alexa-tracking

Tak Hanya Dangdut Via Vallen, Bahasa Jawa Juga Hits di Film Nasional

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aeba7b95c7798e0208b4584/tak-hanya-dangdut-via-vallen-bahasa-jawa-juga-hits-di-film-nasional
Tak Hanya Dangdut Via Vallen, Bahasa Jawa Juga Hits di Film Nasional
Tak Hanya Dangdut Via Vallen, Bahasa Jawa Juga Hits di Film Nasional

Penampilan Via Vallen membawakan lagu “Sayang” di Indonesian Choice Awards 5.0 Net TV benar-benar spektakuler dan keren. Para selebritas negeri yang ikut bernyanyi dan bergoyang menjadi penanda penting bahwa dangdut koplo telah diterima dan dinikmati semua kalangan. 

Dangdut koplo khas Pantura kebanyakan menggunakan bahasa campuran Indonesia dan Jawa. Via Vallen dan Nella Kharisma menjadi 2 diva utama di genre musik yang relatif baru ini. Tapi sebenarnya tren penggunaan bahasa Jawa juga terjadi di dunia film. Nah ini beberapa film berbahasa Jawa yang popular di pentas nasional.

1. SITI

Film tahun 2014 yang disutradari Eddie Cahyono ini menjadi film terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2015 dan meraih banyak penghargaan internasional seperti New Asia Talent Competition Festival Film Internasional di Shanghai 2015.

2. TURAH

Turah menceritakan tentang kehidupan masyarakat Kampung Tirang di Kota Tegal yang mengalami isolasi selama bertahun-tahun yang kemudian memunculkan berbagai problema. Tahun 2016, film berbahasa Jawa Tegal ini memenangi tiga kategori sekaligus; Geber Award dan Netpac Award dalam Jogja-Netpac Asian Film Festival. Sedangkan kategori Asian Feature Film Special Mention diraih dalam Singapore International Film Festival.

3. PRENJAK

Film pendek berhasa Jawa Jogja karya sutradara muda Indonesia, Wregas Bhanutedja, berhasil memenangkan Leica Cine Discovery Prize di Festival Film Cannes, Perancis.

4. YO WIS BEN

Merupakan film drama-komedi Indonesia yang dirilis pada 22 Februari 2018. Film ini dibintangi oleh Bayu Skak, Brandon Salim, Cut Meyriska, Joshua Suherman, serta Tutus Thomson. Disutradarai oleh Fajar Nugros dan Bayu Skak, film ini 80% menggunakan bahasa Jawa.

5. WAUNG

Film pendek terbaru dari sutradara Film Prenjak ini baru saja meluncur pada Maret lalu dan berkisah tentang seorang lelaki yang memiliki kesukaan khusus pada aroma. 

6. Jogja Connection, Rahasia Via Vallen

Dan ada satu rahasia penting yang menghubungkan film-film berbahasa Jawa ini dengan kesuksesan Via Vallen, yakni: Jogja. Ya, semua sutradara film di atas tumbuh dan mengembangkan awal karir filmnya di Jogja seperti Via Vallen yang lagu-lagu hitsnya seperti "Sayang" juga terhubung dengan NDX, band hip hop dangdut koplo asli Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (YD / 04)



Sumber : https://kumparan.com/young-dangerous...-film-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tak Hanya Dangdut Via Vallen, Bahasa Jawa Juga Hits di Film Nasional Tak Hanya Dangdut Via Vallen, Bahasa Jawa Juga Hits di Film Nasional

- Tak Hanya Dangdut Via Vallen, Bahasa Jawa Juga Hits di Film Nasional Keseruan Via Vallen Nyanyi Bareng Anak-anak Berkebutuhan Khusus

- Tak Hanya Dangdut Via Vallen, Bahasa Jawa Juga Hits di Film Nasional Via Vallen Menurut Pegiat Budaya dan Bahasa Jawa

×