alexa-tracking

Perawat AS Perlihatkan Beda Paru-paru Perokok dan Non-perokok

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed2db4ddd770016f8b456e/perawat-as-perlihatkan-beda-paru-paru-perokok-dan-non-perokok
Perawat AS Perlihatkan Beda Paru-paru Perokok dan Non-perokok
Perawat AS Perlihatkan Beda Paru-paru Perokok dan Non-perokok

Seorang perawat di Amerika Serikat memperlihatkan beda antara paru-paru perokok dan non-perokok dalam sebuah video. Video ini diharapkan menjadi pengetahuan sekaligus peringatan bahaya merokok.

Dikutip dari AFP, Jumat (4/5), video tersebut diunggah oleh perawat dari North Carolina, Amanda Eller di akun Facebooknya. Dalam video terlihat dua buah paru-paru, yang menghitam dan yang merah segar.

Paru-paru yang menghitam adalah milik penderita kanker yang merokok sebungkus setiap hari selama 20 tahun. Sedangkan paru-paru yang berwarna merah adalah milik orang yang sehat non-perokok.

Eller lantas memompakan udara ke dua paru-paru itu untuk melihat perbedaannya. Performa paru-paru yang hitam, kata Eller, tidak baik karena menyusut dengan cepat dan mengkerut setelah sebelumnya mengembang ketika mengisap udara. 

Sedangkan paru-paru yang sehat menyusut dengan perlahan kembali ke bentuk semula usai dimasuki udara.

"Karena ini paru-paru COPD (Penyakit paru-paru kronik), paru-paru kanker. Elastisitasnya telah hilang, jadi dia akan mengembang, lalu menyusut kembali dengan sangat cepat," kata Eller.

Para netizen atau video terpukau dengan video tersebut. Sejauh ini telah 600 ribu orang yang membagikannya dan 10 ribu yang like.

"Wow! saya akan menunjukkannya ke ayah saya," kata salah satu komentar. 

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 7 juta orang meninggal dunia karena penyakit yang diakibatkan rokok. Sebanyak 6 juta di antaranya adalah perokok aktif dan 890 ribu lainnya adalah perokok pasif.





Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/p...an-non-perokok

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Perawat AS Perlihatkan Beda Paru-paru Perokok dan Non-perokok Perawat AS Perlihatkan Beda Paru-paru Perokok dan Non-perokok

- Perawat AS Perlihatkan Beda Paru-paru Perokok dan Non-perokok Susi vs Sandi Jilid II Selesai, Pulau Tidung Langsung Dibersihkan

- Perawat AS Perlihatkan Beda Paru-paru Perokok dan Non-perokok Demokrat Pecat Anggota DPR Komisi XI yang Ditangkap KPK

×