alexa-tracking

Fasilitas Penginapan Ryokan di Jepang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aec29a3a2c06e73138b4571/fasilitas-penginapan-ryokan-di-jepang
Fasilitas Penginapan Ryokan di Jepang
Penginapan Ryokan


Ketika kita pertama kali ke Jepang, pastinya kita ingin merasakan sesuatu yang unik yang terdapat di Jepang, Jepang terkenal dengan keunikan makanannya yang biasa kita kenal dengan sushi, sashimi, ramen dan lain-lain, Nah begitu juga dengan penginapan di Jepang, ketika kita berwisata ke daerah Gunung Fuji, disana banyak terdapat penginapan dengan model kamar Ryokan ini.
Seperti apa sih penampakannya? tapi nanti dulu sebelum kita bahas soal penampakan, ada baiknya kita ketahui sejarah Penginapan Tradisional Jepang ini.emoticon-Shakehand2
Fasilitas Penginapan Ryokan di JepangPenginapan Model Ryokan

Sebuah Ryokan (旅館) adalah jenis penginapan tradisional Jepang yang telah ada sejak abad kedelapan masehi selama periode Keiun, termasuk hotel tertua di dunia, Nishiyama Onsen Keiunkan, dibangun pada tahun 705 AD ryokan tua lain yang yaitu Hōshi Ryokan didirikan pada 718 AD dan juga dikenal sebagai hotel tertua kedua di dunia. Penginapan semacam itu juga melayani wisatawan di sepanjang jalan raya di Jepang. Mereka biasanya memiliki kamar-kamar yang bernuansa tatami (tempat/alas tidur tradisional Jepang), pemandian umum, dan area umum lainnya di mana pengunjung dapat memakai yukata (pakaian tidur tradisional Jepang). Pesan Hotel Ryokan
Ryokan sulit ditemukan di Tokyo dan kota-kota besar lainnya karena harga yang mahal dibandingkan dengan hotel modern, dan orang Jepang semakin banyak menggunakan hotel ketika berwisata. Meskipun demikian, beberapa kota besar memiliki ryokan dengan harga terjangkau, dengan biaya sekitar $ 40 per malam. Namun, ryokan biasanya terletak di daerah yang indah, seperti di pegunungan atau di tepi laut, dan dalam beberapa tahun terakhir banyak ryokan telah dikembangkan kembali ke gaya asli mereka terutama oleh jaringan Hoshino Resorts, yang ryokan pertamanya dibuka di Karuizawa pada 1914.

Fasilitas
Ryokan yang khas memiliki ruang tamu yang relatif besar, dengan sofa dan kursi di mana para tamu dapat duduk dan berbicara, sebuah ryokan modern sering terdapat televisi di ruang tamu.. Kamar dibuat menggunakan metode tradisional Jepang, lantainya adalah tatami, dan pintu menggunakan model pintu geser. Bahkan jika penginapan menggunakan pintu berengsel untuk keamanan, biasanya terbuka ke pintu masuk kecil di mana para tamu dapat melepas sepatu mereka sebelum melangkah ke lantai tatami, yang akan dipisahkan oleh pintu geser. Banyak kamar ryokan juga memiliki teras atau balkon, juga menggunakan pintu geser.
 
Fasilitas Penginapan Ryokan di JepangPemandian air panas atau onsen di Penginapan Ryokan

Fasilitas Penginapan Ryokan di JepangKolam ikan Koi di Penginapan Ryokan

Hampir semua ryokan memiliki area pemandian umum atau ofuro, biasanya dipisahkan berdasarkan gender, menggunakan air dari sumber mata air panas (onsen) yang ada di dekatnya. (Daerah dengan sumber air panas alami cenderung menarik konsentrasi ryokan yang tinggi). Ryokan kelas atas juga menyediakan fasilitas pemandian pribadi. Biasanya ryokan menyediakan fasilitas untuk tamu menggunakan yukata.
Fasilitas Penginapan Ryokan di JepangYukata Pakaian Tidur Tradisional Penginapan Ryokan

Tempat tidur menggunakan futon yang digelar di atas lantai tatami. Ketika tamu pertama kali memasuki kamar mereka, mereka biasanya menemukan meja dan beberapa perlengkapan dan persediaan untuk membuat teh. Meja juga digunakan untuk makan dan tamu dapat membawa meja tersebut ke kamar mereka. Saat tamu keluar, staf (biasanya disebut nakai) akan menggerakkan meja ke samping dan merapikan futon.

Makanan
Sebagian besar ryokan menawarkan makan malam dan sarapan, yang sering dimasukkan dalam harga kamar. (Salah satu alasan nya karena di daearah pegunungan sangat jarang terdapat tempat makan di luar penginapan dan suhu udara juga sangat dingin). Sebagian besar pengunjung mengambil makanan mereka di ryokan, yang biasanya sebagai salah satu cara mempromosikan diri mereka sendiri pada kualitas makanan mereka. Makanan biasanya terdiri dari masakan tradisional Jepang yang dikenal sebagai kaiseki, yang disajikan berdasarkan musim dan regional. (Kaiseki awalnya disebut makanan ringan disajikan selama upacara minum teh, dan saat ini makanan terdiri dari sejumlah hidangan kecil, bervariasi.) Beberapa ryokan malah menyajikan makanan khas setempat seperti basashi atau makanan yang dimasak di perapian irori. Agar setiap hidangan dapat dinikmati pada suhu yang tepat, ryokan menekankan bahwa para tamu harus tepat waktu saat menikmati makanan mereka. Untuk alasan ini, sebagian besar ryokan meminta para tamu untuk mengkonfirmasi waktu kapan mereka ingin mengambil makanan mereka.
Fasilitas Penginapan Ryokan di JepangSet Menu Makanan Tradisional Penginapan Ryokan

Beberapa ryokan memiliki ruang makan bersama, tetapi sebagian besar ryokan mengantarkan dan menyajikan makanan langsung di kamar para tamu. Ryokan yang melayani tamu non-Jepang mungkin juga memiliki pilihan makanan Barat.
FIAJAPAN selaku Land Tour Operator Khusus Jepang selalu memberikan Penginapan model Ryokan ini dalam setiap paket tour Jepang yang melewati area Gunung Fuji, Kawaguchiko dan semua area wisata yang berada di pegunngan dan pedesaan.

sumber: Penginapan Tradisional Jepang