alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tidak Boleh Asal, Meminta Maaf Itu Ada Cara dan Seni nya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad5c9f3a09a3904578b4569/tidak-boleh-asal-meminta-maaf-itu-ada-cara-dan-seni-nya

Tidak Boleh Asal, Meminta Maaf Itu Ada Cara dan Seni nya

Tidak Boleh Asal, Meminta Maaf Itu Ada Cara dan Seni nya

ANDA barangkali pernah tanpa sengaja mengucapkan atau melakukan sesuatu yang menyinggung perasaan seseorang. Meskipun orang itu berkata semua baik-baik saja, hubungan Anda bisa menjadi canggung dan merenggang.

Lantas, bagaimana cara mencairkan hubungan yang mulai rusak ini? Meminta maaf adalah jawabannya. Akan tetapi, mengucapkan permintaan maaf secara tulus bukan hal yang mudah dilakukan.

"Beberapa orang memandang permintaan maaf sebagai sesuatu yang berkaitan dengan harga diri, tanda kelemahan. Mereka berpikir hal itu akan menyakitinya dengan suatu cara. Tetapi jika Anda tidak menyadari hal yang menyinggung, itu menjadi penghinaan bagi orang lain," ujar Beverly Engel, penulis buku The Power of Apology.

Yang mesti diingat, permintaan maaf bisa menyembuhkan perasaan sakit hati seseorang dan memberikan kesempatan untuk memperbaiki sebuah hubungan.

Hal terpenting ketika meminta maaf adalah niat serta tingkah laku Anda. Jika permintaan maaf tidak diucapkan secara tulus, hal itu tidak bermakna. Berikut ini adalah tiga hal yang harus diterapkan ketika meminta maaf:

1. Kenali hubungan Anda dengan orang tersebut. Kesadaran mengenai seberapa penting arti persahabatan, persaudaraan atau sebuah kekeluargaan akan memengaruhi seberapa besar permintaan maaf Anda.

2. Ekspresikan penyesalan. Ketika Anda menyatakan menyesal atas ucapan atau perbuatan yang dilakukan, tunjukkan kasih sayang dan empati. Anda tahu perbuatan Anda telah menyakiti seseorang. Maka, tunjukkan tanggung jawab dengan memperlihatkan kepada orang itu bahwa Anda menyadari kesalahan tersebut. Selain itu, pastikan Anda tidak balik menyalahkan orang itu dengan satu dan lain cara. Hindari kata ?tapi? dan jangan bersikap defensif.

3. Cari obat penyembuh luka sebagai penebus kesalahan Anda. Setelah meminta maaf, bersabarlah menanti responsnya. Memang lebih mudah apabila orang tersebut segera menerima permintaan maaf tersebut, tapi hal itu tidak selalu terjadi. Jangan menekan orang itu karena Anda hanya akan menyulut kembali bara permusuhan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Minta maaf yg bener dan ikhlas

Misalnya salah ama dia ... Minta maaf yg bener dan janji mau berubah
Tidak Boleh Asal, Meminta Maaf Itu Ada Cara dan Seni nya Tidak Boleh Asal, Meminta Maaf Itu Ada Cara dan Seni nya
Kesuwen.....kadung lebaran emoticon-Ngacir
mau apa aja caranya asal minta maaf dgn bersungguh2 dan TIDAK mengulangi kesalah yang sama

Tidak Boleh Asal, Meminta Maaf Itu Ada Cara dan Seni nya
Minta maap sama siyapah
Akoh kn anak baik gk pernah buat jaat
emoticon-Cool
dengan niat hati yang tulus
banyak maunya


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di