alexa-tracking

Pedangdut Asal Yogya Bawa Obat Terlarang, Ditangkap Usai Manggung di Sekolah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad45369d9d7704a6d8b4589/pedangdut-asal-yogya-bawa-obat-terlarang-ditangkap-usai-manggung-di-sekolah
Pedangdut Asal Yogya Bawa Obat Terlarang, Ditangkap Usai Manggung di Sekolah
Pedangdut Asal Yogya Bawa Obat Terlarang, Ditangkap Usai Manggung di Sekolah

TRIBUNNEWS.COM, KULONPROGO - Seorang penyanyi dangdut yang cukup ternama di wilayah Yogyakarta, XN (19), ditangkap polisi pada 10 April 2018 lalu karena memiliki dan mengedarkan jenis obat keras tanpa izin.

Pelaku ditangkap di simpang empat Karangnongko, Wates seusai manggung di sebuah acara sekolah.

Polisi sebelumnya memang sudah mengendus penyalahgunaan obat keras oleh warga Mantrijeron, Kota Yogyakarta itu lalu dilakukan pengintaian.

Pelaku kemudian dicegat di Karangnongko dan diamankan ke pos polisi setempat untuk pemeriksaan.

Dilakukan penggeledahan terhadap mobil kompak bernomor polisi AB 1524 MN yang ditumpangi pelaku bersama seorang temannya yang kini jadi saksi.

Baca: Bripka Eric Tambunan Dikeroyok Sekelompok Orang di Kampung Sejahtera

Dari situ, polisi mendapati sembilan butir pil berlogo bentuk segitiga atau pil Hima tersimpan dalam bungkus rokok di tas pelaku.

"Awalnya kami duga perempuan yang berprofesi sebagai penyanyi ini melanggar lalu lintas lalu dicegat. Namun, ada indikasi dia terlihat tidak fokus dan mencurigakan. Sehingga petugas kemudian melakukan penggeledahan dan ditemukan pil Hima," kata Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution, Senin (16/4/2018).

Pil Hima menurut Anggara termasuk obat penenang kategori keras berbahaya (daftar G) yang tergolong psikotropika dengan efek halusinogen serta aditif dan bisa membuat pengonsumsinya hilang kesadaran.

Berdasar Undang-undang nomor 36/2009 tentang kesehatan, penggunaan dan pengedaran obat tersebut harus melalui izin khusus atau resep dokter.

Baca: Mayat Bu Guru Reli Tergantung di Pohon Mangga, Diduga Dibunuh

Dalam hal ini, XN yang juga memakai obat tersebut tidak memiliki perizinan khusus untuk penggunaan obat itu sehingga masuk ranah pidana.

"Kami masih mengembangkan penyelidikan untuk mengungkap dari mana pelaku mendapatkan obat tersebut. Kami akan periksa terkait kemungkinan kaitan dengan jaringan yag lebih luas. Walaupun barang bukti yang bisa diamankan cukup sedikit jumlahnya, kami tetap berkomitmen tidak pandang bulu dalam mengatasi peredaran narkoba dari sisi penegakan hukum," kata Anggara.

Pelaku tak mau memberikan keterangan apapun kepada awak media.

Namun demikian polisi kini masih menghimpun keterangan lebih dalam dari pelaku.

Baca: Bocah SD Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar Kolam Renang

Kasat Res Narkoba Polres Kulonprogo, AKP Munarso mengatakan pihaknya belum bisa menyimpulkan kemungkinan pelaku turut mengedarkan psikotropika itu di lingkungan sekolah tempatnya pentas mengingat barang bukti juga dibawa pelaku selama manggung.

Munarso mengatakan petugas akan mendalami keterangan lebih lanjut.

"Pelaku sementara ini masih kami indikasikan memakai dan mengedarkan obat keras. Pengakuan pelaku, sudah 7 kali transaksi pembelian dan beberapa kali memberikan obat itu kepada rekan-rekannya. Ini sudah termasuk dalam kategori mengedarkan," kata Munarso.


Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...ung-di-sekolah

---

Baca Juga :

- Sebelum Meninggal Micko Berjanji 'Nge-Bonek' untuk Terakhir Kalinya

- Abraham Samad: Cegah Korupsi Pelayanan Publik dengan Citizen Charter

- Rekomendasi Liburan: 5 Penginapan Murah di Yogyakarta Dekat Parangtritis, Harga Mulai Rp100 Ribuan

×