alexa-tracking

Kapal Induk Nuklir Amerika Serikat dengan 20 F-18 Manuver di Laut China Selatan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad4310c1cbfaad2388b4576/kapal-induk-nuklir-amerika-serikat-dengan-20-f-18-manuver-di-laut-china-selatan
Kapal Induk Nuklir Amerika Serikat dengan 20 F-18 Manuver di Laut China Selatan
- Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), USS Theodore Roosevelt, dengan 20 jet tempur F-18 bermanuver di kawasan Laut China Selatan. Aksi militer Washington itu menyusul latihan perang besar-besaran China di perairan serupa.
Ke-20 jet tempur F-18 dalam waktu 20 menit melakukan manuver peluncuran dan pendaratan di atas dek kapal USS Theodore Roosevelt. Aksi ini terjadi hari Selasa.

Militer Amerika mengklaim pelayaran kapal induknya di Laut China Selatan yang disengketakan banyak negara itu merupakan patroli rutin. Uss Theodore Roosevelt berlabuh di Filipina sesuai perjanjian pertahanan sekutu.

Amerika Serikat tidak sendirian dalam melakukan patroli angkatan laut di perairan strategis tersebut. China, Jepang dan beberapa angkatan laut Asia Tenggara juga beroperasi. Kondisi ini telah memicu ketegangan dan meningkatkan risiko kecelakaan di laut.

"Kami telah melihat kapal-kapal China di sekitar kami," kata Laksamana Muda Steve Koehler, komandan kelompok tempur kapal induk USS Theodore Roosevelt, kepada sekelompok kecil wartawan di atas kapal yang berusia tiga dasawarsa itu.

"Mereka adalah salah satu angkatan laut yang beroperasi di Laut China Selatan, tetapi saya akan memberitahu Anda bahwa kami tidak melihat apa pun kecuali kerja profesional dari kapal-kapal yang kami temui," ujar Koehler, seperti dikutip Reuters, Rabu (11/4/2018).

Beberapa angkatan laut di Pasifik barat, termasuk China dan sembilan negara Asia Tenggara, telah bekerja pada code of unexpected encounters (CUES) di laut untuk menghindari konflik.

Kehadiran USS Theodore Roosevelt di Laut China Selatan terjadi beberapa hari setelah China menggelar latihan perang besar-besaran di kawasan tersebut yang berpusat di Hainan.

Kehadiran militer China yang meningkat di perairan internasional ini telah memicu kekhawatiran di pihak Barat. Amerika Serikat telah mengkritik militerisasi China di Laut China Selatan karena bisa menghilangkan kebebasan bernavigasi internasional.

"Transit di Laut China Selatan ini bukan hal baru dalam siklus perencanaan kami atau sebagai reaksi terhadap itu. Mungkin dengan kebetulan bahwa semua itu terjadi pada saat yang sama," kata Koehler.

Sementara itu, militer Filipina yang menyambut kehadiran kapal induk AS menganggap militer Washington sebagai teman pelindung.

"Ini adalah pameran kemampuan pasukan bersenjata AS," kata kepala militer Filipina Rolando Bautista tentang demonstrasi jet-jet tempur F-18 di kapal induk Washington.

"Karena orang Amerika adalah teman kami dalam satu atau lain cara, mereka dapat membantu kami mencegah ancaman apa pun," ujarnya.

(mas)

https://international.sindonews.com/...tan-1523409805
image-url-apps
mengleng kebakaran jenggot emoticon-Big Grin
image-url-apps
biasa aja sih cuman patroli rutin , indonesia juga ngajak ASEAN buat patroli di lcs.

ya tujuannya biar lcs gak dimonopoli satu negara.

kalau kata om Rudi biar tetap bebas gitulah pelayarannya. baik sipil maupun militer.
KASKUS Ads
kenyataannya
sampai detik ini amerika (barat) belum mampu usir China dari LCS
China terus membangun di laut china selatan
amerika (barat) tak bisa apa2 ....tak bisa hentikan China

percuma amerika (barat) sibuk pamer kapal perangnya di asia ini
tetap aja tak berani/tak mampu usir china dari LCS
parahnya kapal perang amerika udah beberapa kali tabrakan wkt mau pamer di asia

amerika (barat) yg kebakaran jenggot di asia ini
sibuk mau provakasi negara2 asia supaya perang dgn china
tapi amerika (barat) failed
karena pengaruh china lebih hebat daripada amerika di asia ini
Memudarnya pengaruh Amerika di Asia, China kini mengambil alih
https://www.kaskus.co.id/thread/5a70...ngambil-alih/1
Lupakan Amerika, Asia Tenggara Kini Lebih Pilih Mendekat ke China
https://www.kaskus.co.id/thread/584e...t-ke-tiongkok/
F-18 super hornet vs Su-30 milik CHINA yg standby di Liaoning lebih unggul yang mana ya?
Quote:

pendekatan china tuh simple gue ada uang lo ada barang... maknya afrika lebih dekat ke china sekarang ini...
kalo sama negara barat kayak buat perjanjian sama jin... musti ada ham lah, aturan ini itu dsb... emoticon-Hammer (S)


image-url-apps

HAM bisa dikesampingkan , klu bargaining position tdk cukup kuat :

-Angela Merkel , sampe dgn thn 2014 ,...tercatat 7X melakukan kunjungan kenegaraan resmi ke China.

-Stephen Harper (mantan PM Kanada) galau setgh mati ketika proposal pipa gas nya dr us - canada / canada - us di reject obama ,...sampe2 yg bersangkutan menyambut langsung dgn seremoni resmi : 2 ekor panda yg mendarat di bandar udara dr China.