bej0cornerAvatar border
TS
bej0corner
Salah Tafsir Orang Terhadap Injeksi Pada Motor


Injeksi merupakan teknologi terbaru di dunia otomotif, sebenarnya tidak terlalu baru karena sudah dikembangkan di Indonesia sejak tahun 2009, salah satu pabrikan menggunakan teknologi injeksi pada motor sport ber cc 150.

Kemudian karena dianggap mampu membuat bahan bakar lebih irit dan sangat terasa perbandingannya terhadap sepeda motor yang masih bertipe Karburator, maka banyak pabrikan berbondong-bondong mengaplikasikan teknologi ini ke motor buatannya.

Lalu apa sebenarnya apa itu injeksi ? kebanyakan orang menjawab injektor, sebenarnya injektor bukanlah full definisi soal injeksi tetapi injektor adalah satu part yang digunakan pada teknologi injeksi.

Saya akan menjelaskannya secara Insya Allah menyeluruh dan agar mudah dipahami oleh anda.

Injeksi adalah sebuah teknologi untuk mengoptimalkan bahan bakar yang digunakan agar seimbang dengan tenaga yang dihasilkan oleh motor atau mobil itu sendiri.

Perbedaanya dengan karburator adalah injeksi menggunakan sistem penyemprotan bahan bakar sementara karburator menggunakan sistem ke vakuman yang terjadi pada karburator.

Sehingga terkadang sepeda motor jenis karburator akan mengeluarkan banyak bahan bakar ketimbang injeksi walaupun dengan tenaga yang sama.

Sistem kerja injeksi :

Injeksi memiliki tiga komponen untuk bisa bekerja, yakni Sensor bertugas untuk memantau keadaan mesin dan lingkungan sekitar pada motor seperti suhu untuk dikirimkan sinyal berupa pengembalian arus ke ECU untuk dibaca oleh ECU.
Lalu ada ECU, ECU adalah otak dari Injeksi maka dari itu harganya cukup mahal bisa mencapai 500.000 rupiah, ECU sendiri memiliki fungsi untuk menerima arus dari sensor dan mengirim arus ke aktuator..

Terakhri adalah Aktuator, Aktuator adalah pelaksana tugas untuk menjalankan kinerja sepeda motor setelah mendapat perintah dari ECU dan Injektor adalah salah satu Aktuator.

Jadi, mulai sekarang bedakan antara Injektor dan Injeksi ya Bro, karena Injeksi adalah sistemnya dan Injektor adalah salah satu komponen di Injeksi yang berfungsi sebagai penyemprotan bahan bakar.

Masih bingung soal cara kerja dari Injeksi ?

Baiklah saya akan menjelaskan Injeksi seperti bentuk tubuh kita, Sensor kita ibaratkan seperti kulit pada tubuh kita, lalu ada ECU diibaratkan sebagai otak dan Aktuator sebagai kaki.

Ketika kulit merangsang adanya panas matahari berlebih maka kulit akan mengirimkan sinyal ke otak dan otak memerintahkan kaki untuk berjalan ke tempat yang teduh.

Itulah cara kerja injeksi yang saya ibaratkan sebagai tubuh manusia, sebenarnya sama saja karena prinsip kerja motor itu sama dengan manusia (lain waktu akan saya bahas).

Begitulah penjelasan sebenarnya soal injeksi, jadi jangan sampai salah lagi ya bro !!!



Salam Otomotif..

Pertanyaan soal masalah sepeda motor mas bro, bisa di sampaikan di komentar dan jika saya bisa menjelaskan maka akan saya jelaskan selengkapnya di artikel lanjuttan yang menjawab masalah motor mas bro..


Terima Kasih
1
20.6K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan