alexa-tracking

Melihara Ikan Koi Tidak Mudah Gan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad466611854f766318b4576/melihara-ikan-koi-tidak-mudah-gan
icon-hot-thread
Melihara Ikan Koi Tidak Mudah Gan!
Melihara Ikan Koi Tidak Mudah Gan!


Kali ini izinkan ane membuat thread dari pengalaman ane memelihara ikan KOI.

Selama kurang lebih setengah tahun ane memelihara ikan koi dari yang sedikit sampe banyak terus dikit lagi dan banyak lagi, dari sehat, sakit, mati, dan finally ke sehat lagi.
Awal mula ane memlihara ikan koi gegara kaka ane buat kolam ikan di halaman rumah nah iseng iseng ane nyumbang beli ikan koi, koi pertama ane namanya KOI Kumpai (Slayer) sebenernya ane gak tau namanya cuma kaka ipar ane bilang itu namanya kumpai.
begini bentuknya gan :
Spoiler for cekidot:

Saat itu ane belom demen banget melihara ikan koi karena menurut ane gimana gitu "gak bisa diungkapin gan". Nah kaka ane beli koi showa, dan 1 lagi ane kurang tau namanya. Koi kami di temani ikan komet lumayan banyak jumlahnya.
Kolam yang dibuat tidak berjalan mulus karena kolamnya sering rembes "bocor halus" jadi sempat ikannya dipindah keaquarium dulu, eehh ikan kaka ane yang ane gak tau namanya kesedot mesin filter kemudian mati, terus ama kaka akhirnya di pindahin kekolam kamar mandi kaka ane wkwkwk karena aquariumnya kekecilan. Selang 1 bulan kaka ane kasian liat koinya di kolam kamar mandi lalu di perbaikilah kolam ikannya. Nah akhirnya mereka bisa kembali masuk kekolam ikan yeeeyy, gak nyangka udah gede-gede (maaf foto gak ada soalnya ikannya udah mati emoticon-Sorry ). Terus kaka ane beli koi lagi warna kuning, kuning putih, putih, orange polos, orange hitam, merah putih, hitam putih, dan orange hitam putih. (mohon maaf namanya kurang ane tau, berikut beberapa gambarnya)
Spoiler for Kuning:

Spoiler for "Kuning putih":

Spoiler for "putih polos":

Akhirnya ane kepengen beli ikan lagi, di belilah 2 ikan, ane kurang tau namanya yang jelas 1 ikan itu koi chagoi ginrin kaya gini nih
Spoiler for "chagoi ginrin":

Saat itu kolam belum punya filter yang oke akhirnya kaka ane berinisiatif buat bikin filter, saat buat filter air kolam kena debu dari semen akhirnya dikuras sama kaka ane, karena tempat tidak memadai kaka pakai bak dlu dengan pakai oksigen dan mesin filter supaya ikannya gak stress, saat kaka ane cek jengjengjeng Kumpai ane mati ane dikabarin saat kerja, sedih banget karena itu koi pertama yang ane punya. Belum kelar disitu air kolam akhirnya penuh lagi dan mereka masuk lagi kekolam. Selang beberapa hari air kotor lagi dan memang kaka ane mau pasang filter akhirnya dikuras lagi dan sekalian ane beliin batu-batu buat tepi kolam ternyata butuh waktu 2 hari, hari belum berlalu ternyata ikan ada yang mati lagi gak cuma satu tapi 6 ikan OMG emoticon-Cape d... (S) termasuk chagoi anee emoticon-Berduka (S) dan anehnya koi yang warna orange polos itu hilang bener-bener gak ada emoticon-Takut . Karena kaka ane merasa ikannya tinggal sedikit akhirnya dia beli lagi 2 yang besar sekitar 30cm dan ane beli yang ukurannya 20 - 25cm 2 juga, koi blitar unik gan ada gambar love di badannya dan platinum silver, terus ikan koi goromo, dan selebihnya ane gak tau hehe..

Akhirnya kolam sudah siap untuk di huni mereka, tapi jangan pikir ini kebahagiaan untuk kita, justru ini puncak dimana ikan kita banyak yang mati hari demi hari koi blitar ane pun mati 1 per satu.
Ane masih gak kapok, ane beli lagi ikan koi dan mati lagi, terus ane beli lagi sekitar 6 koi, namanya doitsu platinum ogon, koi platinum, koi tancho, koi kumpai butterfly 3, nah satu ini ane lupa namanya..

Jujur gan stress banget ane gan, segela obat udah dibeli udah ikutin beberapa cara tapi tetep gak ada hasil.
Sedikit nama penyakit ikan yang diderita ama koi ane jamur batang insang, kutu, kutu jangkar, mata membesar kaya ikan koki dan ada juga yang badan sampe sirip itu ancur. Dominan koi ane mati karena jamur batang insang.
Spoiler for "Jamur batang insang":


Streess ane mikirin gimana caranya biar gak sakit lagi tanpa harus merombak kolam karena ane gak mau ikan ane stress dan mati lagi, dan akhirnya ane putuskan beli lampu uv dan beli ikan untuk nemenin koi ane namanya kapiat.
Lampu uv ane pasang di dalam filter karena bahaya buat mata ikan, dan beberapa hari ini air kolam selalu bersih dan bahagianya ane ikan ane sehat dan mau makan dengan lahap.
Ini gan foto - foto koi yang ada di kolam ane.
Spoiler for "koi ane":


Sekian thread ane, bila ada salah mohon koreksinya, semoga pengalaman ane menambah informasi buat pecinta koi..

NB:
Ini ane tulis sesuai pengalaman ane gan.
Beberapa foto ane ambil dari mbah google karena ane gak ada fotonya.


Spoiler for bonus:


Melihara Ikan Koi Tidak Mudah Gan!

wah enak tuh di pepes
image-url-apps
Quote:


Wkwkwkwk laper gan, makan dolo lahemoticon-Ngakak
KASKUS Ads
ikan koi itu ikan mas kan ya ?
kualitas koi = kualitas aer emoticon-cystg
image-url-apps
jadi gini... enakan ikan tongkol


ntap
Melihara Ikan Koi Tidak Mudah Gan! Melihara Ikan Koi Tidak Mudah Gan!
Piara koi itu sebenernya piara air... Kalo kualitas airnya terjaga, ikan pasti sehat, dengan catatan, ikannya engga bawa penyakit. Pahami dulu prinsip filtrasi kolam koi. emoticon-thumbsup

Lu engga jelasin, dari pertama beli sampe habis semua itu kurun waktu berapa lama?

Permasalahan awal orang baru piara koi biasanya kolam baru udah langsung dimasukin ikan banyak. Padahal sistem filtrasi butuh waktu untuk bisa mengolah air (dalam hal ini filter biologis), Kalo filternya belum mature langsung dimasukin ikan banyak, filter engga bekerja efektif. Solusinya pake Bacteria starter.

Setelah itu dipantau terus filter mekanisnya, setiap berapa hari mulai kotor dan langsung dibersihin.

Awal awal pelihara masukin ikan sedikit dulu aja buat ngukur kemampuan kolam dan filternya. Makin dikit ikan, kerja filter jadi ringan, engga perlu sering sering bersihin filter. Makin banyak ikan makin berat beban filter dan harus sering sering bersihin filter. Dan jangan lupa, selalu karantina ikan baru sebelum masuk kolam...

Sebanyak banyaknya lu masukin ikan di kolam, nanti kalo udah ngerti koi juga lama lama cuma akan pelihara beberapa ekor yang bagus bagus aja... Makanan ikan, mahal brooo... emoticon-Big Grin
image-url-apps
Mending miara rempuan gak repot emoticon-Traveller
luccuuu... ikan ini mahal ga si gan? kasi bocoran dong harganya

sebelom buka trit ini masa aku mikirnya itu ikan yang ekornya bercabang 3 emoticon-Big Grin

itu ikan apasi > emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:

Satu species kayanya gan.

Quote:

Betul gan.. emoticon-Cendol Gan

Quote:

Wkwkwk enak buat dibalado gan.. emoticon-Malu (S)
Quote:

Bener bgt gan, makasih penambahan infonya gaan..
Tp sekarang dah mau 1 minggu aernya jernih gegara pke lampu uv..
Quote:

Wkwkwkk leh uga.. emoticon-Leh Uga
Quote:

Wkwkwk apaan tuh ekor bercabang 3?
Mahal enggaknya tergantung gan dr ukuran, ama koi apa.. Bgtu
image-url-apps
Quote:


Wkwk..iyaa mayan jg yak buat qurban.. emoticon-Ngakak
Quote:


UV jangan taro di filter, Bakteri pengurainya ikutan mati semua...
image-url-apps
Quote:


Taro mane gan?
image-url-apps
gampang mati 😆
Quote:




:emoticon-Leh Uga
image-url-apps
ane pengen pelihara hiu putih...
Quote:


UVnya yang model kyk gimana?

Btw, Ikannya sisa berapa sekarang?
image-url-apps
Quote:

Ewkwkwk boleh tuh gan.. emoticon-Leh Uga
Quote:

20 gan..
Uv nya kaya lampu aquarium tuh..merk y***g
image-url-apps

Melihara Ikan Koi Tidak Mudah Gan!
Mauuuu

image-url-apps
Quote:


Pelihara lah hehehe.. emoticon-Malu (S)
×