alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Badai debu berskala besar terjang India, tewaskan 98 orang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aebcf85d675d4631c8b4575/badai-debu-berskala-besar-terjang-india-tewaskan-98-orang

Badai debu berskala besar terjang India, tewaskan 98 orang

Badai debu berskala besar terjang India, tewaskan 98 orang
Seorang perempuan tengah menghalau debu menggunakan pakaiannya, New Delhi, India (2/5/2018).
India baru saja dilanda badai. Hantaman badai debu terjadi di beberapa wilayah di barat dan utara India pada Rabu (2/5/2018), menewaskan sedikitnya 98 orang dan melukai 143 lainnya, demikian dikabarkan Sky News.

Data Departemen Meteorologi Angkatan Udara India di Kheria, badai debu yang datang bergulung-gulung menerjang pada pukul 8.45 hingga 23.00 waktu setempat, berkecepatan 130 km/jam dan disertai hujan juga petir.

Bencana ini tiba saat sebagian warga setempat mulai terlelap. Tak sedikit dari mereka yang tak sempat menyelamatkan diri sehingga tewas tertimpa bangunan yang runtuh dan pohon yang tumbang.

Korban terbanyak terdapat di distrik Bharatpur, Dholpur, dan Alwar di Rajasthan, India bagian utara. Alwar yang disebut sebagai distrik dengan kerusakan terparah di sana pada Kamis (3/5) menutup seluruh sekolah di distrik tersebut. Sedangkan korban luka langsung dilarikan ke Rumah Sakit Rajiv Gandhi.

Seperti dilansir BBC, badai berskala besar ini juga menyebabkan terputusnya listrik, rusaknya rumah-rumah, dan matinya ratusan hewan ternak.

"Saya sudah bekerja selama 20 tahun dan ini adalah yang terparah yang saya lihat," ujar Hemant Gera, sekertaris untuk manajement penanggulangan bencana di Rajasthan kepada BBC.

"Kami mengalami badai debu intensitas tinggi pada 11 April 2018--19 meninggal saat itu. Namun, kali ini badai menerjang di malam hari saat orang-orang tertidur dan tak bisa bangun saat tembok rumah mereka ambruk," lanjutnya.

Agra yang terletak di Uttar Pradesh, juga tak luput dari terjangan badai ini. Rumah bagi situs bersejarah Taj Mahal tersebut jadi salah satu lokasi terparah. Setidaknya 64 orang di Uttar Pradesh dengan 43 di antaranya berasal dari Agra tewas karena hantaman badai. Namun, Taj Mahal dikabarkan tak mengalami kerusakan berarti.

Chief minister Rajasthan, Vasundhara Raje, pun menyampaikan belasungkawa melalui akun Twitter resminya. Ia juga menyatakan bahwa pemerintah dalam kerja samanya dengan berbagai pihak akan segera mengerahkan bantuan untuk evakuasi dan membenahi kota.
Have directed Ministers and concerned officials to affected areas to begin relief work immediately and restore utilities. An unfortunate incident, we have been working closely with local authorities to mitigate the situation.
— Vasundhara Raje (@VasundharaBJP) May 3, 2018
Narendra Modi, sang perdana menteri, juga turut menyampaikan hal serupa lewat akun Twitternya.

"Rasa duka cita untuk keluarga yang ditinggalkan. Semoga korban luka dapat segera pulih," tulisnya.
Saddened by the loss of lives due to dust storms in various parts of India. Condolences to the bereaved families. May the injured recover soon. Have asked officials to coordinate with the respective state governments and work towards assisting those who have been affected: PM
— PMO India (@PMOIndia) May 3, 2018
Para korban pun dijanjikan akan mendapat santunan sebesar Rs400 ribu atau sekitar Rp83 juta bagi korban meninggal.

Sementara di distrik Bharatpur, divisi komisioner setempat menjanjikan santunan sebesar Rs50 ribu atau sekitar Rp10,4 juta untuk masing-masing keluarga korban meninggal.

Selain korban meninggal yang jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat seiring proses evakuasi, badai debu juga memicu kerusakan yang sangat luas di banyak wilayah.

Membenahi kerusakan di berbagai tempat pun bukan perkara mudah. Sebagai contoh, untuk menghidupkan kembali listrik di Alwal saja, bagian distribusi listrik membutuhkan waktu setidaknya dua hari lamanya.

Badai debu sebenarnya sudah lazim terjadi di India, khususnya selama musim panas yang dikenal dengan istilah monsoon. Fenomena ini biasanya berupa badai debu bercampur pasir yang menyerang India bagian barat laut, seperti Rajasthan, Punjab, Haryana, Delhi-NCR, Uttar Pradesh bagian barat, serta Madhya Pradesh bagian utara.

Namun, besarnya skala badai dan banyaknya korban kali ini di luar kebiasaan.

Selain banyaknya korban hingga kemacetan parah di jalan-jalan protokol, badai tersebut juga memicu penutupan beberapa keterlambatan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Indira Gandhi, New Delhi.

Departemen Cuaca India juga memprediksi badai kemungkinan berlanjut hingga Jumat, 4 Mei 2018, terutama di wilayah dataran tinggi di Uttarakhand dan Rajasthan.
Raw Footage: 77 Dead From Dust Storm in IndiaBadai debu berskala besar terjang India, tewaskan 98 orang


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...askan-98-orang

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Badai debu berskala besar terjang India, tewaskan 98 orang Semarak Hardiknas Kemenristekdikti 2018

- Badai debu berskala besar terjang India, tewaskan 98 orang Jaket Jokowi dan caranya mempromosikan Asian Games

- Badai debu berskala besar terjang India, tewaskan 98 orang Pekerja media Januari-April: 317 ditahan, 29 dibunuh

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di