alexa-tracking

Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad49d9b925233393f8b4567/dari-china-luhut-bawa-pulang-investasi-rp-310-triliun
Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun
Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun

2 jam yang lalu

Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar PanjaitanKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA

Indonesia terus memperluas kerja sama dengan China. Rombongan pemerintah yang dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan meneken berbagai perjanjian kerja sama antara perusahaan Indonesia dan China pada Jumat (13/4/2018) senilai 23,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 310 triliun.

Luhut menyatakan Indonesia dan China menyepakati dua nota kesepahaman (MoU), yakni pengembangan mobil listrik dan pengembangan Tanah Kuning Mangkupadi Industrial Park di Kalimantan Utara.

Selanjutnya, ada lima kontrak kerja sama yang telah ditandatangani. Kontrak pertama, pengembangan proyek hydropower di Kayan, Kalimantan Utara senilai 2 miliar dollar AS. Kedua, pengembangan industri konversi dimethyl ethercoal menjadi gas senilai 700 juta dollar AS.

Ketiga, perjanjian joint venture untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga air di Sungai Kayan, Kalimantan Utara senilai 17,8 miliar dollar AS. Keempat, joint venture pengembangan pembangkit listrik di Bali senilai 1,6 miliar dollar AS. Kelima, pengembangan smelter baja senilai 1,2 miliar dollar AS.

“Kami ingin melihat terus terjalinnya kerja sama antar investor dari kedua negara, tidak hanya antar pemerintah saja," kata Luhut pada keterangan tertulisnya Sabtu (14/4/2018).

Selain itu Luhut juga mendorong kerja sama pada empat sektor investasi senilai 51,93 miliar dollar AS atau sekitar Rp 690 triliun.

Peluang tersebut, pertama adalah pembangunan infrastruktur, Kuala Namu Aerocity dan pengembangan kawasan industri di Sumatera Utara.

Kedua, pembangunan pembangkit listrik tenaga air dan kawasan industri KIPI Tanah Kuning di Kalimantan Utara. Ketiga, pembangunan Bandar Udara Internasional Lembeh, kawasan wisata Likupang, dan kawasan industri Bitung di Sulawesi Utara. Keempat, pembangunan techno park dan jalan tol di Bali.

Wakil Menteri Perdagangan China, Gao Yan menyatakan, pihaknya berkomitmen agar komunikasi kedua negara bisa lebih efisien dan cepat untuk kembali menindaklanjuti peluang kerjasama yang masih ada.

“Kami akan bekerja sama dengan departemen terkait untuk mengimplementasikan kesepakatan antara pimpinan kedua negara,” ujar Gao Yan.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira pemerintah Indonesia harus memperhatikan beberapa hal agar kerja sama yang telah disepakati bisa berjalan dengan lancar. Pertama, pemerintah mesti memberikan kepastian hukum lantaran jelang pemilu, rencana investasi harus sudah matang.

Kedua, pemerintah pusat dan daerah harus mendukung pembangunan infrastruktur penunjang di daerah tujuan investasi. Ketiga, Indonesia harus menciptakan iklim investasi yang mendukung terkait isu utang dan tenaga kerja asing.

Di sisi lain, pemerintah harus berhati-hati melihat arah kepentingan China, jangan sampai merugikan Indonesia.

"Perlu pengawasan dan evaluasi juga, sehingga win-win solution bagi Indonesia," ujar Bhima kepada Kontan.co.id, Minggu (15/4/2018).
https://www.msn.com/id-id/ekonomi/ek...iun/ar-AAvVxOq



Quote:


---------------------------------

Yaa mudah-mudahan saja Pa Jokowi bisa menang lagi di 2019 ... sebab bila bukan dia yang jadi presidennya, bisa lain lagi pula kebijakannya. Ada conntoh akan hal itu, yaitu di Malaysia, yang juga sedang akan Pemilu sebentar lagi. Salah satu janji daripada seorang kandidat PM adalah Mahathir Mohamad, yang menariknya salah satu program prioritasnya bila dia memenangi pemilu, akan meninjau ulang semua kebijakan tentang investasi China di Malaysia. Nah, lhoooo ... bijimana bila Prabowo atau Capres dari koalisi ketiga, punya program mirip dengan Pa Mahathir Mohamad itu? 

Yang menarik pula adalah laporan Bank Indonesia diatas itu, yang menyebutkan bahwa dari sekitar dari 245 proyek dan 2 program pembangunan lain, yakni ketenagalistrikan dan pengembangan industri pesawat terbang yang total nilainya sekitar Rp 4.417 triliun, yang tuntas baru 2% padahal masa dinas kepresidenannya tinggal setahun lagi. Kecuali bila dia terpilih kembali di Pilpres 2019 nanti, dia bisa melanjutkan proyek-proyek rezimya itu. Bila tidak? Bisa saja Presiden penggantinya akan membatalkan atau membekukan sebagian proyek-proyek strategis itu dengan berbagai alasan. Atau menyatakan bahwa proyek itu bukan lagi termasuk jenis proyek strategis nasional yang menjadi prioritas pemerintahan yang baru. Nah, lhooo ....

emoticon-Ultahemoticon-Wowemoticon-Ultah
emoticon-Selamat
Mahathir Mohamad Khawatir Maraknya Investasi China di Malaysia, Janji Evaluasi Bila Menang Pemilu
Selasa, 10 April 2018 03:01

Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun
Foto Ilustrasi -- Mantan PM Malaysia, Mahathir Mohamad (bertopi) ikut hadir pada acara unjuk rasa menuntut pengunduran diri PM Najib Razak di Kuala Lumpur, Minggu (30/8/2015).(Foto: AP/ via Kompas.com)

SERAMBINEWS.COM - Para investor asal China yang menanamkan modal di Malaysia kemungkinan akan menghadapi masalah jika Mahathir Mohamad memenangkan pemilu.

Mahathir, mantan perdana menteri itu kini menjadi kandidat perdana menteri dari kubu oposisi.

Dalam sebuah wawancara dia memaparkan pandangannya soal investasi China.

Mahathir mengatakan, Malaysia menyambut baik investasi dari China selama perusahaan negeri itu mempekerjakan warga lokal, membawa modal, dan teknologi ke Malaysia.

Namun, ujar politisi gaek berusia 92 tahun itu, dia tak melihat semua hal tersebut dilakukan para pengusaha China yang berinvestasi di Malaysia.

"Kami tak mendapatkan apapun dari investasi. Kami tak menyukai itu," kata Mahathir di kantornya di Kuala Lumpur, Senin (9/4/2018).

Komentar Mahathir ini merefleksikan keprihatinan meluas atas investasi China di berbagai negara Asia mulai dari Australia hingga Sri Lanka.

Banyak negara berusaha mendapatkan keuntungan dari rencana China membangun infrastruktur bernilai ratusan miliar dolar.
Namun, di sisi lain banyak negara juga khawatir akan menjadi terlalu tergantung terhadap China.

Di Malaysia, investasi China memicu kekhawatiran terkait kesetaraan dan kedaulatan perekonomian negeri itu.

Mahathir mengambil contoh Country Garden Holdings Co. Ltd yang berencana menanamkan investasi sebesar 100 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.377 triliun di Johor.

Perusahaan ini akan membangun hunian berupa apartemen yang dihargai hingga 1 juta ringgit atau sekitar Rp 3,5 miliar per unitnya.

Baca: Polisi Hentikan Pidato Mahathir Mohamad dan Memaksanya Turun dari Mimbar

"Di Malaysia tak ada cukup orang kaya untuk membeli apartemen mewah seperti itu, sehingga yang akan masuk adalah orang asing," ujar Mahathir.

"Tak ada negara yang senang jika orang asing membanjiri negara mereka," tambah dia.

Dalam wawancara itu, Mahathir mengambil contoh Sri Lanka yang disebutnya "kehilangan banyak tanah" karena tak bisa mengembalikan utang dari China.

Tahun lalu pemerintah Sri Lanka memberi sebuah perusahaan kongsi yang dimotori sebuah BUMN China hak pengelolaan pelabuhan Hambata di wilayah selatan negeri itu.

Hak pengelolaan hampir satu abad itu terpaksa diberikan sebagai ganti pemutihan utang Sri Lanka terhadap China.

"Banyak orang tidak suka dengan investasi China. Kami ingin membela hak rakyat Malaysia. Kami tak ingin menjual negeri ini kepada perusahaan asing yang akan mengembangkan seluruh kota," ujar Mahathir.

Pihak pemerintah Malaysia belum menanggapi pernyataan Mahathir ini.

Namun, PM Najib Razak pernah menepis kekhawatiran oposisi soal maraknya investasi China di Malaysia.

"Ingat, investasi Malaysia di China pernah lebih besar ketimbang investasi China di Malaysia. Investasi Malaysia di luar negeri jauh lebih besar dibanding investasi asing di negeri ini," ujar Najib dalam konferensi Invest Malaysia 2018.

China memang menjadi negara dengan investasi terbesar di Malaysia dengan kontribusi 7 persen dari total investasi asing tahun lalu bernilai 54,7 miliar ringgit
http://aceh.tribunnews.com/2018/04/1...-menang-pemilu
KASKUS Ads
Pemilu Malaysia
Ancaman Mahathir jika Menang Pemilu Malaysia, China Bakal Terganggu
Senin, 09 April 2018 - 14:46 WIB

Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun

KUALA LUMPUR, iNews.id - Menjelang pemilihan umum Malaysia, kandidat perdana menteri dari kubu oposisi, Mahathir Mohamad, menyampaikan janji-janjinya jika menang.

Dalam wawancara dengan Bloomberg, sebagaimana dilaporkan kembali oleh The Straits Times, Mahathir mengatakan pihaknya siap menerima investor dari China jika perusahaan mau beroperasi di Malaysia. Tujuannya, investasi dari China bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal serta terjadi transfer teknologi.

"Di sini kami tidak mendapatkan apa-apa dari investasi itu. Kami tidak akan menerimanya," kata Mahathir, sebagaimana dikutip kembali oleh AFP.

Investasi China di Malaysia meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya ketimpangan serta kedaulatan ekonomi negara.

Mahathir mencontohkan, investasi Country Garden Holdings sebesar USD110 miliar di Negara Bagian Johor untuk membangun apartemen yang harganya 1 juta ringgit. Sementara pendapatan rata-rata tahunan di Malaysia pada 2016 tercatat 62.736 ringgit.

"Kita tak punya banyak orang kaya untuk membeli apartemen semahal itu, jadi Anda seperti membawa orang asing masuk. Tidak ada negara yang ingin banyak orang asing masuk ke negaranya," kata Mahathir.

Lebih lanjut Mahathir mencontohkan Sri Lanka sebagai negara yang harus kehilangan banyak tanah karena tak mampu membayar utang ke China. Pada tahun lalu, Pemerintah Sri Lanka memberikan pelabuhan Hambantota kepada perusahaan patungan China yang dipimpin perusahaan pelat merah.

"Banyak orang yang tak suka dengan investasi China. Kami ini orang Malaysia. Kami ingin membela hak-hak orang Malaysia. Kami tak ingin menjual potongan demi potongan dari negeri ini kepada perusahaan asing yang akan membangun banyak kota," ujarnya.

Sebelumnya, Mahathir juga mengatakan, jika kubu oposisi Pakatan Harapan menang, beberapa proyek akan dinegosiasi ulang. Salah satunya adalah East Coast Rail Link yang diperkirakan memakan anggaran 55 miliar ringgit. Pihaknya akan mengurangi proyek rel kereta dengan panjang 688 kilometer itu. Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 2024.

Hal lain yang akan diperjuangkannya adalah memulai kembali negosiasi atas akses Malaysia terhadap Laut China Selatan dengan negara tetangga. Malaysia mengklaim kepemilikan wilayah di Laut China Selatan, termasuk dengan China, Filipina dan Vietnam.

"Kami harus memastikan suara kami didengar karena Malaysia memiliki pulau-pulau di kawasan itu dan kami harus mempertahankannya," ujar pria 92 tahun itu.
https://www.inews.id/news/read/89086...=internasional
ngapain pakai china ?

panggil orang ini aja bisa dapat 1,4 T/orang

Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun

kalau 7 juta orang seperti itu pasti lebih2.
Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun
Source:
https://pasarmodal.inilah.com/read/d...ang-kehancuran
image-url-apps
jadi gini... wah bagi2


ntap
Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun
image-url-apps
Pemprov jabar aja banyak kok kerjasama dgn cinak
image-url-apps
Quote:


Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun

cinak emoticon-Big Grin
image-url-apps
Dari yordania wowo bawa kasus yg belum selesai dari tahun 98.

emoticon-Ngakak
image-url-apps
ngutang lagi critanya
Quote:




ane jd ragu...
mirip2 cara opa jk nih saat jd wapres era sby, bikin program pltu dan proyek pln lainnya, taunya yg ngerjain prshnnya opa jk..
nah ini opa buldozer dapeti inpestor dr mengleng, ntar kerjasama nya dan yg ngerjain perusahannya opa buldozer..
googling ajah prshn2 opa buldozer, betapa mengguritanya core bisnis prshn opa buldozer..

emoticon-No Hope emoticon-Cape d...
smua dapet jatah, smua dapet kue emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah

oiii nastaik asuu... gimane kabar sonangol??? emoticon-Ultah emoticon-Ultah
Quote:



hati2 kalo ngemeng tanfa fukti ..

nanti ente di laforin ke folisi

ato ada BULLDOZER warna kuning nunggu defan rumah ente ...
mau di kampung auarium kan komflek rumah ente nanti




Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun


image-url-apps
Horree

tambahan dana untuk proyek

Horeee uang kafir buat bancakan cingkranger

Horeee

Nikmat kafir mana lagi yg kau dustakan ?

Anti kafir ? Gak usah pake samsung iphone xiaomi dll

Ga usah ol pake jaringan internet

Jangan naik yamaha honda dll yang di ciptakan oleh penyembah matahari

Horeeee

emoticon-Shakehand2
image-url-apps
lebih besar dari nilai investasi raja arab ya emoticon-Traveller
Quote:



Dari China, Luhut Bawa Pulang Investasi Rp 310 Triliun
image-url-apps
syaratnya bawa kuli2 dri cina emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Ya gitulah..
Si tua satu ini begitu rakus.
Sengaja cari orang goblok utk jadi boneka dan tukang stempelnya, kebijakan dia yang atur 😏
mantap..munpung masi menjabat...kesempatan ngutang banyak2..
biar presiden selanjutnya..kagak bisa ngapa-ngapa emoticon-Wakaka
×