alexa-tracking

Israel Mundur dari Perebutan Kursi Dewan Keamanan PBB

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed361d1a99755f688b456c/israel-mundur-dari-perebutan-kursi-dewan-keamanan-pbb
Israel Mundur dari Perebutan Kursi Dewan Keamanan PBB
Israel Mundur dari Perebutan Kursi Dewan Keamanan PBB

Israel menyatakan mundur dari pertarungan memperebutkan kursi Dewan Keamanan (DK) PBB. Rencananya voting anggota baru Dewan Keamanan PBB akan digelar bulan depan.

Diberitakan Reuters, pada Jumat (4/5) Israel awalnya akan memperebutkan dua kursi DK PBB untuk negara dari wilayah Eropa Barat dan Kelompok Lain. Israel akan berhadapan dengan Jerman dan Belgia dalam voting bulan depan untuk keanggotaan baru DK PBB pada 1 Januari 2019.

"Telah diputuskan kami akan berada bersama para sekutu kami agar Israel bisa mewujudkan hak penuh dalam partisipasi dan keikutsertaan proses pembuatan keputusan di PBB," ujar pernyataan misi Israel di PBB.

Sumber diplomat PBB kepada Reuters mengatakan, Israel menarik diri karena yakin kesempatan menang mereka dalam voting sangat kecil. Dengan ini, Jerman dan Belgia tidak punya pesaing namun masih memerlukan lebih dari sepertiga suara dari Majelis Umum untuk bisa duduk di DK PBB.

Setiap tahunnya Majelis Umum memilih lima anggota baru DK PBB. Untuk memastikan perwakilan yang merata di seluruh wilayah dunia, keanggotaan DK PBB dibagi per regional.

Lima kursi di DK PBB untuk negara Afrika dan Asia, satu untuk Eropa Timur, dua untuk Amerika Latin dan Karibia, dan dua untuk Eropa Barat dan negara lainnya. Indonesia akan berhadapan dengan Maladewa untuk kursi DK PBB bagi negara Asia Pasifik. 

DK adalah satu-satunya badan PBB yang memiliki keputusan mengikat secara hukum internasional. Namun resolusi DK PBB bisa diveto oleh lima anggota tetapnya, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, China, dan Rusia.



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/i...n-keamanan-pbb

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Israel Mundur dari Perebutan Kursi Dewan Keamanan PBB Bhayangkari Polsek Tambora Gelar Olahraga Bersama

- Israel Mundur dari Perebutan Kursi Dewan Keamanan PBB Baik Buruk Kampanye Politik Lewat Medsos: Waspada Janus

- Israel Mundur dari Perebutan Kursi Dewan Keamanan PBB Pemerkosa Turis asal Denmark dititipkan di Rutan Anak Air Padang

×