alexa-tracking

Menhan Ryamizard Ajak Negara Asean Wujudkan Kawasan Damai

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad43fa89e7404292e8b4585/menhan-ryamizard-ajak-negara-asean-wujudkan-kawasan-damai
Menhan Ryamizard Ajak Negara Asean Wujudkan Kawasan Damai
Menhan Ryamizard Ajak Negara Asean Wujudkan Kawasan Damai

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu hadir dalam kegiatan Putra Jaya Forum ke 5 tahun 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (16/4/2018).

Dalam kesempatan tersebut Menhan menyampaikan pandanganya soal Kalibrasi Ulang Arsitektur Keamanan Kawasan (Recalibrating Regional Security Architecture).

Melalu pidato dihadapan peserta kegiatan Putra Jaya Forum, Menhan mengingatkan, soal pentingnya membesarkan persamaan yang ada diantara negara-negara di Asean.

Menhan menekankan, sebagai bangsa yang berada di wilayah Asean, tentunya penting untuk bersama-sama mengecilkan perbedaan yang selama ini dapat melemahkan hubungan persaudaraan.

"Sehingga hal ini akan lebih memperkuat persaudaaraan kerjasama yang ada diantara kita, sejalan dengan the spirit of Asean dan spirit of Asean plus," kata Menhan saat memberikan sambutan.

Tidak hanya itu, Menhan mengatakan, bangsa yang berada di kawasan ASEAN sebaiknya juga harus memiliki prinsip dasar dan tujuan hidup yang sama sebagai manusia, yaitu keinginan untuk mewujudkan kawasan damai, aman dan sejahtera.

"Dalam merumuskan Kalibrasi ulang arsitektur keamanan kawasan kita perlu selalu mengacu pada kondisi aktual potensi ancaman kawasan masa kini dan masa yang akan datang," ujar Menhan.

Menhan pun menyebut, kondisi lingkungan strategis kawasan saat ini sangat dipengaruhi oleh ketidakpastian yang terkait dengan isu-isu ekonomi, politik, dan keamanan.

"Kedepan ancaman tidak lagi bersifat konvensional atau perang terbuka antar negara, tetapi lebih bersifat ancaman realistik benturan kepentingan yang mengatasnamakan ideologi tertentu," kata Menhan.

Sebelumnya, Menhan Ryamizard menandatangani kesepakatan dengan Menteri Keamanan Nasional Republik Fiji, Ratu Inoke Kubuabola, Jumat (29/9/2017).

Pertemuan kedua pihak digelar di Kementerian Pertahanan RI, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

"Penandatanganan ini menandai kelanjutan hubungan pertahanan kedua negara ke tingkat yang lebih strategis," kata Ryamizard.

Dirinya berharap, kesepakatan yang dicapai akan membawa dampak yang lebih positif bagi perkembangan bidang pertahanan bagi kedua negara.

Adapun beberapa poin yang disepakati oleh kedua negara, di antaranya mengenai pertukaran kunjungan antar badan pertahanan dan angkatan bersenjata.

Dialog dan konsultasi bilateral akan dilakukan secara berkala mengenai isu-isu pertahanan dan militer strategis yang menjadi perhatian Indonesia dan Fiji.

Kemudian, peningkatan kapasitas dalam bidang pertahanan dan militer melalui seminar, lokakarya, program pelatihan dan pendidikan.

Selain itu, pertukaran intelijen militer dan peningkatan kerjasama dalam bidang industri pertahanan.

"Antara lain, alih teknologi, penelitian bersama, produksi dan pemasaran bersama serta menjamin mutu bersama," kata Ryamizard.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ratu Inoke Kubuabola.

Dirinya mengatakan, kerjasama dengan Indonesia diharapkan dapat meningkatkan keamanan.

"Karena kami sama-sam tahu semua negara butuh dukungan, salah satunya seperti yang dilakukan Indonesia. Dan saya sangat berterimakasih atas penandatangan ini karena sangat penting, dalam suatu kerjasama wilayah, dan saya ucapkan terimakasih atas kesediaan kementerian pertahanan yang dengan komitmennya mau bekerjasma dengan Fiji," ujarnya.


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...-kawasan-damai

---

Baca Juga :

- Disebut Sudah Jadi Tradisi, Video Siswa yang Dipukuli di Hari Ulang Tahunnya Viral

- Akun Gosip Malaysia Minta Indonesia Disanksi FIFA Lagi Gara-gara Kerusuhan Arema FC vs Persib

- Malaysia dan Singapura Tetap Berada di Posisi Puncak pada Pasar Wisata Muslim