alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Protes Washington, China Latihan Perang di Selat Taiwan
2.33 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad4a1b0dac13ead618b4571/protes-washington-china-latihan-perang-di-selat-taiwan

Protes Washington, China Latihan Perang di Selat Taiwan

Protes Washington, China Latihan Perang di Selat Taiwan
Presiden China, Xi Jinping memerintahkan militer untuk menggelar latihan perang di Selat Taiwan sebagai protes atas kedekatan Washington dengan Taipei. (Reuters/Tyrone Siu)


Jakarta, CNN Indonesia - Presiden China Xi Jinping memerintahkan militer untuk menggelar latihan perang atau live-fire exercisedi Selat Taiwan.

Latihan yang rencananya berlangsung pada Rabu (18/4) dilakukan sebagai pesan tegas Beijing atas relasi Amerika Serikat dan Taiwan yang kian erat.

Simulasi perang yang melibatkan latihan tembak-menembak dengan amunisi tajam ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan Angkatan Laut China di perairan itu sejak 2015 lalu.

"China ingin mempertegas bahwa militer kami selalu siap.

Kedua, latihan ini memberi sinyal kepada pemerintahan di Taipei untuk tidak melakukan hal yang tidak semestinya lebih jauh lagi," kata seorang peneliti dari program studi keamanan maritim S. Rajaratnam School of International Studies, Collin Koh, Senin (16/4).

Hubungan China dan Taiwan terus merenggang terutama setelah Presiden Tsai-ing Wen menjabat pada 2015 lalu.

Di tangan Tsai, Taiwan terus berupaya memerdekakan diri dari China dengan mencoba mendapat pengakuan dari negara lain termasuk AS.

Sejak Trump duduk di Gedung Putih pada Januari 2017 lalu, AS juga terus memperkuat hubungannya dengan Taiwan.

Washington dan Taipei bahkan menandatangani perjanjian yang memperbesar peluang bagi pejabat publik keduanya untuk saling berkunjung.

Awal April pemerintahan AS juga sepakat menjual teknologi kapal selamnya kepada Taiwan. Menteri luar negeri AS yang baru, Mike Pompeo, bahkan menekankan pentingnya mempertahankan kebijakan penjualan senjata ke Taiwan saat berbicara kepada Kongres pada Kamis (12/4).

Hal itu membuat geram China yang selama ini menganggap Taiwan sebagai wilayah pembangkang.

China juga kerap memprotes negara-negara yang memiliki hubungan dengan Beijing tapi juga berupaya menjalin kedekatan dengan Taiwan.Presiden Xi bahkan tak segan merespons setiap upaya separatis dengan agresi militer.

"Latihan ini merupakan peringatan yang sangat berguna terhadap Taiwan dan AS untuk tidak menantang kepentingan China terkait kedaulatannya.

Simulasi perang ini juga memperingatkan agar semua pihak tidak melewati batas ketika berhubungan dengan Taiwan," ucap Direktur China Power Project CSIS, Bonnie Glaser kepada CNN.

Protes Washington, China Latihan Perang di Selat Taiwan
Foto: Reuters/Tyrone SiuTentara Taiwan dalam sebuah latihan perang.

Simulasi perang pekan ini juga dilakukan setelah China menggelar latihanmiliter terbesar di Laut China Selatan pada 10 dan 11 April lalu.

Presiden Xi bahkan turun langsung meninjau latihan tersebut dari dek kapal penghancur Changsha.

Sehari setelahnya, Presiden Tsai dikabarkan langsung meninjau latihan angkatan lautnya.

Menurut media pemerintah Taiwan, CNA, itu merupakan pertama kalinya Tsai menaiki kapal perang dan ikut serta dalam latihan militer sejak menjabat sebagai presiden.

Menanggapi latihan militer China pekan ini, Kementerian Pertahanan Taiwan meyakinkan warganya untuk tidak panik karena simulasi perang itu berlangsung di zona militer rutin.

Taipei juga meyakinkan bahwa pasukan militer nasionalnya mampu melindungi warga dari segala ancaman apapun, termasuk China.

"Kepada warga kami, mohon untuk tetap tenang," bunyi pernyataan kementerian pertahanan Taiwan. (nat)




SUMBER : https://m.cnnindonesia.com/internasi...0%2C2348061635
Diubah oleh matthysse76
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emoticon-Om Telolet Om!

ditunggu komentarnya duta besar China untuk kaskus

emoticon-Takut
Diubah oleh matthysse76
biasa aja sih menurut mas anang..

kerjaan kentara kalau engga latihan ya perang..
abis itu baru kentu .
gpp tak bisa bersatu lagi ...yg penting tetap damai2 aja
jgn terprovakasi amerika ( barat )
amerika ( barat ) itu sejak thn 1949 sampai sekarang terus berusaha adu domba supaya china & taiwan perang
karena Perang China vs Taiwan, Paling Menguntungkan Amerika

tapi amerika ( barat ) tetap gak berhasil
karena baik china maupun taiwan ,sama2 tahu ..
kalo umpamanya mrk perang ..maka sesama ras akan saling perang/bunuh2

sampai kiamat akhir zaman kepercayaan kalian itu
China & Taiwan tidak akan pernah berperang

sinophobia terus bermimpi aja ingin lihat china -taiwan berperang
mimpi kalian tak mungkin akan tercapai
mampus lu , trid lu dibacotin ama koh ah yan..
Diubah oleh tai.lencong
Semoga roda tank nya ga copot pas latihan emoticon-Bedug
Pesawat tempurnya aja KW Udah gaya2an mau perang
Nanti pada copot tuh kalau lawan AS

emoticon-Ngakak
Militer nya juga isi pesakitan
hongkong taiwan macau segera out dari china
Quote:


brunei denger2 ud mau "dicaplok", sultan minta china banyak invest di negrinya, yang nentang china kuasain lcs berkurang 1
pasukan siap!!!!!
tembak!!!!
Protes Washington, China Latihan Perang di Selat Taiwan
Quote:


ini contoh manusia munapik penyembah barat

sudah cek barang yg ente pakai sehari2 emoticon-Big Grin

Quote:


makanya Ane tau
yang tadinya mur nya harus 4 malah dibuat jadi 3 emoticon-Ngakak

makanya nggak ada negara-negara di Timur Tengah seperti Suriah yang pake tank buatan China

Tank dari aluminium tuh
Bisa2 meleleh kalau lewat gurun pasir

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:


bentar lagi lo diceramahin dubes RRC for Kaskus gan... tunggu aja bentar lagi orangnya datang...

jadi gini... leh uga



ntap
Protes Washington, China Latihan Perang di Selat TaiwanProtes Washington, China Latihan Perang di Selat Taiwan
Quote:


munapikun penyembah barat emoticon-Big Grin
Quote:


makanya lihat faktanya bro
nggak ada negara-negara di negara yang sering perang belanja peralatan militer dari China

nggak kebayang pesawat tempurnya China dipake di Timteng
bisa pada copot itu sayap pesawat tempurnya
lah mur nya aja kurang kok buat menghemat anggaran emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


Militernya China itu nggak battle proven

Kebayang militernya China bawa kosmetik ke medan perang biar nggak jerawatan atau takut hitam kena sengatan matahari

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di