alexa-tracking

Belum Optimal, Kemkominfo Ingatkan Lima Tugas Humas Pemerintah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad4a403642eb621568b457b/belum-optimal-kemkominfo-ingatkan-lima-tugas-humas-pemerintah
Belum Optimal, Kemkominfo Ingatkan Lima Tugas Humas Pemerintah
Belum Optimal, Kemkominfo Ingatkan Lima Tugas Humas Pemerintah

JPP, JAKARTA – Peran biro hubungan masyarakat (humas) dalam sebuah pemerintahan sangat vital. Sebab, tanpa peran biro humas yang baik, sebagus apapun kinerja pemerintah tidak akan diketahui oleh publik, sehingga terkesan pemerintah tidak bekerja.

Terkait itu, dalam Seminar Nasional Komunikasi Strategis Pemerintah yang diselenggarakan oleh Kemkominfo dan Kemensetneg di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Senin (16/4/2018), Kemkominfo kembali mengingatkan lima tugas utama biro humas pemerintahan.

“Kita tahu tugas dari GPR, Government Public Relations, baik di kementerian, lembaga, BUMN, dinas kominfo, ataupun semua yang ada di kehumasan, yang pertama adalah sosialisasi program pemerintah, dan tadi bapak Presiden mengatakan sosialisasi kita sangat kurang sekali,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Rosarita Niken Widiastuti.

Lebih lanjut dijelaskannya dalam seminar yang dihadiri seluruh biro humas pemerintah se-Indonesia itu, tugas sosialisasi dinilai masih kurang optimal karena terlalu sibuk untuk merespons atau menjadi “pemadam kebakaran”.

“Tapi sosialisasi (program pemerintah) dengan iklan layanan masyarakat itu sangat rendah sekali. Kurang dari separuh kementerian/lembaga yang membuat produk-produk iklan layanan masyarakat yang mudah dicerna, dengan bahasa yang sederhana, seperti yang disampaikan bapak Presiden,” jelas Niken.

Kemudian tugas yang kedua adalah edukasi, yang menurut Niken juga harus terus dilakukan. Dan tugas selanjutnya adalah kampanye program-program prioritas pemerintah.

“Iklan layanan masyarakat soal Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Dana Desa, dan lain sebagainya yang kita putar tadi, itu juga merupakan salah satu bentuk kampanye program prioritas pemerintah,” imbuhnya.

Tugas keempat adalah kontranarasi, seperti melawan hoax atau berita bohong dan klarifikasi, dengan menyajikan data dan fakta yang sebenarnya.

Terakhir, papar Niken, biro humas juga berperan dalam misi nation branding, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Terkait kelima tugas utama biro humas tersebut, Niken menjelaskan bahwa terdapat 12 capaian pemerintah yang harus disampaikan dalam sebuah narasi besar kepada publik untuk tahun 2018 ini.

Keduabelas capaian tersebut antara lain mengenai sertifikasi tanah, perhutanan sosial, penanggulangan asap, elektrifikasi, program satu juta rumah, kredit usaha rakyat, start-up, jaminan sosial, dana desa, infrastruktur, ketahanan pangan (waduk dan irigasi), dan bank wakaf mikro.

“Seperti pesan bapak Presiden, sampaikan capaian tersebut dengan teknik komunikasi yang kreatif, mudah dimengerti, dan menyentuh hati masyarakat,” tutur Niken. (nba)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...mas-pemerintah

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Belum Optimal, Kemkominfo Ingatkan Lima Tugas Humas Pemerintah Dianugerahi Gelar Adat, Presiden Optimistis Pembangunan di Asmat Lancar

- Belum Optimal, Kemkominfo Ingatkan Lima Tugas Humas Pemerintah Berboncengan Sepeda Motor dengan Ibu Iriana, Presiden Tinjau Infrastruktur di Asmat

- Belum Optimal, Kemkominfo Ingatkan Lima Tugas Humas Pemerintah Terima Kasih Presiden, Istri Saya Sudah Dirawat dan Akhirnya Punya KIS