alexa-tracking

Sumenep Jadi Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aebff081cbfaa8d4c8b4568/sumenep-jadi-satu-satunya-kabupaten-di-jawa-timur-yang-alami-deflasi
Sumenep Jadi Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi
Sumenep Jadi Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi

Sumenep (beritajatim.com) - Kabupaten Sumenep pada April 2018 mengalami deflasi sebesar 0,02 persen. Berbeda dengan Jawa Timur dan nasional yang mengalami inflasi. Untuk Jawa Timur tingkat inflasi 0,18 persen dan nasional mengalami inflasi 0,10 persen.

"Dari delapan kota indeks harga konsumen (IHK) di Jawa Timur, Sumenep menjadi satu-satunya daerah yang mengalami deflasi. Tujuh daerah lainnya mengalami inflasi," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumenep, Syaiful Rahman, Jumat (4/5).

Menurutnya, dari tujuh kelompok pengeluaran, enam kelompok mengalami inflasi, dan satu kelompok mengalami deflasi. Kelompok yang mengalami inflasi tertinggi yakni makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, sebesar 0,34 persen. 

Diikuti kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,25 persen. Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi terendah sebesar 0,12 persen yakni pendidikan, rekreasi, dan olahraga.

"Sedangkan yang mengalami deflasi adalah kelompok bahan makanan sebesar 0,72 persen. Walaupun hanya satu kelompok, tetapi angka deflasinya tinggi, sehingga cukup mempengaruhi lainnya," ujarnya.

Ia menerangkan, komoditas yang memberikan andil terbesar terhadap deflasi Sumenep adalah beras, cabai rawit, cumi-cumi, pisang, dan kelapa.

"Sedangkan komoditas yang memberikan andil terbedar inflasi adalah bawang merah, daging ayam kampung, rokok kretek, telur ayam ras, dan oli," paparnya.

Syaiful menambahkan, untuk laju inflasi komulatif Sumenep di bulan April mencapai 0,71 persen. Angka ini lebih rendah dibanding Jawa Timur sebesar 1,01 persen, dan nasional 1,09 persen.

"Sedangkan laju inflasi year on year Sumenep pada bulan April mencapai 2,78 persen. Angka ini lebih rendah dibanding Jawa Timur sebesar 3,05 persen, dan Nasional sebesar 3,41 persen," ujarnya. (tem/ted)

Berita ini diterbitkan pertama kali di beritajatim.com dengan judul "Sumenep Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi"



Sumber : https://kumparan.com/beritajatim/sum...-alami-deflasi

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Sumenep Jadi Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi Sumenep Jadi Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi

- Sumenep Jadi Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi Ribu Pemilih di Sumenep Terancam tidak Bisa Nyoblos

- Sumenep Jadi Satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang Alami Deflasi Mengamankan Modernisasi TI di Tingkat Pemerintah Pusat

×