alexa-tracking

Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad43a7dc2cb17c5088b4572/tak-ada-kerusakan-akibat-gempa-64-sr-di-maluku-utara
Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara
Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara
Pemandangan lepas pantai dari kota Ternate, Maluku Utara, Senin (16/4/2018).
Gempa bumi menggoyang kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, pada Senin (16/4/2018) pukul 02.30 WIT. Gempa pada dini hari itu berkekuatan 6,4 Skala Richter.

Goyangan terasa cukup kuat di kecamatan Jailolo, Halmahera Barat; dan kecamatan Ternate Utara di kota Ternate. Warga pun berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi.

Kustoro Hariyatmoko; Kepala Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ternate, menyampaikan gempa bumi 6.4 SR itu berpusat di Atau pusat gempa berada di 87 kilometer barat laut Halmahera Barat dengan kedalaman 10 kilometer (1.41 Lintang Utara dan 126.81 Bujur Timur).

Dedy Arif, Ketua Laboratorium Geologi UMMU Ternate, menyatakan gempa cukup kuat dirasakan warga. Menurut perhitungan skala magnitude ala BMKG yang dilansir Antaranews, goncangan di dua kota itu mencapai III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) atau intensitas ringan.

Goncangan juga dirasakan di Bitung, Sulawesi Utara. Namun intensitas goncangan hanya II-III MMI alias lemah. Bahkan menurut Dedy, gempa juga dirasakan di wilayah kota Tidore Kepulauan dan Halmahera Utara, Maluku Utara, meski intensitasnya juga lemah. Yang jelas, gempa ini tidak memicu tsunami.

Dedy mengatakan sejauh ini belum ada laporan dari tim geologi UMMU dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) soal efek gempa. Ini berbeda dengan gempa bumi yang sempat menimbulkan kerusakan di Halmahera Barat beberapa waktu lalu.

"Aktivitas gempa ini merupakan impact dari pola gerakan atau pola pensesaran yang ada di laut Maluku. Pola sesar dengan tipe strike slip fault itu merupakan pergerakan pertemuan dua lempeng besar yang ada di laut Maluku dengan laut Halmahera yang saling bergeser dan berpapasan satu dengan lainnya," ujar Dedy ketika dihubungi Beritagar.id, Senin siang WIT.
Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara
Pusat gempa di Maluku Utara, Senin (16/4/2018).
Sementara Kustoro lebih lanjut mengatakan sejauh ini belum ada indikasi bakal muncul gempa susulan (aftershock). "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuh Kustoro dikutip Kompas.com.

Maluku dan sekitarnya adalah wilayah yang cukup sering mengalami gempa akibat keberadaan dua sesar termaksud. Bahkan pada 31 Oktober 2017 sekitar pukul 19.50 WIT., gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang Ambon dan sekitarnya.

Ini merupakan gempa susulan ketiga pada hari yang sama setelah 5,7 SR pukul 19.31 WIT dan 5,6 SR pukul 18.34 WIT. Akibat gempa yang berpusat di 38 kilometer barat daya Ambon, Maluku, itu sejumlah bangunan di kota Ambon pun rusak.

Adapun kerusakan bangunan yang paling umum terjadi adalah atap bangunan yang runtuh dan retakan dinding. Namun tak ada laporan korban jiwa atau luka.
Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara
Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...i-maluku-utara

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara Penyuluh agama di tengah panasnya tahun politik

- Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara Saling silang lulusan sekolah dengan dunia kerja

- Tak ada kerusakan akibat gempa 6,4 SR di Maluku Utara Tiket 40 kereta tambahan Lebaran 2018 mulai dijual