alexa-tracking

Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed3d25507410bc0d8b4578/jadi-cpns-guru-honorer-tetap-harus-tes
Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes
Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes
Sejumlah mahasiswa berunjuk rasa menolak gaji rendah buat guru honorer di gedung DPRD Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (3/5/2018).
Sengkarut guru honorer tampaknya masih akan berjalan panjang. Sebabnya, kebijakan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tak sejalan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy ingin mengangkat guru honorer menjadi PNS. Sebab, status guru honorer itu seharusnya tak boleh ada dalam sekolah.

Berdasar data yang dia miliki, jumlah guru honorer yang tercatat sampai tahun lalu mencapai 736 ribu orang. Semuanya bertugas di sekolah negeri.

"Tahun ini mudah-mudahan kami bisa mengangkat (guru honorer menjadi PNS) dengan jumlah yang agak besar," katanya di Jakarta, seperti dikutip dari Jawapos.com, Rabu (2/5/2018).

Muhadjir menjelaskan, pihaknya tak mungkin mengangkat langsung semua guru honorer. Tapi mengangkat mereka secara bertahap. Proses pengangkatan bakal menyesuaikan kebutuhan. Contohnya, menutup kekosongan posisi yang ditinggalkan karena pensiun.

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi menyambut baik rencana pemerintah mengangkat para guru honorer menjadi PNS. "Yang penting, dibuka akses atau kesempatan guru honorer untuk menjadi PNS," kata dia.

Unifah menegaskan, pengangkatan guru honorer tersebut tetap dilakukan sesuai kompetensi dan kualifikasi guru.

Untuk prosedur, skema, serta jumlah guru honorer yang diangkat setiap tahun, secara terperinci Kemendikbud menyerahkan urusan itu kepada Kemen PAN-RB.

Namun Menteri PAN-RB Asman Abnur memastikan tidak ada lagi pengangkatan langsung tenaga honorer menjadi PNS. Asman menegaskan, tenaga honorer harus ikut tes seleksi calon PNS (CPNS) sesuai dengan amanat Undang-undang.

Asman menjelaskan, tahun ini memang ada penerimaan CPNS. Tapi semua harus melalui tes. Semua diumumkan secara transparan dan tidak ada lagi sistem titipan pejabat.

"Jadi kalau ada pegawai yang sudah bekerja lima tahun, dua tahun atau tiga tahun, silakan ikut tes jika ingin jadi PNS," kata dia di Makassar, Kamis (3/5/2018) seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Menurut Asman, Bupati, Gubernur, termasuk Menteri sekali pun tidak bisa membantu seseorang jadi CPNS. "Yang bisa membantunya adalah kemampuan individunya sendiri. Ada tesnya, ada soal-soalnya," kata Asman tegas.

Awal April lalu Asman menyatakan, penambahan jumlah guru akan menyesuaikan dengan rasio jumlah murid yang ada saat ini."Yaitu 1:16 atau 16 murid diajar oleh seorang guru dalam satu kelas," ujar Asman seperti dikutip dari kumparan.com.

Mekanisme pengangkatan guru akan mengacu pada Undang-undang Guru dan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN)."Jadi kami tetap mengacu pada aturan yang berlaku itu. Yang paling utama kami sekarang melakukan validasi data," kata Asman.

Sebelumnya Muhadjir menjelaskan, keberadaan guru honorer awalnya direkrut untuk menambal kekosongan guru yang pensiun sejak 15 tahun lalu. Untuk menambal kekosongan itu, pihak sekolah harus mencari tenaga pengajar baru. Di sinilah guru honorer masuk dan membantu mengajar.

Apalagi saat ada moratorium pengangkatan PNS, rekrutmen guru honorer bertambah, Karena guru-guru yang pensiun tidak ada penggantinya.

Menurut Muhadjir sejatinya guru honorer merupakan profesi yang tidak terkait dengan instansi mana pun. Berdasarkan peraturan yang berlaku, guru honorer seharusnya sudah tidak boleh ada dalam sekolah.

"Guru honorer itu sebetulnya sudah tidak ada, karena memang menurut peraturan tidak boleh ada lagi dari rekrutmen guru honorer," kata Muhadjir seperti dikutip dari detikFinance, Jumat (4/5/2018).

Tapi jumlah kemudian membengkak. Salah satunya karena keputusan sekolah mempekerjakan guru honorer secara tidak teratur. "Sekolah-sekolah secara serampangan mengambil jalan pintas. Yaitu, mengangkat guru honorer," ujarnya.

Oleh sebab itu, menurut Muhadjir, guru honorer merupakan tanggung jawab pihak sekolah yang merekrut mereka.
Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...etap-harus-tes

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan

- Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes KPK tangkap anggota DPR RI dan sita ratusan juta rupiah

- Jadi CPNS guru honorer tetap harus tes Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh

image-url-apps
lempar terus tuh tanggung jawab.. polemik yg sama tapi ga pernah ada solusi real, mau presidennya siapa keq
yaa gini2 aja terus

dari paragraf terakhir isi berita nya, dapat gw tarik kesimpulan mendikbud secara ga langsung bilang " Bukan urusan saya"
taik
image-url-apps
kalo mau pait2an ya, mending kalo mau cari duit ya jgn jadi guru honorer. Pilih profesi lain, yg potensinya lebih menghasilkan. Mau gimanapun undang2 jg ttp harus dijalankan toh, tes yg lolos ya yg bisa jd guru PNS krn itu pasti yg terbaik.
Tp itu menurut pendapat ane lho gan emoticon-Cool
×