alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Kumparan /
Produksi Kakao Defisit, Angka Impor Berpotensi Naik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aebe88854c07a95678b4579/produksi-kakao-defisit-angka-impor-berpotensi-naik

Produksi Kakao Defisit, Angka Impor Berpotensi Naik

Produksi Kakao Defisit, Angka Impor Berpotensi Naik

Surabaya (beritajatim.com) - Para penikmat cokelat dalam lima tahun terakhir dan lima tahun ke depan di Indonesia akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Namun sayangnya, bahan baku kakao sebagai bahan dasar cokelat mengalami penurunan yang signifikan. Sehingga kakao di Indonesia berpotensi mengimpor dengan jumlah yang tinggi.

Kepala Sains Technopark Kopi Kakao Jember Pujiyanto mengatakan, berdasarkan data dari pemerintah, produksi kakao di Indonesia mencapai 600.000 ton per tahun.

"Namun data asosiasi kakao hanya sebesar 340.000 ton per tahun. Sementara kebutuhan industri di Indonesia terkait bahan baku kakao cukup tinggi," ujar Pujiyanto, Jumat (4/5).

Untuk sementara, kebutuhan industri pengolahan kakao di Indonesia mencapai lebih dari 600.000 ton. Bahkan pada 2017, naik hingga 800.000 ton, karena di tahun itu ada impor kakao hingga 200.000 ton.

"Angka itu cukup tinggi, karena sebelumnya hanya di kisaran 60.000 ton saja impornya," kata Pujiyanto.

Dengan jumlah 600.000 ton kakao per tahun, diakui Pujiyanto, tidak semua masuk industri di Indonesia. Tapi juga ada yang diekspor, diantaranya ke Jepang.

Sementara itu, prediksi peningkatan konsumsi cokelat di dalam negeri, per tahun akan mengalami peningkatan antara 1,5 hingga 2 persen. Hal itu tak lepas dari peningkatan produk makanan dan minuman yang menggunakan bahan baku cokelat.

Selama ini, kata Pujiyanto, luas lahan kakao mencapai 1,6 juta hektar di seluruh Indonesia. Karenanya, pemerintah sedang berupaya untuk memperluas lahan tanam khususnya di daerah Sumatera. "Lampung sedang kita promosikan dan daerah lain di Sumatera," lanjut Pujiyanto.

Saat ini masih ada kendala yang menyebabkan produksi kakao menjadi rendah. Di antarannya adalah hama penyakit. Selain itu, kakao dianggap kurang menguntungkan bagi petani.

"Saat ini lebih menguntungkan menanam sawit. Tapi kalau ke depan kakao lebih menguntungkan, maka petani akan beralih ke tanaman tersebut," ungkapnya. [way/suf]

Tulisan ini pertama kali terbit di beritajatim.com dengan judul "Tingkat Konsumsi Cokelat Meningkat, Tapi Produksi Kakao..."



Sumber : https://kumparan.com/beritajatim/tin...produksi-kakao

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Produksi Kakao Defisit, Angka Impor Berpotensi Naik Seluruh Indeks Sektoral Rontok, IHSG Sesi I Merah

- Produksi Kakao Defisit, Angka Impor Berpotensi Naik HIPMI: Tak Dikoordinasikan, Tambahan Libur Lebaran Kontraproduktif

- Produksi Kakao Defisit, Angka Impor Berpotensi Naik Jelang Ramadhan, Polisi Ringkus 113 Preman di Surabaya

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di