alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
The Bloody Mary I Queen Of England
4.2 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad42da9dad770722b8b4574/the-bloody-mary-i-queen-of-england

The Bloody Mary I Queen Of England

The Bloody Mary I Queen Of England

Mary I

Antara tahun 1553 hingga 1558, inggris dikuasai Ratu Mary I anak Henry VIII dan Catherine dari Aragon.
Dia sendiri dijuluki Bloody Mary oleh para orang-orang protestan karena kebrutalannya dalam mengeksekusi para petinggi agama reformis karena dianggap bidat.

Pada tanggal 10 Juli 1553, Lady Jane (Putri Henry yang lainnya) diproklamirkan sebagai ratu oleh Dudley dan para pendukungnya, dan pada hari yang sama surat Mary ke dewan tiba di London. Pada 12 Juli, Mary dan pendukungnya telah mengumpulkan kekuatan militer di Framlingham Castle , Suffolk. Dukungan kepada Dudley runtuh, namun Mary justru semakin banyak. Jane digulingkan pada tanggal 19 Juli, dia dan Dudley dipenjarakan di Menara London kemudian . Mary naik dengan penuh kemenangan ke London pada 3 Agustus 1553, di atas gelombang dukungan rakyat. Dia ditemani oleh saudara tirinya, Elizabeth, dan prosesi dihadiri oleh lebih dari 800 bangsawan dan pria terhormat.

Spoiler for Naik tahtanya Mary I:


Spoiler for Kebijakan agama Mary I:


Spoiler for Reformasi ekonomi:


Spoiler for Penentangan kepada Mary I:


Spoiler for Pembenahan di bidang administrasi:


Spoiler for Kematian Mary I:


Beberapa fakta tentang Mary I.

1. Dia adalah Ratu pertama yang memerintah atas Inggris, bukan karena dia istri raja ataupun janda seorang raja, kenaikan tahtanya murni karena mobilisasi militer yang lebih bisa disebut kudeta dan karena hasil dukungan rakyat dan para bangsawan.

2. Masa kecilnya yang bahagia karena di manja oleh ayahnya lalu berubah menjadi kelam karena tiba-tiba dijauhi oleh ayahnya lantaran Henry VIII tidak lagi mencintai Catherine dari Aragon, hal tersebut berimbas pada kepribadian Mary yang membuatnya menjadi agak kejam.

3. Perintah dia atas peraturan yang bernafaskan Katolik dan juga pernikahannya dengan Phillip dengan cepat meruntuhkan dukungan khalayak ramai Inggris

4. Eksekusinya terhadap para penganut protestan semata-mata bukan hanya karena dia antipati, sejarahwan memperkirakan bahwa sebenarnya dia toleran, hanya saja karena penentangan dari pihak reformis membuat dia melakukan eksekusi terhadap 300 orang yang menentangnya.

5. Pada dasarnya sebagian catatan tentang Mary I bersifat negatif, namun para sejarahwan modern menampik, umumnya setelah ditinjau kembali, dia dipandang sebagai Ratu yang mengesankan, dia lah yang merestrukturisasi ekonomi dan mereorganisasi militer selanjutnya, membangun kembali angkatan laut dan berhasil mengelola parlemennya.

6. Umumnya dia diingat akan sejarahnya yang buruk dalam bidang militer karena kehilangan Calais, namun perang dengan prancis ini tidak sepenuhnya dia kalah total, sebagai contoh, pada Agustus 1557 pasukan Inggris dan Spanyol menangkap Saint-Quentin, sebuah aksi di mana sekitar 3.000 tentara Prancis tewas dan 7.000 ditangkap, termasuk komandan mereka Anne de Montmorency.

7. Hubungan yang unik dengan adik perempuannya, Elizabeth I, ratu Inggris selanjutnya, hubungan mereka berdua agak unik karena disatu sisi mereka saling mendukung dan mengasihi, diawal suksesi, Elizabeth adalah salah satu yang mendukung secara penuh, bahkan berada disampingnya saat suksesi dilakukan, namun selanjutnya justru menjadi saling curiga, meski bagaimanapun juga, Mary tidak mengeksekusi ataupun menangkapnya, dia hanya memperketat dan mengurangi gerakannya dengan tahanan rumah. Hingga di ranjang kematiannya, Mary I akhirnya meletakan suksesi atas Elizabeth I, kelak dia lah yang melanjutkan dengan sukses semua usaha Mary membangun kembali kerajaan Inggris menjadi salah satu kekuatan terkuat di Eropa.

The Bloody Mary I Queen Of England

Mary I and Elizabeth I


Sumber
Sumber
Sumber
Sumber
Diubah oleh liamonters
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
baca sejarah
Henry VIII semua keturunannya gak ada yang bisa bikin anak emoticon-Entahlah
lihat perlakuan kubu protestan pada Mary waktu dia masih remaja,wajar aja kalau dia kejam setelah jadi ratu emoticon-Berduka (S):
Quote:

Mau gimana lagi?
Henry VIII anaknya sebagian mati dalam kandungan.
Puteri pertamanya pernikahannya lebih bersifat politis.
Puteri keduanya ogah nikah.
Puteranya mati di usia muda (15 tahun).
Quote:


Namanya politik, apalagi dimasa yg lg tegang2nya. Diluar sana malah udah pada perang gara2 skisma ini.

Quote:


Apalagi umur pernikahanny yg sangat singkat dan seringnya phillip bolak balik entah itu buat perang atau urusin negaranya sendiri.
Elizabeth sendiri ada beberapa sejarahwan yg berpandang (lesby) tapi ada juga yg menduga trauma thdp laki2.
Wong bapaknya yang eksekusi emaknya sndiri emoticon-Turut Berduka
Quote:

Philip kan raja Spanyol, jadi ya mesti rajin di negara sendiri.
Dan saat kawin pun Mary udah lumayan tua, 37-38 tahun.
Dan Elizabeth mungkin ogah menjalani pernikahan politis. Plus ada pengalaman pelecehan dari Thomas Seymour, suami baru ibu tirinya, Catherine Parr.
Diubah oleh shinhikarugenji
Quote:


ada yang bilang Elizabeth sebenarnya laki-laki,itu memungkinkan gak? mengingat dia juga diasuh diluar istana
Quote:

Itu teori konspirasi yang terlalu heboh, lebih cocok untuk jadi kisah novel atau film emoticon-Ngakak (S)
Lagipula jika Elizabeth itu laki-laki, ibunya mungkin gak akan dieksekusi.
Karena Henry VIII amat mengharap putera yang akan jadi pewarisnya.
Quote:


kayaknya pernah ada artikelnya di Kompas kalo Elizabeth yang asli udah mati lalu dicari pengantinya bocah laki-laki tapi didandani seperti perempuan emoticon-Najis:
Quote:

Teori konspirasi yang menarik.
Masalahnya Mary sendiri cukup dengan dengan Elizabeth, sampai gak mengeksekusi dia meski menjadi ancaman bagi tahtanya. Dan saat mau mati, dia menyerahkan tahta ke Elizabeth.
Aneh kalo Mary gagal mengenali Elizabeth asli, dan juga aneh kalo Mary mau nyerahin tahta ke laki-laki asing.
Quote:


baca-baca salah satu yang menguatkan teori ini adalah bukunya Bram Stocker. Dikatakan disitu bisa aja Mary gak mengenali kalo Elizabeth itu laki-laki karena memang sebelumnya mereka jarang bertemu dan Elizabeth itu pribadi yang tertutup. Tapi gue pribadi mah setuju kalo keluarga Tudor itu kurang subur emoticon-Big Grin
Quote:


emm
sebuah cerita fiksi yang menarik, lagipula kalau benar elizabeth seorang lelaki, mungkin dia lebih cocok menjadi seorang mata2 dibanding jadi ratu, karena mengelabui manusia diseluruh inggris selama 44 tahun itu bukanlah hal yang mudah, dan pastilah dia seorang peniru suara wanita yang hebat, karena mungkin kalau kepeleset dikit tenggorokannya pasti akan menghasilkan suara khas banci taman lawang.
Diubah oleh liamonters
Gelae tiker dulu, calon ht neh emoticon-Metal
Quote:


emoticon-Ngakak

Quote:


barangkali karena kurang beruntung emoticon-Entahlah

dinasti selanjutnya, Stuart, ratu terakhirnya malah punya anak 17 orang .. semuanya mati sebelum dewasa emoticon-Cape d...
Diubah oleh peyotpetot
Quote:


emoticon-Gila
sebut namanya 3 kali.
Gw malah salfok dgn nama2 orangnya. Berarti dr dulu smpe sekarang nama2 orang inggris tetap relatif sama ya. Ga kaya' nama2 orang di negeri kita. Ganti masa ganti tren nama bayi. Dulu jaman majapahit ada lembu, gadjah, dll trus bergulir terus jaman islamisasi... jaman belanda mulai kenal nama linda, rita..2000an awal sampe sekarang yg tren rafi, khanza dll.

Wkwkwk nasib negara ketiga, soal nama aja ga pede pake identitas akar budayanya.
Quote:


ini game pemanggil hantu itu yaa.. wkk
Diubah oleh devikhan96
gemboked
Balik....
Diubah oleh beyoungcarerock
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di