alexa-tracking

Bentuk Desaku Menanti, Kemensos Gelontorkan 2,3 M

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad444d21cbfaad2388b4587/bentuk-desaku-menanti-kemensos-gelontorkan-23-m
Bentuk Desaku Menanti, Kemensos Gelontorkan 2,3 M
[img][/img]

JPP, JENEPONTO - Kemensos menggelontorkan dana sebesar Rp2,3 miliar untuk membentuk "Desaku Menanti" di Jeneponto, Suawesi Selatan, sebagai upaya penanganan gelandangan dan pengemis.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto, saat meresmikan Kampung Kesetiakawanan Sosial Bajiati Desa Garassikang Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (16/4/2018).   

"Total bantuan Rp2,3 miliar ditambah program lansia, penyandang disabilitas dan pengembangan usaha ekonomi produktif," kada Edi Suharto.

Edi mengatakan, pemilihan Jeneponto untuk program Desaku Menanti karena melihat potensi daerah yang cukup besar dan dukungan pemerintah daerah yang luar biasa. "Karena program ini hakikatnya mengentaskan kemiskinan dengan cara gotong royong dan menyentuh akar masalahnya sehingga para gepeng tidak hanya kita beri bantuan di kota tapi kita kembalikan ke desa. Mereka diberikan tempat tinggal yang layak dan usaha ekonomi produktif," katanya. 

Dirjen juga meminta agar komitmen pemerintah daerah untuk terus membantu terutama mengawasi dan melengkapi berbagai kebutuhan lainnya seperti listrik dan air bersih. Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Sony Manalu mengatakan, pembangunan rumah dalam program Desaku Menanti di Jeneponto telah mulai dilaksanakan sejak Oktober 2017.

"Seharusnya diresmikan pada akhir 2017 tapi karena cuaca ekstrem terpaksa tertunda karena dibangun secara swadaya oleh penerima manfaat," kata Sony. 

Sebanyak 50 unit rumah bantuan senilai Rp30 juta dibangun secara swadaya diatas tanah wakaf kepala desa seluas dua hektare. "Intinya mereka tidak lagi mengemis, menggelandang dan hidupnya sejahtera. Ini merupakan program Desaku Menanti yang keenam setelah sebelumnya dua di Pasuruan, Malang, Yogyakarta, Padang, nanti akan ada lagi di Karangasem Bali," tambah Sony Manalu. 

Hasim salah seorang penerima manfaat menyampaikan terima kasih karena sudah memberikan bantuan rumah. "Semoga hidup kami bisa lebih baik lagi dan anak bisa sekolah. Tapi kami harapkan listrik dan air bisa masuk ke rumah kami," kata Hasim. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...ontorkan-2-3-m

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Bentuk Desaku Menanti, Kemensos Gelontorkan 2,3 M Satgas Waspada Investasi: Belum Punya Izin, Hati-hati Terhadap 18 Entitas Bisnis Ini

- Bentuk Desaku Menanti, Kemensos Gelontorkan 2,3 M Pemerintah Susun RPP Akomodasi Layak Siswa Disabilitas

- Bentuk Desaku Menanti, Kemensos Gelontorkan 2,3 M Catatan Pemerintah, Sebanyak 414.222 Penyandang Disabilitas Butuh Kerja

×