada botol warna merah yang sudah terdapat kabel positif dan negatif, dan kabel itu tersambung dengan bel,” kata Berliana.

Begitu bel dari BIAS berbunyi, maka dapat dijadikan pedoman bagi orang yang ada di sekitar ruangan, apabila terjadi kebocoran tabung gas.

Sehingga, mereka dapat lebih waspada, dengan harapan tidak sampai menjadi korban dari ledakan tabung gas elpiji.

Atas penemuan tersebut, BIAS juga sempat ditetapkan menjadi yang terbaik dalam lomba karya cipta dan penelitian ilmiah kategori IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik pada bulan April 2018 kemarin.

sumur

==================

Wah ini nih calon Stark dan Shuri ala indonesia. Saya sih bangga kalau emang bener2 terjadi, tapi disamping hal itu kira2 masuk akal gak sih anak kelas 5 SD udah kepikiran hal ky gitu, dan itu suhu memanas sampe berapa derajad sampe bisa memuaikan air, jangan2 pas rumahnya udah kebakar. Bangga sih boleh, tapi kritis juga harus, jangan sampe ky yg udah2, memplagiat karya orang lain demi ketenaran sesaat emoticon-Big Grin
Mantaff ade2 sekalian emoticon-thumbsup
perbanyak ilmu di bidang IPTEK, biar berguna bagi org banyak
Rumahnya udah dilahap api baru belnya bunyi gan.. emoticon-Ngakak Tapi boleh lah idenya buat anak kelas 5SD.. emoticon-Ngakak
gini doank???
mana gambar alatnya?
bukannya udah ada pendeteksinya yg langsung bunyi "bochor bochor!!" emoticon-Om Telolet Om! namanya prabochor
Nice banget akan saya kembangkan agar bisa diproduksi masal sehingga bisa jadi lapangan pekerjaan tinggal nyari investor nya aja
emoticon-Cool emoticon-Cool
Ane gak percaya. Kapan majunya negeri ini kalo anak kecil aja udah diajarin pencitraan?
kalo alatnya udah bunyi berarti ada kebocoran tabung gas
nah, kalo udah tau ada kebocoran gas terus ngapain gan?
harus dilanjutkan nih penelitiannya, biar tuntas
malah kalo bisa, bikin tabung gas/ mekanisme anti bocor
emoticon-Jempol
eeeee.. pertanyaan...

apakah jika terjadi kebocoran gas, ruangan akan memanas?
ane serius nanya.

Jika tidak, maka alat ini agak useless.. atau setidaknya tidak cocok dengan "pendeteksi kebocoran gas", lebih cocoknya "pendeteksi panas ruangan"

Btw sejauh yg ane tau, kebocoran gas ga bikin panas..cuma bunyi desis (klo terdengar) dan bau yg menyengat.. tapi sekalinya ada api kecil... Duarrrrr.. tanpa ruangan panaspun.

Tapi kalo mekanisme alat tsb mendeteksi bau gas, baru ane percaya
emoticon-Ngakak

Edit... Antara judul dan isi berita memang ga sinkron ternyata, si anak cuma menciptakan alat pendeteksi panas yg melebihi batas

emoticon-Hammer2
pendeteksi kebocoran gas? sejak kapan gas bocor bikin suhu ruangan meningkat, sampai bisa memuaikan air di dalam botol? emoticon-Bingung


dan kayaknya ini nggak berguna buat di luar ruangan.
Ntuh airnya naik di botol pas suhu nya berapa derajat memangnya ??

Gas bocor cuma nimbulin bau...
Klau kena api baru meledak...

Nih guru SD nya pake konsep apa ya ngajarin anak muridnya...
emoticon-Bingung

Dengan air yang memuai itu, akan masuk pada botol warna merah yang sudah terdapat kabel positif dan negatif, dan kabel itu tersambung dengan bel.

Kabel positif dan negatif pada botol...
Bukannya ntuh listriknya dari baterainya bkalan masuk ke air bukannya ke bel malahan...
emoticon-No Hope

Quote:


Kapan yang seperti ini di sponsorin ama pemerintah untuk menjadi lebih baik di masa depan?
Atau seperti lainnya berjuang dalam keterbatasan dan di sponsorin ama negara tetangga dan kita mewek sendiri... emoticon-Wakaka
anak sd loh bray , baguslah kreatif emoticon-Big Grin

paling murah n simple sediain aja lilin deket tabungnya, nyalain tiap mau masak. kalau membleduk berarti bocor. simple emoticon-thumbsup
mau komen pedes kasian juga masih kecil.
Ya ya ya..

Patut diapresiasi lah

Daripada si jongos dan nastaik kunyuk yang bisanya cuma bikin gaduh..
Quote:


sama bre..
Quote:


sama-sama broemoticon-Big Grin emoticon-Ngakak (S)
Gua dr SD kelas 1 jg uda ciptain alat detek gas, ampuh cm blm dites. Maklum dl model2 sains gini msh jarang

Tinggal beli korek tokai di warung trus deketin dmn yg kira2 ada kebocoran gas... nyalain dah itu tokai kalo meledak berarti bener ada kebocoran gas
Quote:


Maksud loooo????
Ga yakin kalau dr pemikiran bocah sd