alexa-tracking

Bamsoet Minta Kemristekdikti Tak Buru-Buru Impor Dosen Asing

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad3d732de2cf204428b4569/bamsoet-minta-kemristekdikti-tak-buru-buru-impor-dosen-asing
Bamsoet Minta Kemristekdikti Tak Buru-Buru Impor Dosen Asing
Bamsoet Minta Kemristekdikti Tak Buru-Buru Impor Dosen Asing
Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet merespons pro dan kontra Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mendatangkan sekitar 200 dosen dari luar negeri. Rencana itu bakal makin lancar dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Menurut Bamsoet, Kemristekdikti sebaiknya tak buru-buru mengeksekusi rencana itu. Legislator Golkar itu meminta kementerian yang dipimpin Mohamad Nasir tersebut melakukan pemetaan tentang kebutuhan setiap perguruan tinggi terlebih dahulu.
Mengingat dengan banyaknya dosen asing masuk ke Indonesia dapat berdampak pada ketahanan nasional,” ujar Bamsoet -panggilan akrab Bambang- di Jakarta, Sabtu 14 April 2018.

Dia mendorong Kemristekdikti untuk membenahi terlebih dahulu permasalahan-permasalahan terkait dosen. Misalnya, persoalan fasilitas, sistem penggajian, model ketenagakerjaan dosen, serta ketimpangan sumber daya manusia (SDM) perguruan tinggi di perkotaan dan daerah-daerah di Indonesia.

Bamsoet juga menyarankan ke Kemristekdikti untuk mengadakan rapat bersama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI). Tujuannya adalah mengkaji kembali wacana kebijakan tersebut dan memikirkan landasannya.

“Agar wacana kebijakan tersebut tidak menimbulkan permasalahan baru bagi pendidikan dan riset di Indonesia,” ulasnya.
Tingkatkan Kemampuan
Bamsoet Minta Kemristekdikti Tak Buru-Buru Impor Dosen Asing

Menristek Dikti, Muhammad Nasir menyampaikan paparan dalam diskusi Forum Medan Merdeka Barat (FMB) di Jakarta, Senin (23/10). Beberapa kementerian memberikan presentasi pencapaian kerja 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Bamsoet Minta Kemristekdikti Tak Buru-Buru Impor Dosen Asing
Dosen pembimbing adalah orang tua keduamu di kampus. Kamu akan sering berinteraksi dengannya saat pembuatan skripsi (Sumber foto: irishtimes.com)
Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kemenristekdikti mencari upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas dosen di tanah air agar fokus sebagai ilmuwan dalam kampus.

“Berikan dukungan dan pelatihan dosen secara berkala, sehingga perguruan tinggi di Indonesia dapat fokus dalam pengembangan riset di internal kampus serta menghasilkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman,” cetusnya.

Sebelumnya Menristekdikti M Nasir mengungkapkan, pemerintah berencana mendatangkan 200 dosen dari mancanegara demi mendongkrak reputasi pendidikan nasional di bidang riset dan teknologi. Fokus kebijakan itu adalah mendatangkan dosen untuk sains dan teknologi.





Sumber = https://m.liputan6.com/news/read/3457717/bamsoet-minta-kemristekdikti-tak-buru-buru-impor-dosen-asing
Daripada dosen asing, mulangin orang Indonesia yg jadi dosen di luar dulu gimana? Yg sekarang pada kerja di Singapur, Malaysia, Ostrali, Amerika, Saudi. Tawarin gaji dan fasilitas yg sama yg ditawarin ke dosen asing. Kalo mereka gak mau, terus ada dosen asing yg mau, mesti dicermati kualitas ato agenda dosen asing yg mau itu.
lebih efisien mengimpor professor asing daripada mengirim semua calon doktor ke luar negeri emoticon-Cape deeehh
impooooor mulu... emoticon-No Hope
Wew.
$ilahkan dikaji lagi.
Hanya rasa malu yg membuat seseorang kontra dgn ide ini.
Klo emg kurang ya impor saja. Drpd ntar lulusan S1 kek gerung disuruh jd dosen. Parah....
makin ancur aja dah ide2nya
mau didatangkan dosen asing jg gak bakal berkembang klo mentrinya diisi org partai emoticon-Busa
Percuma, emoticon-Ngakak
Kita import dosen asing, dosen kita yang bagus-bagus mereka ambil juga. Jadinya kita dapat yang setengah-setengah doang dah keilmuannya. Permasalahannya, orang kita juga lebih suka kalau diajar sama orang yang beda kulitnya sih, bukan dari segi keilmuannya
Quote:


lebih suka diajar sama orang negro?