alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aed283dd675d490288b4567/5-teknologi-zaman-purba-yang-menggemparkan-para-ilmuwan-seluruh-dunia

5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia

5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia


Majunya teknologi memang membawa banyak kemajuan di era modern seperti saat ini. Zaman canggih seperti sekarang ini dipenuhi dengan berbagai macam jenis teknologi yang semakin mumpuni di segala bidang. Bahkan teknologi AI sudah menggantikan peran manusia di beberapa bidang. Tidak hanya itu, para developer pun masih terus berupaya mengembangkan berbagai macam teknologi yang lebih canggih untuk masa depan.

Ngomongin dunia teknologi, tahukah agan kalau di zaman dahulu ternyata sudah tercipta beberapa teknologi yang nggak kalah canggih dari teknologi di masa kini. Secanggih apa sih teknologi tersebut ? ayo kita ulas satu per satu dibawah ini.

1.# Teknologi Reaktor Nuklir

5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia


Tim ahli Arkeolog melakukan penelitian di Oklo, Republic Gabon, Afrika menemukan adanya sebuah reaktor nuklir yang  berkapasitas 500 ton biji uranium berusa 2 juta tahun dan bisa menghasilkan daya hingga 100 ribu watt. Penemuan ini membuktikan bahwa sejak jutaan tahun silam, penggunaan reaktor nuklir sudah ada. Bahkan dalam skala yang tidak kecil lagi.
Sekarang tambang nuklir tersebut masih terpelihara dengan baik oleh pemerintah setempat. Untungnya pada jaman tersebut belum mengenal senjata perang berteknologi nuklir.

2.# Teknologi Parthian Batteries

5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia


Awalnya seorang peneliti menemukan sebuah guci di sebuah makam kuno di Khujut, Baghdad. Guci tersebut diperkirakan berusia lebih dari 2 ribu tahun. Wilhem Konig adalah arkeolog jerman yang pertama menyadari bahwa guci itu bukanlah guci sembarangan. Karena didalamnya terdapat pipa tembaga dan sebatang logam yang terhubung dengan baik. Dia pun melakukan penelitian lebih lanjut  terhadap guci itu. Dan ternyata ditemukan bekas cairan asam cuka atau fermentasi anggur di dalamnya.

Pada penelitian selanjutnya dibuktikan bahwa memasukkan fermentasi anggur ke dalam guci itu akan menghasilkan daya listrik sebesar 0,5 volt. Hal tersebut jelas membuat peniliti meyakini bahwa Parthian Batteries ini adalah alat yang dipakai manusia purba untuk menghasilkan energi listrik. Entah digunakan untuk apa listrik tersebut pada zaman itu belum diketahui kebenarannya.

3.# Teknologi Jantung Buatan

5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia


Sebelumnya ane kira jantung buatan adalah sebuah teknologi baru di zaman ini, tapi ternyata 5000 tahun yang lalu sudah ada. Hal ini terkuak ketika para peneliti membuka peti mumi kuno di mesir. Di dada kiri mayat laki-laki dalam mumi tersebut terdapat jantung buatan yang sama funsinya dengan jantung buatan masa kini. Teknologi secanggih ini ternyata sudah ada di zaman itu dan para arkeolog telah mengumpulkan bukti yang sangat kuat.

4.# Teknologi Antikythera Mecanism

5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia


Antikythera Mecanism memiliki bentuk layaknya jam beker yang ditemukan di dalam bangkai kapal oleh para peneliti yunani di dasar laut. Derek John De Solla Price adalah peneliti yang mengungkap bahwa Antikythere Mecanism digunakan untuk mengukur pergerakan bintang dan planet secara manual. Lalu ia melakukan penelitian lebih lanjut dan ternyata teknologi ini memiliki prinsip kerja menyerupai komputer. Oleh karena itu Antikythera Mecanism juga disebut sebagai komputer analog zaman purba.

5.# Teknologi Piri Reis Map

5 Teknologi Zaman Purba Yang Menggemparkan Para ilmuwan Seluruh Dunia


Selembar peta yang terbuat dari kulit binatang ditemukan di kawasan Istana Taifurkhafi, Istanbul. Pada peta kuno ini tercantum tanda tangan laksamana Piri Reis dari Turki Utsmani. Tertera pula tanggal ketika peta itu ditandatangani, yakni pada bulan Muharram tahun 919 kalender islam Islam atau 1513 Masehi.

Keistimewaan peta ini adalah didalamnya tergambar peta dunia yang seolah-olah pembuatnya melihat langsung bentuk bumi dari luar angkasa. Bahkan gambar di peta ini sama persis dengan hasil jepretan bumi dengan satelite apollo 8 di abad modern. Sontak hal tersebut menggemparkan para peneliti dan membangkitkan semangat untuk melakukan penelitian lebih dalam tentang peta ajaib ini.

Walaupun belum diketahui siapa pembuatnya, namun diyakini bahwa dia adalah orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang tak kalah canggih dengan teknologi saat ini.

Sekian dari ane gan, semoga bermanfaat.
Mohon maaf bila ada salah kata.
 
Terimakasih
Urutan Terlama
no 3 ane baru denger, keren juga emoticon-2 Jempol
ternyata udah dari jaman purba emoticon-Matabelo

btw yang nomor 3 keren tuh emoticon-Leh Uga
Quote:

Reaktor Oklo itu reaktor nuklir alami.
Bukan rekayasa manusia atau alien.
Siapa yang memanfaatkan reaktor tadi? Gak ada.

Quote:

Manusia purba?
Sejak kapan manusia 2 ribu tahun silam bisa disebut manusia purba? emoticon-Bingung (S)
Berarti Thales, Phytagoras, Socrates, Aristoteles dan filsuf-filsuf Yunani lain juga manusia purba?

Lagipula fungsi asli "baterai Bagdad' sendiri masih belum jelas.

Quote:

begini dah kalau asal ngutip artikel tanpa cek ulang.
Itu artikel hoax yang dimuat di Weekly World News, media spesialis berita satire.
Soal jantung buatan itu ada di tabloid Weekly World News edisi 17 Maret 1992.

Quote:

Nah, yang ini yang paling valid.
Walo Antikythera Mechanism masih berdasar konsep geosentris.

Quote:

Sesuai namanya, itu dibuat Piri Reis (Ahmed Muhiddin Piri).
Petanya dibuat dengan menggabungkan berbagai peta lain yagn ada saat itu.
Dan karenanya, akurasinya gak seheboh yang digembor-gemborkan.
Jauh kalo dibilang persis jepretan Apollo VIII.
Quote:


inilah pentingnya kroscek sebelum mempercayai sesuatu
emoticon-Ngakak: ngeri juga kalo ada jantung buatan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di