alexa-tracking

3 Tips Meningkatkan Percaya Diri bagi Kamu yang Introvert

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aec1bf81cbfaa0c348b456a/3-tips-meningkatkan-percaya-diri-bagi-kamu-yang-introvert
3 Tips Meningkatkan Percaya Diri bagi Kamu yang Introvert
3 Tips Meningkatkan Percaya Diri bagi Kamu yang Introvert

Motivator | Beberapa pertanyaan diatas pasti sering menghantui anda yang introvert ketika anda diharuskan berbicara di depan umum. Untuk seseorang yang ekstrovert yang memang selalu menemukan kebahagiaan saat bicara dihadapan banyak orang mungkin memang mudah. Tetapi untuk seorang introvert, public speaking bagaikan neraka dunia.

Bagaimana bisa tenang dan santai, kalau berada dihadapan orang asing saja sudah bisa membuatmu nervous dan keringat dingin ? Apalagi berada dihadapan puluhan pasang mata ? Rasa ingin menghilang pasti muncul dengan segera.

Baca Juga : Teknik Membuat Slide Presentasi Anda Mudah di Ingat

Tapi tenang, tidak selamanya anda bisa menghindari sebuah presentasi. Belajar mengatasinya adalah mutlak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri bagi anda seorang introvert :

- Buatlah Slide Presentasi yang Menarik

Salah satu ciri introvert adalah terbiasa berpikir masak-masak sebelum bertindak dan berbicara. Mengungkapkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan adalah keahliannya. Salah satu unsur penting dalam presentasi adalah materi, anda bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan menyiapkan materi yang akan anda sampaikan dengan baik. Selain akan membuat audiens tertarik, slide presentasi juga akan memandu anda menyampaikan materi.

- Tersenyum Sebelum Presentasi

Tersenyum adalah hal sederhana yang akan mengurangi rasa gugup anda ketika akan memulai presentasi. Jadi sebelum mental anda jatuh ketika melihat puluhan audiens, maka sapalah audiens anda dengan senyuman.

- Jadilah Dirimu Sendiri

Banyak yang berpikir bahwa presentasi yang berhasil adalah presentasi yang hangat, cair, penuh dengan lelucon, dan mengundang gelak tawa dari audiens. Itu tandanya presentasi anda tidak membosankan. Tetapi tidak selalu seperti itu, jadilah diri anda sendiri, jika anda memang memiliki selera humor yang tinggi, boleh sesekali anda gunakan lelucon. Tetapi jika anda tidak memiliki selera humor yang tinggi, jangan memaksa untuk melakukan lelucon. Intinya, anda tidak harus membuat audiens tertawa, yang terpenting adalah audiens memahami materi yang anda sampaikan. (Mardiana Fitriani)

 
Motivator Jakarta | Motivator Indonesia 
Kurangi Rasa Gugup anda bersama Motivator dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 495 0909