alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Mendikbud Akan Evaluasi Syarat Kelulusan Karena Nilai UN Turun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aec4db0d89b0922098b4577/mendikbud-akan-evaluasi-syarat-kelulusan-karena-nilai-un-turun

Mendikbud Akan Evaluasi Syarat Kelulusan Karena Nilai UN Turun

Mendikbud Akan Evaluasi Syarat Kelulusan Karena Nilai UN Turun

Nilai ujian nasional (UN) untuk tingkat SMA/SMK/MA turun dari tahun lalu. Hal itu terjadi di banyak wilayah misalnya Jawa Timur. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjamin meski nilai UN turun namun kemampuan anak tidak turun.

"Syarat kelulusan itu kita evaluasi nanti. Bisa saja (dipertimbangkan) Tetapi kan norma yang kita berlakukan meningkat dengan instrumen HOTS. Soal ditingkatkan," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/5).

"Kemudian yang kedua, terutama sekolah yang semula menggunakan kertas kemudian komputer, ini tingkat integritas naik," lanjut dia. 

Instrumen HOTS kepanjangan dari Higher Order Thinking Skill atau instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Misalnya kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite).

"Ini sudah meningkat dari segi integritas, kemampuan siswa kita ada kenaikan. Tapi normanya kan terus kita sesuaikan dgn standar internasional yang kita kognisi," ucap Muhadjir.

Lalu untuk skor yang mengalami penurunan adalah sekolah-sekolah yang catatan tahun lalu itu memang tingkat integritas kurang baik dan sekarang sudah pakai UNBK. 

"Tapi untuk sekolah yg kemarin sudah gunakan UNBK kecenderungan naik," paparnya.

Saat ditanyakan apakah karena UN tak jadi syarat kelulusan maka nilai menurun, Muhadjir tak menampik. "Salah satunya. Mungkin itu. Motivasi siswa motivasinya tidak terlalu serius. Bisa juga itu," tutur Muhadjir.

Diketahui, untuk jenjang SMK di Jawa Timur, siswa yang mendapat nilai di bawah 55 mencapai 174.283 dari 220.958 siswa. Padahal tahun kemarin yang di bawah 55 hanya sekitar 110.316 siswa. 



Sumber : https://kumparan.com/@kumparannews/m...nilai-un-turun

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Mendikbud Akan Evaluasi Syarat Kelulusan Karena Nilai UN Turun Mendikbud Akan Evaluasi Syarat Kelulusan Karena Nilai UN Turun

- [img][/img] Serunya Jokowi, Iriana, Puan hingga Idrus Main Gobak Sodor di Istana

- Mendikbud Akan Evaluasi Syarat Kelulusan Karena Nilai UN Turun Pesan Jokowi di Peringatan Hardiknas: Jangan Main Handphone Terus

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di