alexa-tracking

Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeceb975074102b688b4571/cuti-lebaran-setnov-di-sukamiskin-dan-presiden-buruh
Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh
Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh
Simak ringkasan artikel menarik sepanjang pekan pertama Mei 2018.
Mengawali Mei 2018, pemberitaan Tanah Air dihiasi beragam isu. Mulai dari hukum, politik, hingga persiapan menyambut Ramadan dan Idulfitri 2018.

Aksi turun ke jalan yang dilakukan puluhan ribu buruh di seluruh Tanah Air dalam rangka Hari Buruh Internasional 2018 memulai rangkaian pemberitaan pekan ini. Perayaan tahun ini menjadi sorotan, lantaran munculnya deklarasi calon presiden "pilihan buruh" pada salah satu aksinya.

Pada hari yang sama, kabar tentang meninggalnya dua bocah dalam kegiatan Pesta Rakyat yang digelar di Monas, Jakarta, pada Sabtu (28/4/2018), juga mencuri perhatian. Sejumlah pihak pun mempertanyakan siapa di balik acara yang diselenggarakan oleh Forum Untukmu Indonesia (FUI) itu.

Ada dua kabar yang paling menyorot perhatian pembaca Beritagar.id terkait persiapan jelang Ramadan dan Idulfitri 2018. Pertama, desakan pengusaha yang meminta pemerintah merevisi kebijakan penambahan cuti Idulfitri yang bisa berlangsung selama nyaris dua pekan.

Kedua adalah soal persiapan infrastruktur menyambut arus mudik dan balik Idulfitri. Pemerintah mengklaim telah menyiapkan tujuh ruas jalan tol--sebagian besar di Pulau Jawa--yang siap beroperasi mulai bulan ini.

Satu kabar lagi yang paling banyak diminati datang dari duo bandit tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK); Fredrich Yunadi dan Setya Novanto. Setelah divonis 15 tahun penjara, mantan Ketua DPR RI itu kini akan menjadi penghuni penjara Sukamiskin. Sementara Fredrich--belum divonis--akan dipindahkan dari rumah tahanan KPK menuju rumah tahanan Cipinang, Jakarta Timur.

Untuk selengkapnya, sila simak rangkuman berita sepekan yang kami siapkan dalam salindia berikut ini.
Prabowo, KSPI, dan upah buruh yang belum selesai Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh
Seperti 4 tahun lalu, KSPI mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden di perayaan Hari Buruh.
Perayaan Hari Buruh ini seperti deja vu. Seperti 4 tahun lalu, Prabowo kembali berpidato di depan ribuan buruh KSPI di Istora Senayan, Jakarta. Prabowo kembali menandatangani 10 tuntutan buruh.

"Pemimpin kalian bertanya kepada saya apakah bersedia menandatangani perjanjian bahwa apabila dipilih jadi presiden, saya akan menjalankan kebijakan yang membela kesejahteraan dan kepentingan rakyat, khususnya buruh," kata Prabowo, Selasa (1/5/2018) dalam Liputan6.com.

Menurut Prabowo, karena 10 tuntutan sejalan dengan Partai Gerinda, dia bersedia tanda tangan. Tuntutan itu isinya antara lain meningkatkan upah minimum hingga mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2018 tentang penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Satu tuntutan baru adalah yang meminta jabatan menteri untuk Presiden KSPI, Said Iqbal, jika Prabowo terpilih.

"Kami akan kawal terus karena ini bukan hanya kontrak politik, tapi meminta Prabowo agar kader terbaik kami jadi orang-orang terdekat di dalam kabinet untuk kawal kontrak politik yang kami lakukan. Entah itu Menaker atau Menko," ucap Ketua Harian KSPI Muhammad Rusdi di Jakarta, Selasa (1/5/2018) seperti dipetik dari detikcom.

Cara Prabowo untuk menggaet dukungan buruh bukan baru sekali. Pada pesta politik 2014, dia juga menggunakan cara yang sama.

Prabowo Subianto adalah orang yang paling lama memendam hasrat menjadi Presiden Republik Indonesia. Pada awal 2004, ia sudah mengikuti Konvensi Partai Golkar agar bisa mencalonkan diri jadi Presiden.

Sayang saat itu ia kalah. Wiranto akhirnya maju mewakili Golkar, walau akhirnya juga kalah oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Empat tahun kemudian Prabowo mendirikan partai politik sendiri, Partai Gerindra. Walau sudah punya partai sendiri, Prabowo menurunkan hasratnya pada Pemilihan Presiden 2009.

Ia mau berpasangan dengan Megawati Soekarnoputri. Mega jadi calon presiden, Prabowo jadi calon wakil presiden. Nahas, duet Mega-Pro kalah oleh pasangan SBY-Boediono.

Lima tahun kemudian Prabowo maju lagi. Ia menggandeng Hatta Rajasa, kembali mengejar hasratnya menjadi presiden. Dengan modal harta yang banyak dan koalisi partai politik bareng PKS, Golkar, dan PAN, hasrat ini tampak bisa dipenuhi.
Pesta rakyat yang berujung tragis Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh
Sejumlah warga berdesakan untuk mengambil sembako gratis saat acara Untukmu Indonesia di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (28/4/2018).
Pesta Rakyat. Begitu judul acara yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (28/4/2018). Akan tetapi, tak seperti laiknya sebuah pesta, acara yang diselenggarakan Forum Untukmu Indonesia (FUI) tersebut berakhir dengan duka, setidaknya bagi dua keluarga.

Dua orang anak, Adinda Rizki (10) dan Muhammad Mahesa Junaedi (12), kehilangan nyawa mereka saat menghadiri acara yang kabarnya dihadiri lebih dari 300.000 orang tersebut.

Iming-iming pembagian sembako gratis--berupa beras (1 kg), minyak goreng (0,25 kg), gula pasir (0,25 kg), dan mie instan (3 bungkus)--berhasil menarik datangnya ratusan ribu massa yang berebut mendapatkan bahan makanan pokok tersebut. FUI menyatakan ada 400.000 paket sembako yang dibagikan.

Ada dua versi penyebab kematian dua bocah malang tersebut. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono, dikutip Antaranews (1/5), menyatakan kedua anak tersebut tidak meninggal gara-gara antrean sembako.

Salah satunya ditemukan pingsan di kawasan Monas tepat di seberang Markas Besar TNI Angkatan Darat dan langsung dibawa menggunakan ambulans oleh petugas Satpol PP ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan. Namun nyawa anak itu tak tertolong.

Setelah itu, polisi kembali mendapat laporan ada anak lain yang juga meninggal di RSUD Tarakan terkait acara tersebut. Menurut Argo, dokter yang memeriksa menyatakan mereka wafat karena dehidrasi dan suhu badan tinggi.

Awalnya sempat beredar kabar bahwa acara tersebut diselenggarakan oleh Pemprov DKI, namun Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, membantahnya. Ia menyatakan acara tersebut murni diselenggarakan oleh FUI yang diketuai David Revano Santosa.

Surat pernyataan FUI yang ditandatangani Dave--sapaan akrab David--dan diunggah oleh akun Twitter resmi Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, juga menegaskan hal itu.

Saat mengajukan izin acara di Monas itu, FUI, menurut Sandiaga, menyatakan mereka akan menyelenggarakan acara seni budaya untuk menyambut Hari Tari Sedunia, yang dirayakan setiap 29 April. Selain itu, seperti tercantum dalam surat pernyataan di atas, ada juga perayaan Paskah dan doa lintas agama.

Dinas Pariwisata dan Budaya DKI kemudian memberikan izin. Akan tetapi, setelah izin diberikan, FUI memasukkan acara pembagian sembako gratis.
Pengusaha desak revisi penambahan cuti Lebaran Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh
Suasana pemudik dengan kereta api di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, 21 Juni 2017.
Rupanya tidak semua orang menyukai libur panjang. Belakangan, kalangan pengusaha meminta pemerintah merevisi kebijakan perpanjangan cuti bersama untuk Lebaran 2018 itu.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani beralasan, penambahan cuti bersama ini bisa menurunkan produktivitas dan memperberat ongkos produksi yang harus dikeluarkan untuk menambal tambahan hari libur itu.

Hariyadi pun berharap pemerintah bersedia mengajak kalangan pengusaha untuk duduk bersama membahas perubahan kebijakan cuti bersama yang bisa berlangsung selama nyaris dua pekan itu.

Hariyadi menyayangkan sikap pemerintah yang mengambil keputusan tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak pengusaha, sehingga menimbulkan polemik ketika kebijakan itu diumumkan.

Padahal, kalangan pengusaha sudah mengirimkan surat usul cuti bersama Lebaran seperti yang selalu dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kebiasaan jelek, memutuskan nasib seseorang tapi orangnya tidak diajak ngomong. Ini kan konyol," ucap Hariyadi kepada Liputan6.com, Selasa (1/5/2018).

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, pun tiba-tiba berubah sikap. Saat pengumuman penambahan cuti bersama kemarin, Sarman menjadi salah satu pengusaha yang setuju dengan kebijakan itu.

Tapi kini Sarman mengaku berat hati, bahkan tidak setuju dengan penambahan cuti bersama Lebaran 2018. "Pasti mengurangi produktivitas, karena libur dua hari saja kerugiannya bisa tinggi, apalagi buat pabrik," tutur Sarman.

Pemerintah, di sisi lain, mengaku akan mengevaluasi kebijakan ini seiring dengan munculnya reaksi keberatan dari pengusaha.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, mengatakan pihaknya akan segera menggelar rapat koordinasi bersama Kementerian Agama dan Kementerian Ketenagakerjaan.

Dalam Tribunnews, Asman juga menambahkan, rapat koordinasi ini nantinya akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, dan turut mengundang kalangan pengusaha.

Namun Asman belum menyebut dengan pasti kapan rapat koordinasi itu akan digelar, namun evaluasi itu akan berlaku tak hanya bagi aparatur sipil negara (ASN) saja, melainkan untuk pihak swasta.
Fredrich Yunadi ke Cipinang, Setnov ke Sukamiskin Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh
Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto berada di mobil tahanan usai menjalani sidang putusan di pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (24/4).
Mantan Ketua DPR, Setya Novanto dan mantan pengacaranya Fredrich Yunadi pernah bersama-sama menjalani tahanan di rumah tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kini keduanya berpisah. Fredrich dipindahkan ke rumah tahanan Cipinang atas kemauan sendiri, sedangkan Novanto bakal menjadi penghuni lembaga pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung karena tak mengajukan banding atas vonisnya.

Pemindahan Fredrich dari tahanan KPK ke Cipinang itu didampingi jaksa KPK pada Rabu (2/5/2018). Informasi pemindahan Fredrich itu diungkapkan jaksa KPK, M Takdir Suhan, seperti dilansir Kompas.com.

Fredrich dipindahkan ke rumah tahanan Cipinang, Jakarta Timur sesuai perintah majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Pada sidang Kamis (12/4/2018), Fredrich mengajukan permohonan kepada majelis hakim agar dipindah tempat penahanannya.

Fredrich beralasan, selama berada di rumah tahanan KPK, haknya sebagai tahanan tidak dipenuhi. Ia mencontohkan hak untuk mendapatkan obat-obatan. Fredrich juga mengeluhkan makanan dan kondisi tahanan di rumah tahanan KPK.

Fredrich menjalani sidang perdana sejak 8 Februari 2018 lalu. Selama hampir empat bulan sidang berjalan, Fredrich selalu menyajikan drama, seperti tudingan ke jaksa, sumpah pocong dan lain-lain.

Masyarakat pun bakal menyaksikan beragam aksi aktor utama Fredrich sampai putusan yang rencananya digelar pada 7 Juni nanti.
Tujuh tol siap pakai untuk mudik Lebaran Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol seksi III dan IV Brebes-Tegal-Pemalang di Desa Kalimati, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (2/5/2018).
Pemerintah menyiapkan tujuh ruas tol yang akan beroperasi pada bulan ini untuk membantu kelancaran arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2018.

Tujuh ruas tol yang dimaksud adalah ruas Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen sepanjang 36 kilometer (km), Tol Bogor Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin (2 km), dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan (10,75 km).

Selain itu juga ada Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 SS Rembang-SS Pasuruan (6,6 km), Akses Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek (3,5 km), Tol Pejagan-Pemalang Seksi SS Brebes Timur-Sewaka (37 km), dan Tol Pemalang-Batang Seksi Sewaka-SS Pemalang (5,2 km).

Pembangunan tujuh ruas tol tersebut sudah rampung. Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia masih perlu melakukan uji laik fungsi pada seluruh ruas tersebut.

"Evaluasi laik fungsi jalan tol diselenggarakan dalam rangka pemenuhan persyaratan aspek teknis, operasi, dan administrasi sebagai jalan tol yang berkeselamatan," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, dalam keterangan pers yang ditayangkan ANTARA, Kamis (3/5/2018).

Meski empat ruas tol di Pulau Jawa siap dioperasikan jelang Lebaran 2018, namun pemudik dari DKI Jakarta masih belum dapat menikmati jalan tol langsung menuju Semarang, Jawa Tengah. Pemudik kemungkinan masih harus menggunakan sebagian jalur biasa dan tol untuk mencapai titik akhir di Semarang.

Herry mengatakan, nantinya tol Jakarta-Semarang akan dibagi dua jalur, yaitu jalur operasi dan jalur fungsional.

"Jakarta-Semarang ya kita usahakan... Kalau operasi itu ya udah diberi tarif. Kalau yang fungsional masih belum bisa dioperasikan, enggak pakai tarif dan kondisinya juga ada yang hanya satu arah, dua lajur belum sempurna," sebut Herry dalam Kumparan.

Sebagai alternatif, BPJT sedang memperhitungkan opsi pembuatan jalur baru di daerah-daerah tertentu apabila dalam pengerjaannya tidak selesai, seperti jalur di Jembatan Kenteng, Jawa Tengah, yang berada di antara Salatiga dan Solo.
Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...presiden-buruh

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh Orang tajir mendominasi bank, orang pinggiran tanpa rekening

- Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh Fredrich Yunadi dan luka bakpao yang berubah menjadi balon

- Cuti Lebaran, Setnov di Sukamiskin, dan presiden buruh Pekan yang suram bagi IHSG dan Rupiah

×