alexa-tracking

KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aec6f5ddbd770bd568b4571/kpai-panggil-panitia-acara-bagi-bagi-sembako-di-monas-apa-hasilnya
KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya?
KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya?

Jakarta, IDN Times - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada Jumat (4/5) memanggil panitia acara Forum Untukmu Indonesia (FUI) yang mengadakan bagi-bagi sembako di Monas. Acara pembagian sembako itu berakhir ricuh dan menyebabkan dua anak meninggal dunia. 

Kedua anak yang diketahui bernama Muhammad Rizki Syahputra (10) dan Mahesa Junaedi (12), tewas karena diduga berdesak-desakan dalam acara pembagian sembako. Akibatnya, Rizki dan Mahesa mengalami dehidrasi.

Pemanggilan FUI oleh KPAI ini untuk mengklarifikasi kebenaran dari kronologi kejadian sebenarnya yang terjadi saat pembagian sembako pada Sabtu (28/04) oleh panitia penyelenggara. Mereka lah yang menjadi penanggung jawab acara. Lalu, informasi apa yang berhasil digali oleh KPAI?


1. Ketua panitia malah absen ketika dipanggil KPAI
KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya?
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.



Ketua panitia FUI Dave Revano Santosa malah berhalangan hadir karena sakit saat dipanggil oleh KPAI pada siang tadi. Oleh sebab itu itu, Dave mengutus pengacaranya Hendry Indraguna untuk hadir dalam proses klarifikasi oleh KPAI.

"Hari ini forum kita adalah forum klarifikasi sebagaimana undangan yang kami sampaikan. Alhamdulillah panitia juga merespons dengan baik. Undangan pertama alhamdulillah langsung hadir hari ini dan tepat waktu," kata Ketua KPAI Susanto di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (04/05).

Baca juga: Mahesa, Bocah Yang Tewas Akibat Berebut Sembako di Monas Dikenal Suka Menolong


2. KPAI fokus pada aspek perlindungan saat pembagian sembako
KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya?
IDN Times/Fitang Aditia Budhi



Dalam pemanggilan ini, KPAI fokus pada aspek perlindungan yang diberikan panitia kepada anak-anak yang berada di lokasi tersebut. Polisi kini juga tengah menangani peristiwa bagi-bagi sembako di Monas pada pekan lalu. 

"Seluruh klarifikasi yang hari ini kami dapatkan telah dilakukan penggalian informasi dari ketiga kuasa hukum. Kami sudah mendapatkan konsep kegiatan, kronologi, ketahuan sampai kapan terkait 2 anak yang meninggal itu. Termasuk perizinan baik dari kepolisian dan UPT (Unit Pelaksanaan Teknis) Monas," kata Susanto.


3. KPAI akan panggil Pemprov DKI guna melengkapi keterangan
KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya?
IDN Times/Fitang Aditia Budhi



Klarifikasi dari FUI sangat penting bagi KPAI untuk mendalami kasus ini secara menyeluruh karena banyak pengaduan masyarakat kepada KPAI agar segera menyelesaikan dan menemukan titik terang akar permasalahan dari kasus tersebut. Publik berharap peristiwa serupa gak terulang kembali. 

"Hari ini baru klarifikasi pertama dari pihak panitia. Selanjutnya kami akan gali info dari pihak terkait penyelenggaraan ini. Selebihnya akan dianalisa dan didiskusikan, kemudian diambil sikap selanjutnya secara kelembagaan," kata dia menjelaskan. 

Sebelumnya pihak KPAI telah meminta keterangan dari keluarga korban Mahesa dan Rizky. KPAI mendengarkan kronologi peristiwa dari sudut pandang keluarga. Selanjutnya, pada pekan depan KPAI akan memanggil Unit Pelaksana Teknis Monas dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemrov DKI Jakarta.

Baca juga: Polisi Agendakan Pemanggilan Sandi Uno soal 2 Bocah Tewas Akibat Antre Sembako

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya? Kalapas Sukamiskin Janji Tidak Akan Istimewakan Setya Novanto

- KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya? Pemerintah Ancam Pidana Siapa Pun yang Kotori Sungai Citarum

- KPAI Panggil Panitia Acara Bagi-Bagi Sembako di Monas, Apa Hasilnya? #KataMillennial, Berikut Kenangan Mereka Tentang Kerusuhan Mei 1998

×