alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bencana Mengintai, Jangan Santai
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aead94dd675d44b618b456f/bencana-mengintai-jangan-santai

Bencana Mengintai, Jangan Santai

Bencana Mengintai, Jangan Santai

Bencana alam tidak henti-hentinya melanda negeri kita tercinta ini. Tidakkah kita pernah berpikir mengapa bencana alam sering sekali "mampir" khususnya gempa bumi? Jika ditinjau dari faktor agama, mungkin ini hanya sebagian kecil dari teguran Allah kepada kita, yang ditugaskan menjadi khalifah di muka bumi tetapi tidak melaksanakan tugas kita dengan baik.

Sudah banyak bukti yang menunjukkan hal itu, dari ayat-ayat dalam Alquran pun telah banyak disebutkan tanda-tandanya, seperti firman Allah swt. dalam Alquran Surat Al Zalzalah: 1-5 yang artinya: "Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat; dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)-nya; dan manusia pun bertanya: "Apa yang terjadi pada bumi ini? Pada hari itu, bumi menyampaikan beritanya. Karena sesungguhnya Allah swt, Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikian itu) padanya." Tetapi, kita sebagai umat manusia terkadang sering lupa atau hanya menyepelekan tanda-tanda yang Allah berikan dan baru sadar serta bertobat jika bencana telah datang menimpa."

Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan. Gempa bumi dibagi menjadi dua tipe, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh penglepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan pelat tektonik. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik.

Teori dari tektonik plate (plat tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik. Gempa bumi tektonik memang unik. Peta penyebarannya mengikuti pola dan aturan yang khusus dan menyempit, yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusun kerak bumi. Gempa bumi tektonik ini yang sering melanda Indonesia.

Sedangkan gempa bumi vulkanik atau yang disebut gempa bumi gunung berapi disebabkan oleh pergerakan magma ke atas dalam gunung berapi, di mana geseran pada batu-batuan menghasilkan gempa bumi.

Gempa bumi khususnya gempa bumi tektonik sering terjadi di Indonesia karena Indonesia berada dalam pertemuan sejumlah lempeng tektonik besar yang aktif bergerak. Setidaknya Indonesia berada diwilayah empat lempengan yang suka mengadakan "pertemuan", yaitu lempeng Hindia, Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Daerah rawan gempa tersebut membentang di sepanjang batas lempeng tektonik Australia dengan Asia, lempeng Asia dengan Pasifik dari timur hingga barat Sumatera sampai selatan Jawa, Nusa Tenggara, serta Banda. Kemudian interaksi lempeng Hindia-Australia, Eurasia dan Pasifik bertemu di Banda serta pertemuan lempeng Pasifik-Asia di Sulawesi dan Halmahera.

Indonesia sudah kehilangan ribuan lebih penduduknya akibat gempa bumi, belum lagi korban bencana alam selain gempa bumi yang melanda Indonesia. Kerugian besar jelas dirasakan negeri ini, kerugian materi mungkin bisa diganti tetapi kerugian fisik, mental, dan psikis? Korban bencana alam tentunya akan mengalami gangguan psikis atau traumatik. Masalah ini juga harus diperhatikan oleh pemerintah, tidak hanya memberikan ganti rugi materi tetapi korban bencana alam juga perlu dorongan semangat untuk menata hidupnya kembali.

Bencana datang tidak terduga. Tidak ada yang ingin mendapat bencana. Tetapi Allah telah memberikan peringatan agar kita menjadi manusia yang baik, yang menjadi khalifah bagi bumi. Mungkin kita lupa bersyukur betapa banyak hal-hal yang diberikan bumi untuk kehidupan kita sehingga Allah memberikan peringatan "kecil" ini. Semoga peringatan "kecil" dari Allah ini bisa kita tanggapi dengan positif dan kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan lebih waspada lagi.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
amin
Quote:


singkat banget, emang wes moco???

Bencana Mengintai, Jangan Santai
Quote:


dowo banget e bos, koyo moco kliping
Bencana Mengintai, Jangan Santai
Jazakallahu khoiran akhi
emoticon-Cool kehilangan kaum nasbung sama nastak kyknya gpp , yang dikit dikit di hubungin sama nasi , kalo menurut ane
enakan nasi padang
Bencana pasti berlalu...
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
santai saja yang penting selalu berdoaemoticon-Maaf Agan
waspada berjuang,berdoa dan menyerahkan semuanya kedanyaNYA
Takdir adalah suatu keniscayaan..
Namun Doa dan ikhtiar secara berkesinambungan adalah anjuran..
Sesungguhnya tidak akan berubah nasib suatu umat, jika umat tersebut tidak berusaha merubah nasibnya sendiri..
#2019umatbangkit
#2019tolakbalak


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di