alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Dunia Hiburan /
7 Kenangan Rental Video Kaset Film
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aec184212e257e6538b4569/7-kenangan-rental-video-kaset-film

7 Kenangan Rental Video Kaset Film

7 Kenangan Rental Video Kaset Film

Gohitz.com – Indonesia di pertengahan tahun 80-an dan 90-an, masyarakat berkenalan dengan media hiburan yakni video kaset film baik dalam format Betamax maupun VHS (Video Home System) yang ditawarkan rental-rental film. 
Rental video kaset film saat itu merupakan rental film pertama di Indonesia yang kelak nantinya akan berkembang pesat menjadi rental sekaligus jual-beli film dalam berbagai format, seperti DVD, Blue-Ray, HDD hingga jasa streaming. Karena dirintis pertama kali melalui rental video kaset film, berikut ini tujuh kenangan rental video kaset film  yang pastinya tidak bakal Anda lupakan.

1. Tidak pakai cover

Tidak seperti rental zaman sekarang, rental video kaset film zaman dulu cenderung tidak memberikan cover film di bagian depan video kaset. Para pelanggannya terkadang harus menanyakan film-film terbaru yang lagi trendi atau memilih lewat cover-cover yang terpasang di etalase. Sungguh merepotkan, ya!

2. Sering tertukar

Lantaran tidak pakai cover, seringkali para penyewa video kaset film zaman itu kesal karena video kaset film yang mereka sewa tertukar judulnya dengan film. Niatnya pengen nonton film laga eh tahunya malah dapat film horror. 

3. Wajib punya alat penggulung video

Bukan hanya nggak pakai cover, video-video kaset film yang disewakan rental-rental saat itu juga mudah kusut. Walhasil demi memuaskan hobi nonton, banyak moviegoers zaman itu rela-rela beli alat penggulung video kaset yang terpisah dari alat pemutar video agar video kaset yang disewanya bisa diputar dari awal dan tidak kusut di pertengahan film.

4. Didominasi format Betamax

Kenangan lainnya dari rental video kaset film adalah video-video kaset yang mereka sewakan cenderung didominasi format Betamax. Zaman itu persaingan antara Betamax dan VHS sedang kencang-kencangnya, namun karena film-film untuk kawasan Asia-Pasifik, cenderung diformat dalam format Betamax akhirnya format video kaset jenis merajai pasar rental film di Indonesia.

5. Waktu penyewaan satu pekan

Berbeda dengan rental film zaman sekarang yang terkesan pelit dalam waktu penyewaan yang cuma tiga hari. Ketika zaman rental video kaset film booming, rental-rental film saat itu terbilang dermawan dengan menawarkan waktu sewa film selama satu pekan untuk satu film.

6. Tidak bisa booking

Kenangan lainnya dari rental video kaset zaman 80-an dan 90-an adalah Anda tidak bisa booking dulu film yang ingin disewa. Yup! Rental-rental saat itu menerapkan sistem fair kepada para penyewanya dimana mereka yang datang paling cepat bakal dapat filmnya.

7. Harga sewa sangat terjangkau

Kendati video kaset film merangsek masuk Indonesia, banyak penikmat film kesulitan untuk memiliki film-film yang mereka saat itu. Alasannya cuma dua yakni harga video kaset film yang mahal dan keterbatasan penjual video kaset film original saat itu.

Kehadiran rental-rental video kaset film, yang merupakan pioneer dari rental film modern dan millenial sekarang ini, pada zaman itu dianggap sebagai malaikat penolong karena harga sewanya yang terbilang sangat bersahabat dan mudah dicari lokasinya.

TeksAji Cakti
EditorParamita
Fotoflickr 

Sumber: http://www.gohitz.com/article/ragam/...deo_kaset_film
Diubah oleh: cakti1310
engga ngalamin bree
Pernah jadi member di Ultra disk, trus dapet kaos ori dari film The Matrix , sayang ukurannya s, gak muat di badan XL gw!
Patungan ma temen buat nyewa pelem gogel ama superman jaman dulu emoticon-Traveller
Quote:


wlkwkwkwk.....kamu sudah tua....awal 85 kaset video berangsur angsur mulai di ganti dengan laser disc...org juga berlomba lomba untuk membeli laser disc player ini, kualitas gambar juga berubah 1000 persen
move on donk gan
Quote:


bukannya laser disc booming sktr pertengahan 90'an? sktr 1994-1997
sebentar pula, langsung dihajar sama vcd
Diubah oleh sav.grezza
Pernah jadi member di Video Ezy
Depan rumah juga ada rental gituan

Skarang ada bioskop online sih emoticon-Big Grin
TSnya kakek kakek emoticon-Belo
ini mah terlalu jadul. zaman dulu aja ane dah pake VCD sama DVD emoticon-Big Grin
Wah dulu ane sering sewa kasetnya Google V & Sharivan emoticon-Big Grin
Quote:


uppss..salah nulis taon bre...emoticon-Malu
betamax itu format jaman ane SMA lagi doyan2 nya nyewa bokep d rental tuh emoticon-Wakaka
inget banget ane, pulang skolah pada rame2 k rumah temen, rumahya kosong gak ada ortu nya, pada nyetel caligula betamax
korden pada di tutup tutupi smua
temen ane satu ada yg sambil c0li, 7 Kenangan Rental Video Kaset Film somplak emang dia, badannya paling kecil diantara kita2, tapi nyalinya paling gede, otongnya juga lmayan gede, gak lama masuk pembantu bawa es teh buat anak2, kegep gitu tengsin banget dah emoticon-Wakaka
Diubah oleh devil..soldier
Quote:


meskipun ga pake cover tapi di videonya kan suka ditempel stiker putih dan ditulisin judul pilemnya, gimana bisa ketuker seh emoticon-Bingung (S)
(apa toko rental langganan gw aja yang begitu ya?)

alat penggulung video emoticon-Stick Out Tongue nonton gugel five -gulung-nonton-gulung-nonton gitu aja terus emoticon-Big Grin
kadang pas muter film pita-nya putus. jadi selalu sedia lem buat nyambung pita yg putus. kalo diputer ulang biasanya ada adegan ter-skip beberapa detik


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di