alexa-tracking

Anies tak Boleh Sembarangan Jual Beli Rusunawa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad49af7de2cf227448b4567/anies-tak-boleh-sembarangan-jual-beli-rusunawa
Anies tak Boleh Sembarangan Jual Beli Rusunawa
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat melempar wacana terkait kepemilikan rumah susun sewa (Rusunawa) menjadi rumah susun milik (Rusunami). Sayangnya, keinginan Anies memenuhi hunian untuk warga itu terganjal aturan tentang rumah susun sebagai aset pemerintah daerah.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Bestari Barus menanggapi keinginan mantan Menteri Pendidikan itu. Ia mewanti-wanti Anies tak sembarang menjual aset pemerintah.

Pasalnya, Rusunawa dibangun menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Selain itu, Rusunawa juga dibangun di atas tanah milik Pemprov DKI.

"Aset itu enggak bisa sembarangan dijual. Harus melalui persetujuan dewan dan Kementerian Keuangan. Enggak boleh begitu saja," tandas dia.

(Baca juga: DKI Bangun Rusunawa karena Tak Bisa Bangun Rusunami)

Skema mengalihkan Rusunawa menjadi hak milik penghuninya, dikenal dengan istilah sewa-beli. Pada ayat (3) Pasal 45 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rusun menyebut sewa-beli hanya bisa diterapkan pada rumah susun negara.

Adapun definisi rumah susun negara dalam Pasal 1 yakni, "rumah susun yang dimiliki negara dan berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian, sarana pembinaan keluarga, serta penunjang pelaksanaan tugas pejabat dan/atau pegawai negeri."

Sedangkan rumah susun umum atau rumah susun yang dibangun khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah hanya bisa dimiliki atau disewa. Dan rumah susun khusus atau rumah susun yang diselenggaran untuk kebutuhan khusus, hanya bisa dipinjam-pakai atau sewa.

Wacana ini dilemparkan Anies saat Sidang Paripurna DPRD DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Anies ingin memberikan Rusunawa kepada warga yang sudah bertahun-tahun menyewa.

"Kami akan perhatikan, termasuk juga mengenai pentingnya tahu memastikan bahwa semua warga Jakarta mendapatkan akses pada perumahan. Ini juga menjadi perhatian kami. Memang kami ingin menyiapkan agar semua punya kesempatan, bahkan mereka yang baru bisa menyewa, disiapkan skema agar suatu saat mereka bisa memiliki rumah yang mereka sewa," tutur Anies dalam pidatonya saat itu.

https://www.medcom.id/nasional/metro...-beli-rusunawa

Gabener Dungu
emoticon-Ngakak
Generasi micin emas siap mendukung GABENER PRIBUMI DARI SUKU BANGSA ARAB utk jual2in semua yg dibangun jokowi ahok, kl perlu RPTA jg jual2in aja emoticon-Ultah
Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Cinta Mega, mengatakan, rusunami itu berarti milik Pemprov DKI yang tidak bisa diperjualbelikan. "Bagaimana azas legalitasnya? Kalau itu ada di Dinas Perumahan berarti itu pure yang menjalankan Pemprov. Nah secara hukum, aset itu tidak bisa diperjualbelikan, itu sudah cacat hukum," ujar Cinta dalam rapat bersama Dinas Perumahan DKI di Gedung DPRD DKI, Rabu (31/1/2018). Cinta menjelaskan, pembangunan rusunami DP 0 rupiah yang dibangun Pemprov DKI di atas lahan DKI seperti di Pulogadung akan berbeda dengan rusunami DP 0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang dibangun BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya, di lahan milik mereka sendiri.

Warga bisa sepenuhnya memiliki rumah yang dibangun PD Pembangunan Sarana Jaya. Sementara itu, jika rusunami yang dibeli itu dibangun Pemprov DKI, warga hanya akan mengantongi surat kepemilikan bangunan gedung (SKBG) dengan masa berlaku 20 tahun.

"Apakah nanti Pemda ini punya hati nurani, 20 tahun kemudian ternyata ini bukan hak miliknya mereka, masih punya Pemda, status tanah punya Pemda," katanya.

Kritikan yang sama juga disampaikan anggota Komisi C DPRD DKI yang lainnya, Ruslan Amsyari. Dia menyebut Pemprov DKI akan melanggar hukum apabila memperjualbelikan aset mereka. "Kita melanggar hukum, itu Bapak tabrak juga, karena ini aset Pemda. Tidak boleh diperjualbelikan, kecuali ada pelepasan (aset)," ucap politikus Partai Hanura tersebut.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Agustino Dharmawan memahami adanya perbedaan antara pembangunan rusunami DP 0 oleh Pemprov DKI dan BUMD. Dia akan melaporkan persoalan itu terlebih dahulu kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Saya mau bicara dulu sama Pak Gubernur," kata Agustino.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DPRD Kritik Pembangunan Rusunami DP 0 di Tanah Milik Pemprov DKI ", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/01/31/17075921/dprd-kritik-pembangunan-rusunami-dp-0-di-tanah-milik-pemprov-dki.
Penulis : Nursita Sari
apakah si duo tolol goblog ini bakal melanggar aturan lagi dan lepas begitu aja.....tunggu tanggal maennya emoticon-Ngakak
Prestasi terbesar rakyat Jakarta... emoticon-Malu
Malu coy....milih gituan jadinya ancur.
Anies tak Boleh Sembarangan Jual Beli Rusunawa

#let's talk with nasbung language
Dikata punya bapak na maen jual" za emoticon-Nohope
Mulai menjual aset negara
kadir bajingan, rusunnya ahok yg mw dijual2in emoticon-Blue Guy Bata (L)
kadir doyok ini emang super dongoknya....

sebenernya dia bisa aja klo mau kerja dan capek. contohnya bikin jalan baru d jakarta trus dia yg bikin nama , bukan malah bikin nama jalan yg udh ada namanya....

bisa aja kadir doyok bikin rusun sendiri tp dgn pergub peruntukannya utk d jual ke warga miskin. bukan malah rusun yg udh ada utk d sewakan sm warga miskin malah d perjual belikan...
demi ambisi capres 2019 emoticon-Wkwkwk
Bagi2 rusunawa emang rusunawa moyang loe niss