alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed37845a5163113b8b4572/kasus-sukmawati-lanjut-meski-status-tersangka-rizieq-dibatalkan

Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan

Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan
Rizieq Shihab saat diperiksa oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan penghinaan Pancasila dan Presiden Soekarno, 1 Februari 2017.
Imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, bebas dari status tersangka untuk satu kasus hukum yang menjeratnya.

Tak banyak yang mengetahui, Kepolisian Daerah Jawa Barat ternyata telah menerbitkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara atau SP3 sejak akhir Februari 2018 untuk kasus penodaan Pancasila dan pencemaran nama baik Presiden Soekarno.

Rizieq disangkakan melanggar Pasal 154 a KUHP tentang Penodaan Lambang Negara dan Pasal 310 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Ajun Komisaris Besar Trunoyudho Wisnu Andiko, mengaku pihaknya sudah melakukan penyidikan kasus itu setelah menerima limpahan laporan Sukmawati Soekarnoputri dari Bareskrim Polri. Akan tetapi setelah ditindaklanjuti, kasus tersebut tidak memiliki cukup bukti yang kuat.

"Kan gini, kita sudah melakukan proses penyidikan secara keseluruhan dan komprehensif, namun itu kurang bukti. Laporannya cuma satu, dari ibu Sukmawati, dengan nomor laporan LP/1077/X/2016," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat, Ajun Komisaris Besar Trunoyudho Wisnu Andiko dalam detikcom, Jumat (4/5/2018).

Banyak yang mencurigai pencabutan kasus Rizieq di Jawa Barat adalah kesepakatan politik antara pihaknya dengan kepolisian sehingga kasus penodaan agama oleh Sukmawati dihentikan.

Namun pengacara Rizieq yang juga koordinator Tim Pembela Umat, Kapitra Ampera, menegaskan bahwa tidak ada kesepakatan seperti itu.

Dalam BBC Indonesia, Kapitra menyatakan penghentian penyidikan kliennya murni alasan hukum dan tidak adanya bukti yang kuat terkait pernyataan yang disebut menodai Pancasila dan Bapak Proklamator.

"Tidak ada barter. Soal Sukmawati itu soal lain. Kalau laporan Sukmawati memenuhi unsur delik, tentu harus ditindaklanjuti. Kalau tidak ada unsur delik, tentu harus dihentikan," sebut Kapitra.

Pernyataan serupa juga dilontarkan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto.

Dirinya menegaskan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan kasus puisi kontroversial Sukmawati. Apalagi, ada banyak laporan terhadap Sukmawati dan tersebar di beberapa kepolisian daerah.

"Nah, kami meneliti nanti. Apakah peristiwa ini suatu perbuatan dalam satu wilayah atau memang tersebar," sebut Ari dalam VIVA, Jumat (4/5/2018).

Jika waktu dan tempat perkara dilaporkan sama, maka tidak menutup kemungkinan penanganan kasus tersebut akan ditarik menjadi satu di Bareskrim Polri.

Sukmawati membacakan puisi kontroversialnya dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018. Puisi tersebut kemudian memicu kontroversi karena menyinggung syariat Islam, azan dan cadar.

Sukmawati kemudian membantah puisinya bernuansa SARA, melainkan semata-mata murni sebagai karya sastra. Karena terus menjadi polemik, dirinya kemudian menggelar jumpa pers dan meminta maaf.

Di sisi lain, Rizieq dilaporkan Sukmawati pada Oktober 2016 dengan dugaan penodaan lambang negara Pancasila dan pencemaran nama baik mendiang ayahnya.

Sukmawati mempersoalkan ceramah Rizieq yang menyebut "Pancasila Soekarno, ketuhanan ada di pantat, sedangkan Pancasila piagam Jakarta ketuhanan ada di kepala" yang beredar di YouTube sejak 2014. Dalam video itu, Rizieq diketahui sedang berceramah di sebuah tempat di wilayah Jawa Barat.

Rizieq hanya satu kali hadir dalam pemeriksaan kasus ini. Setelahnya dia selalu mangkir dari pemeriksaan dengan alasan kriminalisasi karena meyakini video itu adalah hasil suntingan.

Tapi Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan pernah berujar, video Rizieq itu sudah dicek di Puslabfor dan hasil kesimpulannya adalah asli, bukan suntingan.

Status Rizieq sebagai tersangka sejatinya belum hilang. Sebab, Rizieq masih berstatus tersangka untuk kasus lain, yakni kasus dugaan pornografi yang dulu sempat ramai beredar dalam situs 'baladacintarizieq'.

Rizieq tetap menganggap dikriminalisasi atas kasus-kasus yang menjeratnya. Oleh karenanya, dia memilih untuk menetap di Arab Saudi sejak setahun lalu dan mengaku akan kembali ke Indonesia jika semua kasus yang melibatkannya dicabut.
Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ieq-dibatalkan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan KPK tangkap anggota DPR RI dan sita ratusan juta rupiah

- Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh

- Kasus Sukmawati lanjut meski status tersangka Rizieq dibatalkan Orang tajir mendominasi bank, orang pinggiran tanpa rekening

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di