alexa-tracking

Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad46f8de052272b598b4573/marak-pernikahan-dini-pemerintah-akan-ubah-usia-minimal-menikah
icon-hot-thread
Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah
Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah

Jakarta, IDN Times – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise telah menindaklanjuti perkara pernikahan dini yang telah terjadi di Indonesia. Yohana mengatakan, kementeriannya bersama dengan kementerian agama akan merevisi UU 174 tentang perkimpoian.


1. Pemerintah tindak lanjuti revisi UU perkimpoian
Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah
IDN Times/Sukma Shakti



Yohana menjelaskan bahwa kasus pernikahan dini di Indonesia telah masuk ke dalam unit pelayanan Kementerian PPPA, sehingga Yohana pun mengaku akan segera ditindaklanjuti. Tak hanya itu, Kementerian PPPA juga sudah mendekati kementerian agama untuk melakukan revisi UU 174 tentang perkimpoian.

“Kami juga sudah mendekati menteri agama untuk melihat dan merevisi kembali UU perkimpoian 174, kami juga sudah bekerja sama dengan organisasi masyarakat LSM, NGO untuk secepatnya kami merevisi UU perkimpoian anak,” ujar Yohana di Komisi VIII, Gedung DPR RI, Senin (16/4).

Kementerian PPPA juga, lanjutnya, telah mendapatkan lampiran yang masuk dan nanti akan segera lakukan tindak lanjut dan akan mendampingi kasus pernikahan anak juga.


2. Kementerian PPPA mendorong ‘stop perkimpoian anak’
Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah
IDN Times/Sukma Shakti



Yohana menyebut bahwa kementeriannya telah me-launching sebuah program ‘Stop Perkimpoian Anak’, maka ia pun sudah menyosialisasikan program tersebut ke berbagai provinsi. Menurutnya, apabila mayoritas masyarakat setuju dengan program tersebut, maka pemerintah dengan secepatnya akan menaikkan usia di UU tentang perkimpoian tersebut.

“Kami menunggu opini publik yang menyetujui, bilamana mayoritas menyetujui agar pemerintah menaikkan usia anak ini, maka kami (Kementerian PPPA) secepatnya dan menteri agama sudah setuju ini menjadi prioritas kami di tahun ini,” jelas Yohana.

Baca juga: 2 Mahasiswa Ikut Ujian Kampus di Hari Pernikahan


3. Kementerian PPPA akan lakukan pencegahan
Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah
IDN Times/Sukma Shakti



Yohana menerangkan, kementeriannya saat ini akan fokus pada pencegahan pernikahan dini terlebih dahulu. Ia pun menyampaikan bahwa untuk melakukan pencegahan tersebut, maka Kementerian PPPA perlu melakukan pendekatan khusus terhadap pihak keluarga.

“Kami sekarang, kementerian kami fokus pada pencegahan. Jadi kami tetap lakukan edukasi dan pencerahan kepada semua keluarga yang ada di Indonesia agar mereka bisa menyadari bahwa negara melindungi anak anak,” ucapnya.

Dalam hal ini, sambung dia, Indonesia memberikan perlindungan terhadap hak anak untuk bersekolah, bermain dan bekreasi, mulai dari usia 0 hingga 18 tahun.


4. Usia minimal akan dinaikkan untuk 20 tahun ke atas
Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah
ANTARA FOTO/Akbar Tado



Meski di dalam UU tentang perkimpoian usia minimal adalah 16 tahun, karena pemerintah mendapat desakan untuk menaikkan usia, maka Yohana mengatakan bahwa usia akan dianikkan cenderung ke usia 20 tahunan.

“Kementerian Agama dan kami termasuk bersama LSM yang sangat keras ingin menaikkan usia anak untuk menikah, akan dibicarakan untuk menentukan dan lebih cenderung ke 20-an ke atas,” terang Yohana.

Usia 20 tahun ke atas tersebut, lanjutnya, bisa 20 tahun untuk perempuan dan 20 tahun untuk laki-laki. 


5. Pemerintah akan tegas melindungi hak anak
Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah
ANTARA FOTO/Akbar Tado



Banyaknya kasus pernikahan di usia muda, Yohana mengungkapkan bahwa pemerintah akan secara tegas melindungi hak anak dan tidak membiarkan anak-anak menikah diusia muda.

“Kami akan tetap tegas menunjukkan ketegasan kami, bahwa pemerintah tetap melindungi hak anak, tidak membiarkan anak-anak menikah di usia anak. Itu pemerintah akan tegas,” tegas Yohana.

Baca juga: Pendapat Menag Lukman soal 2 Pelajar SMP 'Ngebet' Nikah di Bantaeng

 



Sumber : https://news.idntimes.com/indonesia/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah Polisi Tangkap Mantan Anggota DPR terkait Kasus Narkoba

- Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah Dilarang Pakai Pesawat dan Bagi-bagi Sepeda, Jokowi: Kita Taati Aturan

- Marak Pernikahan Dini, Pemerintah akan Ubah Usia Minimal Menikah Kemkominfo: Aduan Konten SARA Meningkat Jelang Pilkada

image-url-apps
revisi emoticon-Angel
image-url-apps
ane jadikan HT ya
KASKUS Ads
makin gejedah, orang mau bener nikah kok malah dipersulit.
mbuka pintu maksiat.
Klo kemudaan mau dikasih makan apa ntar biniknya emoticon-Frown
Kecuali nyang lakik dah mapan, terserah dah emoticon-Ngakak (S)

---------

Revisi emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
ikutan akhh.....
image-url-apps
kimpoi nya enak ,nglahirin nya yg susah .
btw masih kebagian mekiwan emoticon-Ngakak
Anak kecil sudah mau menikah, mungkin yg terbayang tu kisah indah-indah spt yg ada di film kali.
image-url-apps
keren ya
image-url-apps
Quote:


maksut ane pekiwan emoticon-Cape d...
anak jaman now suka nya celup2an gan !!! emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Quote:


yelah mikirnya cuma kearah maksiat doang, nikah muda emang udah bisa makanin nafkahin? udah mateng pola pikirnya? emoticon-Cape d... (S)
Kembali kepada pendidikan dan pola pikir dari orang tua. Bisa atau tidak mendidik anak dengan baik.
image-url-apps
ribet amat tinggal dinikahin aja
image-url-apps
berapa ? 14 tahun

Sudah bagusnya itu di usia 18, dimana anak sudah di anggap dewasa.
image-url-apps
jossss
image-url-apps
gw aja yg anak jaman old blm emoticon-Turut Berduka
Bagusnya usia minimal 20-22 thn karena itu udah masuk umur kategori dewasa muda
image-url-apps
masih kuliah brow.. tunggu lulus aja deh nikahnya emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


Padahal kenyataan nya.... Hnmmm
×